√ Pengertian Gelombang Laut, Teori, Manfaat dan Klasifikasinya

Pengertian Gelombang Laut, Teori, Manfaat dan Klasifikasinya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Gelombang Laut. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian gelombang laut, teori, manfaat, pengebab dan klarifikasinya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Pengertian Gelombang Laut, Teori, Manfaat dan Klasifikasinya

Pengertian Gelombang laut adalah suatu gerakan naik turunnya air laut yang tanpa disertai dengan perpindahan massa airnya. Ada beberapa penyebab terjadinya gelombang laut, namun yang paling umum yaitu akibat adanya tiupan angin.

Gelombang laut memiliki dimensi berupa periode gelombang (T), panjang gelombang, Tinggi gelombang, serta Cepat rambat gelombang. Gelombang laut tersebut adalah fenomena penaikan dan penurunan air dengan secara periodik yang dapat ditemukan di hampir seluruh tempat di dunia.

Gelombang laut tersebut terjadi dengan berdasarkan prinsip fisika. Hal tersebut terjadi apabila terdapat dua massa benda berbeda kerapatannya (densitas) bergesekan satu sama lain, maka terdapat bidang geraknya akan terbentuk gelombang.

Teori Pergerakan Gelombang Laut

Pada saat dilakukan pengamatan spesifik terhadap gerakan gelombang laut tersebut. Ternyata didapatkan bahwa air gelombang tersebut tidak bergerak maju melainkan bergerak melingkar. Sehingga air tersebut hanya bergerak naik turun pada saat gelombang melintas.

Gelombang tersebut dapat bergerak untuk jarak yang jauh. Namun mediumnya (cair, padat atau gas) hanya dapat bergerak terbatas. Dalam usaha menjelaskan mengenai  gerakan gelombang laut, terdapat banyak teori yang diperkenalkan. Namun  hanya ada 2 teori yang dianggap paling tepat serta yang saling melengkapi, diantaranya yaitu sebagai berikut :

Teori oleh Phillips

Turbulensi dalam angin mengakibatkan fluktuasi acak permukaan laut. Sehingga menghasilkan gelombang-gelombang kecil dengan panjang gelombang beberapa sentimeter (cm). Gelombang-gelombang kecil itu, kemudian tumbuh semakin besar dengan melalui proses resonansi dengan fluktuasi tekanan turbulensi.

Teori oleh Miles

Teori ini dikenal dengan teori ketidakstabilan yang disebut juga dengan teori mekanisme arus balik (feed-back mechanisme). Teori ini menyatakan bahwa : Pada saat ukuran gelombang-gelombang kecil yang sedang tumbuh mulai mengganggu aliran udara yang berada di atasnya. Angin yang bertiup tersebut akan memberikan tekanan yang semakin kuat seiring dengan meningkatnya ukuran gelombang, yang menyebabkan gelombang semakin besar.

Proses pemindahan energi tersebut berlangsung dengan secara tidak stabil. Semakin besar ukuran gelombangnya, ketidakstabilan tersebut menyebabkan gelombang tumbuh dengan secara eksponensial.

Manfaat Gelombang Laut

Berikut ini adalah manfaat dari gelombang laut ini, diantaranya yaitu:

  • Menjaga kestabilan suhu dan juga iklim dunia
  • Melalui permukaan ombak itu terjadi pertukaran gas
  • Meningkatkan kemampuan adaptasi serta juga keanekaragaman makhluk hidup
  • Membantu terbektuk serta terjaganya pantai

Pengertian Gelombang Laut Teori Manfaat dan Klasifikasinya

Penyebab dan Proses Terjadinya Gelombang Laut

Di bawah ini adalah penyebab dan proses terjadinya gelombang laut, diantaranya yaitu :

Angin

Angin adalah suatu aliran udara dalam jumlah yang besar diakibatkan oleh rotasi bumi dan disebabkan adanya perbedaan tekanan udara. Angin itu bergerak dari tempat yang memiliki tekanan udara tinggi ke tempat yang memiliki tekanan udara rendah.

Pergerakan angin tersebut akan membuat terjadinya pergerakan pada air laut. Tinggi rendahnya gelombang tersebut yang diakibatkan oleh angin tergantung kecepatan. Serta kekuatan angin yang mengenai permukaan laut tersebut.

Gempa Bumi

Gempa bumi adalah sebuah getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat dari pelepasan energi dari dalam bumi dengan secara tiba-tiba. Biasanya gempa bumi tersebut terjadi disebabkan oleh pergerakan kerak bumi.

Coba bayangkan atau praktikan apabila anda memiliki mangkuk atau ember yang berisi air. Apabila mangkuk atau ember tersebut digoyangkan maka air dalam mangkuk tersebut juga akan bergerak. Hal inilah hubungan atau kaitan antara gelombang air laut dengan gempa bumi. Pergerakan dari dalam bumi tersebut dapat membuat terbentuknya gelombang laut bahkan lebih dari itu.

Aktivitas Gravitasi Bulan dan Matahari

Dengan ativitas matahari serta bulan akan menghasilkan gelombang laut dengan tipe pasang surut air laut.

Kedalaman dasar laut

Gelombang tersebut akan sangat terlihat dan juga terasa pada saaat berada di pantai. Hal tersebut terjadi karena volume dasar laut serta juga permukaan air menyempit. Sehingga massa air yang sudah memiliki gaya gerak akan terdorong ke atas permukaan dan akan menciptakan gelombang.

Klasifikasi Macam Jenis Gelombang Laut

Terdapat beberapa klasifikasi pada jenis gelombag laut, berikut penjelasanya.

Berdasarkan sifatnya

Ada 2 (dua) macam gelombang laut, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Gelombang Laut Pembangun/Pembentuk Pantai (Constructive Wave)

Gelombang ini merupakan suatu gelombang yang ketinggiannya itu kecil dan kecepatannya juga rendah. Pada saat gelombang tersebut pecah di pantai akan mengangkut sedimen (material pantai).

  • Gelombang Laut Perusak Pantai (Destructive wave)

Gelombang ini merupakan gelombang laut dengan ketinggian serta juga kecepatan rambat yang besar. Pada saat gelombang ini menghantam pantai akan terdapat banyak volume air yang terkumpul serta juga mengangkut material pantai ke tengah laut.

Berdasarkan ukuran dan penyebabnya

Gelombang laut berdasarkan ukuran dan penyebabnya, yaitu :

  • Gelombang kapiler (capillary wave)

Gelombang kapiler  adalah suatu gelombang yang biasa kita sebut dengan sebutan riak, gelombang kapiler tersebut mempunyai panjang gelombang sekitar 1,7 meter. Periode kurang dari 0,2 detik dan diakibatkan karena tegangan permukaan serta juga tiupan angin yang tidak terlalu kuat.

  • Gelombang angin (seas/wind wave)

Gelombang ini adalah gelombang dengan panjang gelombang mencapai 130 meter, periode 0,2-0,9 detik, serta juga disebabkan oleh angin kencang.

  • Gelombang Alun (Swell wave)

Gelombang ini merupakan suatu gelombang yang panjang gelombangnya itu dapat mencapai ratusan meter, periodenya itu sekitar 0,9 – 15 detik, dan juga disebabkan oleh angin yang bertiup lama.

  • Gelombang Pasang Surut (Tidal Wave)

Gelombang pasang surut merupakan suatu gelombang yang panjang gelombangnya itu dapat mencapai beberapa kilometer, periodenya ini berada antara 5 – 25 jam. Serta disebabkan oleh fluktuasi gaya gravitasi matahari dan juga bulan.

Demikian penjelasan tentaemng Pengertian Gelombang Laut, Teori, Manfaat dan Klasifikasinya. Sogapa dat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.

Daftar Isi