√ Pengertian Bank Garansi, Tujuan, Jenis dan Contohnya (Lengkap)

Pengertian Bank Garansi, Tujuan, Jenis dan Contohnya (Lengkap)  – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang bangk garansi. Yang meliputi pengertian bank garansi, tujuan bank garansi, jenis-jenis bank garansi dan contoh bank garansi dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Bank Garansi, Tujuan, Jenis dan Contohnya (Lengkap)

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Bank Garansi

Bank garansi merupakan suatu jaminan yang diserahkan bank kepada pihak tertentu baik pada perorangan, perusahaan, badan maupun lembaga lainnya berupa surat jaminan. Tujuan diberikannya jaminan itu adalah bank menjamin akan pembayaran atau penerimaan kewajiban dari pihak yang yang dijaminkan pada pihak yang menerima jaminan, apabila di hari kemudidan yang dijamin tidak memenuhi kewajiban terhadap pihak lain sesuai dengan perjanjian.

Pengertian Bank Garansi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari Bank Garasi menurut ahlinya.

1. Bank Indonesia (BI)

Pengertian Bank Garansi menurut Bank Indonesia adalah jaminan pembayaran yang diberikan kepad apenerima jaminan jika pihak yang dijamin tidak memenuhi kewajibannya.

2. Malayu S.P. Hasibuan (2006)

Pengertian Bank Garansi menurut Malayu S.P. Hasibuan adalah suatu sertifikasi jaminan dari pihak bank pada pemiliki proyek atas nama kontraktor yang mana nilai dari bank garansi ini harus sama persi atau tidak boleh berbeda dengan nilai proyek yang dijamin.

3. Kasmir (2002)

Pengertian Bank Garansi menurut Kasmir adalah jaminan pembayaran bank pada pihak tertentu baik berupa perusahaan, lembaga, bagan ataupun perorangan yang manan pemberian jaminan atau garansi ini dimaksudkan agar bank menjamin sepenuhnya untuk membayar kewajiban dari pihak yang dijamin kepada pihak yang menerima jaminan. Dalam hal ini, jika pihak yang dijamin dikemudian hari ternyata tidak bisa memenuhi kewajiban kepada pihak lainnya atau terdapat cidera janji.

4. Lukman Dendawijaya (2005)

Pengertian Bank Garansi menurut Lukman Dendawijaya adalah suatu pernyataan tertulis dari pihak bank mengenai kesanggupan pihak bank untuk membayar pihak ketiga apabila terjadi kondisi khusus yaitu nasabah bank tersebut tidak bisa melakukan pembayaran sesuai dengan perjanjian atau tidak bisa memenuhi kewajiban lainnya.

5. SK Direksi Bank Indonesia No.23/88/KEP/DIR 18 Maret 1991

Pengertian Bank Garansi menurut SK Direksi Bank Indonesia No.23/88/KEP/DIR 18 Maret 1991 adalah warkat yang diterbitkan oleh bank (penjamin) yang berupa kewajiban membayar terhadap pihak penerima garansi (kreditur) apabila pihak yang dijamin (debitur) cidera janji atau wanprestasi.

Tujuan Bank Garansi

Pada umumnya, tujuan dari bank garansi adalah:

  • Sebagai alat untuk menjadikan mudah atau menjadikan lancar suatu perdagangan barang dan jasa
  • Menghilangkan kekhawatiran karena penerima jaminan bahwa tidak akan mengalami kerugian apabila pihak yang dijamin tidak dapat memenuhi atau lalai terhadap kewajiban.

Selain tujuan umum diatas, bank garansi juga mempunya tujuan antara lain:

  • Untuk bank garansi bertujuan sebagai pemberi fasilitas ataupun memudahkan dalam melancarkan aktivitas transaksi nasabah dalam hal pengerjaau suatu usaha atau proyek, memperoleh keuntungan dari biaya yang harus dibayar oleh nasabah dan juga jaminan lawan yang diberikan.
  • Untuk pemegang jaminan, tujuan bank garansi adalah sebagai pemberi keyakinan bahwa pemegang jaminan tidak akan mengalami rugi apabila pihak yang dijaminkan lalai terhadap kewajibannya, karena pemegang jaminan akan memperoleh ganti rugi dari pihak perbankan yang mengeluarkan bank garansi tersebut.
  • Memberikan rasa aman dan tentram dengan berupaya, baik untuk bank garansi ataupun pihak lain.
  • Menumbuhkan rasa yang bisa dipercaya satu sama lainnya antara pemberi jaminan, yang dijaminkan serta yang menerima jaminan.

Jenis-Jenis Bank Garansi

Jenis-jenis dari bank garansi adalah sebagai berikut:

1. Bank Garansi Untuk Tender (Bid Bond/Tender Bond)

Terdapat dua jenis bank garansi untuk tender, yakni:

  • Bank Garansi untuk tender dalam negeri
    Bank garansi ini merupakan bank garansi yang diberikan kepada bouwherr (pemberi pekerjaan) untuk keperluan leveransir/kontraktor yang ingin ikut pada tender luar negeri tersebut.
  • Bank garansi untuk tender luar negeri
    Bank garansi ini merupakan bank garansi yang diberikan kepada kontraktor yang ingin ikut pada tender pemborong yang mana bouwheer atau pemberi pekerjaan merupakan pihak luar negeri.

2. Bank Garansi Untuk Penerimaan Uang Muka Kerja (Advance Payment Bond)

Bank garansi ini merupkana bank garansi yang diberikan kepada bouwheer (pemberi kerja) kepada kontraktor dalam penerimaan pembayaran dalam bentuk uang muka.

3. Bank Garansi Untuk Pelaksanaan Pekerjaan (Performance Bond)

Bank garansi ini merupakan bank garansi yang diberikan kepada bouwheer (pemberi kerja) dalam kepentingan kontraktur sebagai penjamin pelaksanaan pekerjaan yang diterima.

4. Bank Garansi Untuk Pemeliharaan (Retention Bond)

Bank garansi terhadap maskapai pelayanan (shipping guarantee)

5. Bank Garansi Untuk Pita Cukai Tembakau

Bank garansi ini merupakan bank garansi yang diberikan kepada kontraktor bea cukai dalam keperluan perusahaan roko untuk menangguhkan pembayaran pita cukai tembakau terhadap rokok yang dikeluarkan pabrik untuk pengedar.

6. Bank Garansi Untuk Perdagangan (Agen, Dealer)

Bank garansi ini merupakan bank garansi yang diberikan kepada agen atau dealer perdagangan.

7. Bank Garansi Untuk Penangguhan Bea Masuk

Bank garansi ini merupakan bank garansi yang diberikan kantor bea cukai dalam kebutuhan pemilik barang untuk menangguhkan pembayaran pita bea masuk.

Pengertian Bank Garansi, Tujuan, Jenis, Contoh

8. Bank Garansi Untuk Pembelian Aktiva Tetap

9. Bank Garansi Untuk Departemen Pertambangan dan Energi

10. Bank Garansi Untuk Menjamin Pemberi Kredit

11. Bank Garansi Untuk Pembelian/Pengadaan Bahan Baku

Contoh Bank Garansi

Berikut ini adalah beberapa contoh dari bank garansi:

Contoh Bank Garansi untuk perdagangan
Contoh Bank Garansi untuk perdagangan

Contoh bank garansi untuk jaminan uang muka
Contoh bank garansi untuk jaminan uang muka

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Bank Garansi, Tujuan, Jenis dan Contohnya (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi