√ 14 Pengertian Jaminan Sosial Menurut Para Ahli (Lengkap)

14 Pengertian Jaminan Sosial Menurut Para Ahli (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Jaminan sosial. Dengan pembahasan inti tentang pengertian jaminan sosial menurut para ahli yang diulas lengkap dan ringan.

14 Pengertian Jaminan Sosial Menurut Para Ahli (Lengkap)

Untuk lebih rincinya silakan simak pembahasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Jaminan Sosial Menurut Para Ahli

Didalam perkembangan suatu sistem jaminan sosial untuk mendukung tercapainya kesejahteraan rakya sangat penting memandang sebagai suatu usaha untuk mengembalikan kemampuan masyarakat mencapai kesejahteraannya sendiri.

Untuk itu keterjaminan sosial secara normatif harus mengacu pada kemampuan masyarakat menghadapi krisis apapun penyebabnya. Berikut ini beberapa pengertina jaminan sosial yang dikemukakan oleh sumber dan ahlinya.

1. Cheyne, O’Brien Dan Belgrave (1998:176)

Pengertian jaminan sosial menurut Cheyne, O’Brien dan Belgrave calam konteks ini, maka fungsi dari jaminan sosial bisa dibagi menjadi dua spektrum dengan penjelasan sebagai berikut:

  • As a system of state financial support that is paid to those persons who are not provided for adequately by the market.
  • As a system of state financial support paid to those persons who are unable to secure adequately.

2. Suharto (2001a, 2001b, 2001c, 2002)

Pengertian jaminian sosial menurut Suharto adalah Aksi secara kolektif merujuk pada ide “freternity” yang melihat bahwa usaha kesejahteraan sosial adalah tanggung jawab bersama semua anggota masyarakat. Jaminan sosial adalah bentuk solidaritas sosial kepada anggota masyarakat, terutama kelompo lemah atau rentan “vulnerabole groups”

Nagara yaitu representasi masyarakat yang bertanggung jawab membantu kelompok ini, yang karena hambatan fisiknya “orang cacat” kultiralnya “suku terasing” ataupun strukturnya “penganggur” tidak mampu merespon dengan cepat perubahan sosial disekitarnya, tersisih ke pinggi dalam proses yang tidak adil.

3. Spicker (1995:58-60)

Pengertian jaminian sosial menurut Spicker adalah jaminan sosial bukanlah pengeluaran publik yang tidak bermanfaat, tetapi suatu bentuk investasi sosial yang memberi untuk dalam jangka panjang yang berlandaskan dua pilar utama, yaitu redistribusi pendapatan dan solidaritas sosial.

4. Shannon (1991), Hill (1996), MHLW (1999)

Pengertian jaminian sosial menurut Shannon, Hill dan MHLW adalah jaminan sosial berbentuk tunjangan pendapatan dapat disebut benefits in cash, sedangkan yang berbentuk bantuan barang atau pelayanan sosial sering disebut dengan benefits in kind.

5. Huttman (1981), Gilbert dan Specht (1986), Cheyne, O’Brien dan Belgrave (1998)

Pengertian jaminian sosial menurut Hittman, Gilbert dan Specht, Cheyne, O’Brien dan Belgrave adalah seringkali meliputi juga berbagai skema peningkatan akses terhadap pelayanan sosial dasar, seperti perawatan kesehatan, pendidikan dan perumahan.

6. Studi ILO (1984)

Pengertian jaminian sosial menurut Studi ILO adalah digambarkan menjadi tigak tahap evolusi jaminan sosial, yaitu:

  • Sumbangan/derma dari kaum kaya yang disediakan untuk para fakir miskin, tetapi kondisi dan stigma keras yang diterapkan sering tidak dapat diterima.
  • Skema asuransi sosial dikembangkan berdasarkan suatu kewajiban premi yang diberikan pada peserta berupa pensiun dan pembayaran masa sakit.
  • Konsep pencegahan dengan tujuan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas hidup.

7. The World Bank Researcher Oberserver (1991)

Pengertian jaminian sosial menurut The World Bank Researcher Oberserver adalah jaminan sosial (social security) dapat didefinisikan secara luas sebagai tindakan publik, termasuk yang dilakukan oleh masyarakat, untuk melindungi kaum miskin dan lemah dari perubahan yang merugikan dalam standar hidup, sehingga mereka memiliki standar hidup yang dapat diterima.

8. ILO (International Labour Organization)

Pengertian jaminian sosial menurut ILO adalah jaminan sosial (social security) secara luas adalah social security pada prinsipnya adalah sistem perlindungan yang diberikan oleh masyarakat untuk warganya, melalui berbagai usaha dalam menghadapi resiko-resiko ekonomi atau sosial yang dapat mengakibatkan terhentinya atau sangat berkurangnya penghasilan.

9. Kertonegoro

Pengertian jaminian sosial menurut Kertonegoro adalah konsepsi kesejahteraan yang melindungi resiko baik sosial maupun ekonomi masyarakat dan membantu perekonomian nasional dalam rangka mengoreksi ketidakadilan distribusi penghasilan dengan memberikan bantuan kepada golongan ekonomi rendah.

10. Guy Standing (2000)

Pengertian jaminian sosial menurut Guy Standing, Social security is a system for providing income security to deal with the contingency risks of life-“sickness, maternity, employment injury, unemployment, invalidity, old age and death; the provision of medical care, and the provision of subsidies for families with chlidren

11. Wikipedia

Pengertian jaminian sosial menurut Wikipedia adalah salah satu bentuk perlindungan sosial yang diselenggarakan oleh negara guna menjamin warga negaranya untuk memenuhi kebutuhan hidup dasar yang layak, sebagaimana dalam deklarasi PBB tentang HAM tahun 1948 dan konvensi ILO No.102 tahun 1952.

Utamanya adalah sebuah bidang dari kesejahteraan sosial yang memperhatikan perlindungan sosial, atau perlindungan terhadap kondisi yang diketahui sosial, termasuk kemiskinan, usia lanjut, kecacatan, pengangguran, keluarga dan anak-anak, dan lain-lain.

12. Konvensi ILO 102

Pengertian jaminian sosial menurut Konvensi ILO 102, Social security is the protection which society provides for its members through a series of public measures:

  • To offset the absence or substantial reduction of income from work resulting from various contingencies (notably sickness, maternity, employment injury, unemployment, invalidity, old age and death of the breadwinnger
  • To provide people with healt care; and to provide benefits for families with chlidren

14 Pengertian Jaminan Sosial Menurut Para Ahli

13. Kennet Thomson (Sekjen International Social Security Association (ISSA)

Pengertian jaminian sosial menurut Kennet Thomson adalah sebagai perlindungan yang diberikan oleh masyarakat bagi anggota-anggotanya untuk risiko-risiko atau peristiwa-peristiwa tertentu dengan tujuan sejauh mungkin untuk menghindari terjadinya peristiwa-peristiwa tersebut yang dapat mengakibatkan hilangnya atau turunnya sebagian besar penghasilan dan untuk memberikan pelayanan medis dan/atau jaminan keuangan terhadap konsekuensi ekonomi dari peritiwa tersebut, serta jaminan untuk tunjangan keluarga dan anak.

14. Undang-Undang No.6 Tahun 1974 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Kesejahteraan Sosial pasal 2 ayat 4

Pengertian jaminian sosial menurut Undang-Undang No.6 Tahun 1974 tentang Ketentuan Pokok Kesejahteraan Sosial adalah sebagai perwujudan dari sekuritas sosial adalah seluruh sistem perlindungan dan pemeliharaan kesejahteraan sosial bagi warga negara yang diselenggarakan oleh pemerintah dan atau masyarakat guna memelihara taraf kesejahteraan sosial

Demikianlah telah dijelaskan tentang 14 Pengertian Jaminan Sosial Menurut Para Ahli (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.

Daftar Isi