Pengertian Pengawasan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Pengawasan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai pengawasan. Tentu sudah kita ketahui bahwa di dalam kehidupan kita sudah sering kita lakukan pengawasan atau juga di awasi oleh orang lain.

Pengertian Pengawasan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Maksud dari pengawasan ataupun di awasi ialah di dalam bekerja tentu saja kita di awasi oleh atasan kita di perusahaan. Begitu pula jika kita menjadi atasan tentu akan memberikan pengawasan kepada anak buah kita dalam bekerja. Pengawasan juga dilakukan di saat ujian nasional untuk mengawasi para peserta ujian agar tidak menyontek dalam mengerjakan soal ujian. Untuk lebih jelasnya mari kita lanjutkan pembahasan di bawah ini.

Pengertian Pengawasan

Pengawasan merupakan sebuah proses di dalam menetapkan ukuran dari kinerja dan juga pengambilan tindakan yang dapat mendukung dalam pencapaian hasil yang diharapkan agar sesuai dengan kinerja yang sudah ditetapkan. Atau juga dapat diartikan ialah sebuah proses agar dapat memastikan bahwa segala aktivitas yang terlaksana sesuai seperti apa yang sudah direncanakan. Tetapi selain pengertian yang sudah dijelaskan ada beberapa pengertian menurut para ahli, untuk dapat mengetahui pengertian berdasarkan para ahli mari kita lanjutkan pembahasan berikut ini.

Pengertian Pengawasan Menurut Para Ahli

Di setiap teori tentu saja ada andil seseorang yang sudah ahli di bidangnya masing-masing, begitu juga dengan pengertian dari pengawasan ada andil para ahli yang memberikan ide dan juga gagasan yang mereka miliki. Untuk itu mari kita lanjutkan pembahasan artikel ini.

1. Sarwoto

Pengawasan ialah kegiatan dari manajer yang mengusahakan supaya pekerjaan-pekerjaan dapat terlaksana sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan ataupun hasil yang sudah dikehendaki. Didalam definisi itu sarwoto menyatakan secara eksplisit subyek yang juga melaksanakan pengawasan ataupun mempunyai fungsi pengawasan yaitu manajer, sebagai sebuah standar ataupun sebagai tolak ukur dari sebuah rencana yang telah ditetapkan dan juga hasil yang telah dikehendaki.

2. Soekarno K.

Pengawasan ialah suatu proses yang menentukan mengenai apa yang harus dikerjakan, supaya apa yang harus dikerjakan, supaya apa yang diselenggarakan dapat sejalan sesuai dengan rencana. Disini Soekarno K lebih menekankan bahwa pengawasan ialah sebagai proses yang menentukan mengenai apa yang harus dikerjakan.

3. S.P. Siagian

Pengawasan merupakan sebuah proses pengamatan pelaksanaan dari seluruh kegiatan organisasi untuk dapat menjamin sepaya seluruh pekerjaan yang sedang dilakukan. Sehingga dapat sesuai dengan rencana yang sudah ditentukan sebelumnya. Di dalam definisi yang diberikan S.P. Siagian memiliki ciri yang penting yaitu bahwa sebuah definisi pengawasan bisa diterapkan hanya bagi pengawasan pada pekerjaan-pekerjaan yang tengah berjalan, tidak bisa diterapkan pekerjaan-pekerjaan yang telah selesai dilaksanakan.

4. M. Manullang

Pengawasan ialah suatu proses untuk dapat menetapkan pekerjaan apa yang telah dilaksanakan, menilainya, dan juga mengoreksinya. Dan bila perlu dengan sebuah maksud agar pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan rencana yang semula.

Pengertian Pengawasan Menurut Para Ahli Lengkap

5. Henry Fayol

Pengawasan ialah terdiri dari pengujian apakah seluruh sesuatu telah berlangsung sesuai dengan rencana. Yang mana sudah ditentukan dengan instruksi yang sudah digariskan. Hal itu bertujuan agar dapat menunjukan atau juga menentukan kelemahan-kelemahan dan juga kesalahan-kesalahan dengan sebuah maksud. Supaya dapat memperbaiki dan juga mencegah terulangnya kembali sebuah kesalahan-kesalahan tersebut.

Sekian penjelasan yang bisa diberikan mengenai Pengertian Pengawasan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), sebuah pengawasan sudah tentu penting untuk dilakukan agar dapat menilai sebuah pekerjaan yang diberikan dapat selesai sesuai rencana yang telah ditetapkan, semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi