Ciri Hewan Vertebrata (Bertulang Belakang) Pembahasan Lengkap

Ciri Hewan Vertebrata (Bertulang Belakang) Pembahasan Lengkap – Hewan bertulang belakang atau yang sering disebut dengan Vertebrata memiliki klasifikasi serta ciri yang berbeda, tetapi memiliki ciri umum. Hewan-hewan yang bertulang belakang termasuk pada golongan Filum Vertebrata.

Ciri Hewan Vertebrata (Bertulang Belakang) Pembahasan Lengkap

Dibandingkan dengan Avertebrata hewan yang memiliki golongan Vertebrata mempunyai struktur tubuh serta organ tubuh yang lebih kompleks. Vertebrata tidak hanya memiliki tulang belakang tetapi Vertebrata juga mempunyai rangka yang terdiri dari tulang-tulang.

Klasifikasi Filum Vartebrata

Filum Vartebrata memilik klasifikasi didalam lima kelas diantaranya:

1. Ikan atau pisces

Ikan atau pisces dapat bergerak dengan menggunakan sirip. Tak hanya itu Ikan mempunyai penutup tubuh yaitu sisik serta diselaputi dengan lendir.

2. Amfibi atau Amphibia

Amfibi atau Amphibia dapat bergerak dengan menggunakan empat kaki dan juga mempunyai kulit yang basah sebagai pembantu dari alat pernapasan.

3. Reptilia atau Reptilia

Reptilia bergerak secara melata dan ada juga yang menggunakan empat kaki, reptil juga memiliki kulit yang keras yang terdiri dari zat tanduk dan juga sebagian dari reptilia memiliki sisik.

4. Burung atau Aves

Burung dapaT bergerak dengan menggunakan sepasang sayap dan juga kaki, burung juga memiliki kulit yang tertutup oleh bulu

5. Mamalia atau Mammalia

Mamalia atau Mammalia dapat bergerak dengan empat kaki dan juga ada yang bergerak menggunakan dua kaki dan juga dua tangan serta ada juga yang memiliki sepasang tungkai yang menyerupai seperti sirip dan juga mamalia ditumbuhi oleh rambut.

Cara Berkembang Biak Ciri Hewan Vertebrata

Seluruh hewan Vertebrata berkembang biak secara seksual. Dimana hewan jantan memiliki testis yang dapat menghasilkan sperma. Sedangkan hewan betina memiliki ovarium yang berfungsi sebagai penghasil dari sel telur. Bersatunya antar sperma dengan sel telur yang disebut dengan pembuahan atau fertilasi yag kemudian menghasilkan satu zigot.

Dan kemudian zigot berkembang untuk menjadi embrio dan kemudian menjadi individu yang baru. Proses dari pembuahan Vertebrata dapat dibedakan menjadi dua macam seperti pembuahan di luar tubuh atau Fertilisasi Eksternal serta pembuahan di dalam tubuh atau Fertilisasi Internal.

Pada ikan dan juga amfibi terjadi pembuahan di luar tubuh, sperma dan juga sel telur yang dikeluarkan didalam air dan juga pembuahan yang berlangsung didalam air. Sedangkan pada reptilia, burung dan juga mamalia pembuahan terjadi didalam tubuh. Pada beberapa reptilia seperti ular dan juga kadal, ada yang mengeluarkan telurnya, sehingga menjadikan embrio berkembang didalam telur yang ada pada tubuh.

Ketika sudah menetas ular yang seolah-olah melahirkan anaknya hal yang seperti itu disebut juga dengan perkembangbiakan dengan mengunakan cara bertelur juga beranak atau dalam bahasa latin disebut Ovovivipar. Sedangkan hewan yang mengeluarkan telurnya seperti burung, dan juga ikan dalam bahasa latinnya disebut dengan Ovipar.

Sedangkan pada mamalia kuning telur sedikit melakukan perkembangan embrio yang berlangsung didalam rahim atau dalam bahasa latinnya disebut dengan Uterus. Setelah sudah cukup usia kemudian anak dilahirkan, hewan yang melahirkan anak dalam bahasa latin sering disebut dengan Vivipar.

Ikan mempunyai peredaran darah , jantung yang terdiri dari dua ruang antara lain satu serambi dan juga satu bilik. Sedangkan amfibi mempunyai tiga ruang antara lain dua serambi dan juga satu bilik. Reptilia mempunyai empat ruang antara lain dua serambi dan juga dua bilik sedangkan pada jantung burung dan juga mamalia memiliki empat ruang yang terpisah yaitu dua serambi dan juga dua bilik.

Ciri Hewan Vertebrata (Bertulang Belakang) Lengkap

Ciri Hewan Vertebrata

Vertebrata adalah sekelompok hewan yang mempunyai ciri yang merangkul semua klasifikasi dari hewan vertebrata untuk lebih jelasanya apa saja ciri dari hewan vertebrata atau bertulang belakang kita simak dibawah ini.

  1. Sebagian atau seluruh notorkoda digantikan dengan ruas-ruas tulang belakang atau Kolumna Vertebrata.
  2. Mempunyai tengkorak atau kranium yang diisi oleh otak.
  3. Memiliki endoskleton atau kerangka dalam yang tersusun atas tulang keras serta tulang rawan.
  4. Mempunyai tubuh kecil hingga besar dan memiliki bentuk tubuh yang simetri bilateral.
  5. Memiliki anggota badan yang berfungsi sebagai alat gerak seperti sirip, ekor, kaki, dan juga tangan yang tersusun dari otot dan juga tulang.
  6. Mempunyai dua pasang rahang kecuali pada Agnatha atau Cyclostomata.
  7. Sistem perdaran darah yang tertutup, yaitu darah yang mengalir didalam pembuluh darah, jantung yang terdiri dari ruangan-ruangan yang berupa bilik atau Ventrikel dan juga serambi atau Atrium. Darah yang mengandung pigmen hemoglobin yang terdapat pada sel-sel darah merah atau Eritrosit.
  8. Memiliki sistem pencernaan yang lengkap, yang terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus dan juga anus.
  9. Alat pernapasan berupa insang atau juga paru-paru, pada vertebrata tingkat tinggi celah pada insang terdapat pada fase embrio.
  10. Memiliki sepasang ginjal untuk alat ekskresi.
  11. Mempunyai alat indra yang berupa spasang mata dan juga sepasang telinga.
  12. Alat kelamin yang terpisah atau hermafrodit, fertilisasi eksternal dan juga fertilisasi internal yang bersifat ovipar atau bertelur, ovovivipar embrio yang berkembang didalam telur, tapi telur menetas didalam tubuh induk betina atau disebut juga vivipar atau melahirkan anak.

Penutup

Sekian penjelasan tentang Ciri Hewan Vertebrata (Bertulang Belakang) Pembahasan Lengkap yang sudah dijelaskan oleh Seputar Pengetahuan. Hewan vertebrata adalah hewan yang bertulang belakang yang mempunyai struktur tubuh yang lebih kompleks, semoga bermanfaat 🙂

Baca juga:

Daftar Isi