√ Organ Pernapasan Manusia dan Mekanisme Pernapasannya (Lengkap)

Organ Pernapasan Manusia dan Mekanisme Pernapasannya (Lengkap) – Disini kita akan membahas apa saja organ-organ pernapasan pada tubuh manusia lengkap dengan mekanisme pernapasannya. Bagi anda yang masih duduk di bangku sekolah khususnya yang berada di jurusan IPA Biologi, hal ini penting tentunya untuk dibahas.

Organ Pernapasan Manusia dan Mekanisme Pernapasannya (Lengkap)

Mari kita simak ulasan lengkapnya.

Organ Pernapasan Manusia

Organ-organ yang berhubungan dengan pernapasan pada manusia meliputi:

Rongga Hidung (Cavum Nasalis)

Menghirup udara pernapasan melalui rongga hidung merupakan tindakan yang tepat karena didalam rongga hidung terdapat banyak rambut yang berfungsi sebagai penyaring udara.

Batang Tenggorok (Trakea)

Batang tenggorok tidak sama dengan kerongkongan (esofagus). Meskipun dua istilah ini merupakan alat tubuh yang berada di dalam leher, tetapi keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Pada ujung batang tenggorok, terdapat bagian yang disebut anak tekak atau epiglotis.

Alat ini merupakan katub pembatas antara saluran pernapasan atau trakea dengan saluran makanan atau kerongkongan. Batang tenggorok selalu dalam keadaan terbuka sehingga proses pernapasan dapat dilakukan setiap saat.

Baca Juga:  √ Otak Kiri : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Cara Kerjanya

Pangkal Tenggorok

Bagian leher pada laki-laki dewasa akan tampak adanya tonjolan yang disebut dengan jakun. Sebenarnya jakun tidak hanya dimiliki oleh laki-laki, tetapi juga wanita memilikinya. Jakun pada wanita tidak menonjol seperi pada laki-laki. Jakun tersebut tersusun dari kutub pangkal tenggorok, perisai tulang rawan, serta gelang-gelang tulang rawan. Di dalam jakun terdapat pita suara yang selalu bergetar apabila kita bersuara.

Paru-Paru (Pulmo)

Paru-paru merupakan pusat dari proses pernapasanpada manusia. Di dalam paru-paru terjadi peristiwa pertukaran gas antara gas O2 dari luar dengan gas CO2 dan gas H2O (uap air) yang berasal dari dalam darah sebagai sisa proses oksidasi biologis.

Paru-paru terletak didalam rongga dada dan terdiri atas dua bagian, yaitu paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Paru-paru kanan memiliki tiga gelambir atau tiga lobus, sedangkan paru-paru kiri hanya memiliki dua gelambir. Fungsi paru dapat dilihat pada pembahasan sebelumnya.

Mekanisme Pernapasan

Mekanisme Pernapasan pada manusia tediri dari:

Pernapasan Dada

Pada pernapasan dada, gerakan pernapasan dilakukan oleh tulang-tulang rusuk. Tulang ini bergerak karena otot yang terdapat diantara tulang rusuk berkontraksi atau mengkerut sehingga tulang-tulang rusuk terangkat keatas dan rongga dada menjadi lebih besar.

Tekanan udara didalam tubuh lebih kecil jika dibanding dengan tekanan diluar tubuh, akhirnya udara dari luar masuk kedalam paru-paru melalui hidung. Jika otot-otot diantara tulang-tulang rusuk mengendur, maka tulang-tulang rusuk kembali pada posisi semula sehingga rongga dada menjadi kecil, tekanan udara besar dan mengakibatkan udara dalam paru-paru terdorong keluar melalui hidung.

Baca Juga:  √ Organ Alat Reprodkusi Wanita Beserta Fungsinya (Lengkap)

Ini Dia!! Organ Pernapasan Manusia Dan Mekanisme Pernapasannya

Pernapasan Perut

Pada pernapasan perut, gerakan pernapasan dilakukan oleh sekat rongga badan, sekat rongga badan ini disebut dengan diafragma. Diafragma pada saat mengendur berkedudukan melengkung ke atas.

Hal ini menyebabkan rongga dada menjadi lebih sempit dan udara dalam paru-paru tertekan keluar melalui hidung. Pada saat mengambil napas disebut waktu inspirasi, sedangkan pada waktu mengeluarkan napas disebut dengan ekspirasi.

Demikianlah penjelasan singkat kita namun jelas tentang Organ Pernapasan Manusia dan Mekanisme Pernapasannya (Lengkap), semoga bermanfaat dan sekian terimakasih 🙂