√ Struktur Batang Pada Tumbuhan Dikotil dan Monokotil Lengkap

Struktur Batang Pada Tumbuhan Dikotil dan Monokotil Lengkap – Batang yang memiliki fungsi utama dalam menyalurkan air dan garam mineral  dari akar menuju daun dan menyalurkan zat makanan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan lainnya.

Selain itu, batang juga berfungsi sebagai tempat melekatnya daun, bunga dan biji agar mudah terkena cahaya matahari. Suatu pohon biasanya memiliki batang utama yang tebal yang disebut juga dengan batang pokok.

Pada dasarnya, struktur batang dan akar itu tidak jauh berbeda. Sama-sama dibedakan atas struktur luar dan struktur dalam. Adapun struktur batang pada tumbuhan yang akan dibahas kali ini, dimulai dari jaringan penyusun batang secara berurutan dari luar ke dalam.

Struktur Batang Pada Tumbuhan Dikotil dan Monokotil Lengkap

Batang merupakan organ tempat lintasan makanan hasil fotosintesis yang diproduksi oleh daun. Hasil dari fotesintesis tersebut, sebagian dibawa ke seluruh tubuh dan sebagian lagi di simpan pada batang sebagai cadangan makanan.

Berikut ini susunan struktur batang pada tumbuhan.

Struktur Luar

Terdiri dari struktur luar batang tumbuhan herba dan struktur luar batang tumbuhan berkayu.

  • Batang tumbuhan herbal

Pada umumnya bercirikan: lunak, berwarna hijau, jaringan kayunya sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali, ukuran batangnya kecil dan umurnya lebih pendek. Pada bagian luar batang terdapat epidermis yang tipis dan didalam epidermis terdapat stomata, sehingga dapat terjadi pertukaran  gas oksigen dengan karbondioksida.

  • Batang tumbuhan berkayu
Baca Juga:  √ Pengertian Biotik, Komponen dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Pada umumnya bercirikan: berbatang keras, tebal. berwarna coklat, dan berumur panjang. Batang yang sudah tua permukaannya lebih kasar dan pada daerah tertentu terdapat lentisel yang merupakan tonjolan-tonjolan pada batang yang terbuka. Sedangkan batang yang masih muda seperti pada batang herba. Keduanya memiliki klorofil sehingga dapat melakukan proses fotosintesis. Tetapi, kemampuan untuk melakukan fotosintesis ini akan hilang jika sudah terbentuk lapisan gabus.

Struktur Dalam

Seperti yang telah dikatakan diatas, bahwa pada umumnya struktur dalam pada batang sama dengan struktur dalam pada akar. Struktur dalam tersebut yaitu: epidermis, korteks, endodermis dan silinder pusat.

  • Epidermis

Merupakan lapisan paling luar yang fungsinya sebagai jaringan pelindung terhadap jaringan dibawahnya. Sel-sel epidermis tersusun rapat dan tidak memiliki ruang antarsel. Dinding selnya agak tebal dan pada bagian luarnya dilapisi oleh kutikula.

  • Korteks

Dikenal juga sebagai lapisan kulit pertama yang terletak setelah epidermis. Korteks tersusun atas beberapa sel dan memiliki banyak ruang antarsel. Jaringan korteks ini berperan dalam penyimpanan zat makanan dan sebagai penyangga atau penyokong untuk menguatkan tubuh tumbuhan..

  • Endodermis

Disebut juga sebagai kulit dalam, yang merupakan jaringan tipis dan terletak di antara korteks dan silinder pusat. Sel-sel endodermis pada batang biasanya banyak mengandung butir-butir zat tepung. Lapisan endodermis pada batang ini hampir tidak begitu jelas karena hampir menyatu dengan korteks.

  • Stele atau silinder pusat
Baca Juga:  √ Pengertian Gerak Taksis dan Macamnya Pada Tumbuhan (Lengkap)

Merupakan lapisan paling dalam dari batang. Lapisan luar dari stele dikenal dengan lingkaran tepi. Didalam stele ini terdapat pembuluh tapis (floem) dan pembuluh kayu (xilem). Floem berfungsi untuk mengangkut air dan hasil asimilasi dari daun ke bagian bawah batang dan ke kuncup. Sedangkan xilem berfungsi untuk mengangkut air dan zat hara yang larut di dalamnya menuju ke bagian atas batang. Inti batang tumbuhan tersusun atas empulur yang berfungsi untuk menyimpan makanan.

Struktur Batang Pada Tumbuhan Dikotil Dan Monokotil

Pada batang tumbuhan dikotil, diantara floem dan xilem terdapat jaringan kambium. Adapun perbedaan antara batang tumbuhan dikotil dan batang tumbuhan monokotil ialah sebagai berikut:

Dari letak berkas pengangkut, pada tumbuhan dikotil teratur sedangkan pada tumbuhan monokotil tersebar. Pada tumbuhan dikotil kambium ada sedangkan pada tumbuhan monokotil kambium tidak ada. Untuk pertumbuhan, pada batang tumbuhan dikotil memanjang dan membesar sedangkan pada batang tumbuhan monokotil memanjang dan membesarnya terbatas.

Itulah pembahasan singkat, padat dan lengkap mengenai Struktur Batang Pada Tumbuhan Dikotil dan Monokotil Lengkap, semoga dapat bermanfaat. Sekian terimakasih.