√ Jenis Manusia Purba yang ada di Indonesia (Terlengkap)

Jenis Manusia Purba yang ada di Indonesia (Terlengkap) – Manusia pra-sejarah atau manusia purba ialah manusia yang hidupnya belum mengenal tulisan atau manusia yang hidup pada masa praaksara. Banyak sekali fosil-fosil yang ditemukan di Indonesia.

Jenis Manusia Purba yang ada di Indonesia (Terlengkap)

Pada pembahasan kali ini kita akan mengingat kembali materi sejarah yang pernah diberikan oleh guru mengenai jenis-jenis manusia purba yang ada di negara kita Indonesia.

Jenis Manusia Purba di Indonesia

Berdasarkan penelitian yang sudah ada sejak abad ke-18 M yang dirintis oleh Eugene Dubois, seorang dokter dari Belanda yang mengawali penelitiannya di Sumatera Barat yang tidak menemukan hasilnya dan dilanjutkan ke pulau Jawa.

Disana ditemukan fosil tepatnya di daerah Ngawi Jawa Timur pada tahun 1891. Fosil ini diberi nama pithecanthropus erectus yang berarti manusia kera yang berjalan dengan tegak. Untuk lebih jelasnya mari kita simak beberapa jenis manusia purba yang ditemukan di Indonesia berikut ini:

Meganthropus

Kata ini berasal dari dua kata yakni “megas dan anthropus“. Megas bermakna besasr atau raksasa, sedangkan anthropus bermakna manusia.  Fosil jenis meganthropus ini yaitu Meganthropus Palaeojavanicus yang berarti manusia raksasa tertua dari pulau Jawa, yang ditemukan oleh  Van Koenigswald pada tahun 1936 & 1941 di Sangiran, Kabupaten Sragen, Jateng.

Manusia purba ini diperkirakan hidupnya antara 2.500.000 sampai 1.250.000 tahun lalu. Manusia jenis ini diperkirakan memiliki badan tegap,  ada tonjolan pada keningnya, tonjolan dibelakang kepala, memiliki tulang pipi yang tebal, rahang & gerahamnya besar dan kuat, serta tidak berdagu sehingga menyerupai kera.

Baca Juga:  Komunis Adalah : Pengertian, Sejarah, Ciri, Tokoh dan Dampak Komunisme

Pithecanthropus

Fosil ini paling banyak ditemukan di Indonesia. Manusia jenis ini tidak setegap Meganthropus. Jenis-jenis Pithecanthropus diantaranya yaitu Pithecanthropus Mojokertensis, Pithecanthropus Soloensis dan Pithecanthropus Erectus.

Pithecanthropus Mojokertensis ditemukan di daerah Jetis dekat Mojokerto Jatim oleh Von Koenigswald. Pithecanthropus Soloensis ditemukan oleh Von Koenigswald, Ter Haar, dan Oppenoorth di Ngandong, lembah Bengawan Solo.

Pithecanthropus Erectus merupakan manusia kera yang berjalan tegak. Jenis fosil ini ditemukan oleh Eugene Dubois tahun 1891 di Jatim. Pithecanthropus  mempunyai badan tegak, memiliki tinggi sekitar 165-180 cm, mereka masih menyerupai kera, memiliki tulang tengkorak yang tebal dan lonjong, memiliki hidung yang sangat lebar, tonjolan pada keningnya sangat tebal, hidupnya berburu untuk mengumpulkan makanan, tinggal di padang yang terbuka dan hidupnya berkelompok.

Jenis Manusia Purba Di Indonesia

Homo

Manusia jenis ini lebih sempurna dibandingkan kedua jenis manusia purba diatas. Manusia jenis homo yang memiliki tinggi antara 130-210 cm ini hidup diantara 25.000-40.000 tahun yang lalu.

Jenis-jenisnya antara lain : Homo Soloensis (manusia purba dari Solo), Homo Wajakensis (manusia purba dari Wajak) dan Homo Sapiens (manusia cerdas),  lebih sempurna jika dilihat dari cara berpikirnya walaupun masih sangat sederhana.

Homo Sapiens diperkirakan hidupnya 40.000 tahun lalu. Manusia-manusia jenis ini sudah mampu membuat alat-alat baik dari batu maupun tulang untuk berburu. Merakapun telah mampu memasak makanan walaupun dengan cara yang amat sangat sederhana.

Jenis manusia purba ini memiliki volume otak yang lebih besar dibandingkan para pendahulunya, memiliki gigi, rahang dan otot kunyah yang lebih kecil dan memiliki ras mongoloid dan austramelanosoid.

Nah itulah penjelasan singkat dari pembahasan kali ini berkenaan tentang Jenis Manusia Purba yang ada di Indonesia (Terlengkap), semoga bermanfaat bagi semua pembaca. Sekian terimakasih.