27 Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

27 Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Setiap manusia telah dibekali oleh Allah sejak lahir akal yang sempurna untuk menyerap dan menerima ilmu. Ilmu banyak dikembangkan kedalam berbagai bidang. Mulai dari ilmu agama, ilmu pengetahuan alam, sosial, masyarakat, dan masih banyak lainnya. Tak ada batasan dalam mencari ilmu, karena ilmu itu bagaikan lautan luas yang tidak hanya dengan seteguk saja cukup, tapi sampai maut memisahkan jiwa dan raga, ilmu tidak akan pernah habis untuk dipelajari oleh umat manusia.

27 Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Ada beberapa definisi ilmu dari berbagai sisi, berikut uraiannya.

Secara Bahasa

secara bahasa kata Ilmu sendiri bermula dari kata arab yaitu ‘alima yang mempunyai makna yaiyu mengetahui/perbuatan yang tujuannya untuk mengetahui segala sesuatu yang sebenarnya. Dan kata ilmu juga bisa  berasal dari bahasa latin yaitu science  yang memiliki arti pengetahuan, mengetahui maupun memahami.

Secara Istilah

Kata ilmu ialah segala bentuk pengetahuan tentang sesuatu yang datang dari Allah SWT, yang diturunkan kepada nabi dan rasul serta alam yang diciptakannya termasuk manusia dan seluruh ciptaanya yang ada di muka bumi. Atau pengetahuan yang sistematis dan bersifat ilmiah.

Secara umum

Secara umum Ilmu artinya kepandaian serta pengetahuan yang berkenaan dengan bidang yang tersusun secara sistematis menurut kaidah serta metode yang dapat dipakai dalam menerangkan serta menjelaskan dan juga memahami hal yang ada kaitannya dengan bidang ilmu tersebut.

Jadi, ilmu yaitu segala proses kegiatan pada suatu keadaan dalam memakai alat, prosedur, cara, metode, sehingga dapat menghasilkan sebuah pengetahuan baru untuk manusia itu sendiri. Orang yang berilmu artinya orang yang mempunyai pengetahuan, dasar, pemahaman,  serta mempunyai batasan tergantung terhadap keterbatasannya untuk  mencari ilmu yang didapatkannya. Pada pembahasan ini, Seputar Pengetahuan akan membahas secara lebih spesifik lagi tentang pengertian ilmu itu sendiri.

Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli

Terdapat pula beberapa pengertian “ilmu” yang mana berdasarkan dari beberapa para ahli dan pakar dibidangnya, diantaranya yaitu:

1. KBBI

Dikutip dari KBBI bahwa Ilmu mempunyai pengetahuan mengenai suatu bidang yang tersusun secara sistematis menurut metode ilmiah yang bisa dipakai untuk menjelaskan serta menerangkan kondisi tertentu pada bidang pengetahuan.

2. Afanasyef

Beliau merupakan seorang pemikir Marxist yang berasal dari Rusia yang mana disini beliau menjelaskan mengenai ilmu, dimana ilmu yaitu pengetahuan manusia mengenai alam, pikiran serta masyarakat. Beliau mencerminkan alam serta berbagai konsep, kategori serta hukum-hukum, sebagai mana ketetapan serta kebenarannya ini diuji oleh pengalaman praktis.

3. Mohammad Hatta

Menurut pendapapat dari Mohammad Hatta bahwa Ilmu yaitu sebuah pengetahuan yang teratur tentang pekerjaan hukum secara kausal pada suatu golongan masalah yang sama tabiatnya, atau menurut kedudukannya yang terlihat dari luar, ataupun dari dalam.

4. Izuddin Taufiq

Menurut peendapat dari Izuddin taufiq bahwa Ilmu yaitu penelusuran informasi maupun data yang melalui sebuah pengamatan, pengkajian serta eksperimen, yang mana memiliki guna menetapkan hakikat, landasan dasar ataupun asal usulnya.

5. Karl Pearson

Menurut pendapat dari Karl Pearson bahwa Ilmu yakni keterangan yang stabil dan juga komprehensif mengenai suatu fakta melalui pengalaman dengan istilah yang sederhana.

6. Ashely Montagu

Ia menjelaskan bahwa Ilmu yaitu suatu pengetahuan pada satu sistem yang asalnya dari studi, pengamatan juga percobaan dalam menentukan dasar prinsip mengenai suatu hal yang sedang dikaji.

7. John G. Kemeny

Ia mengemukakan pendapatnya bahwa Ilmu yaitu segala pengetahuan yang dikumpulkan dengan memakai metode ilmiah yang hal ini merupakan hasil dari suatu proses yang dibuat dengan memakai metode tersebut.

8. Thomas Kuhn

Disini Thumas Kuhn berpendapat bahwa Ilmu yaitu sebuah himpunan kegiatan yang bisa menghasilkan banyak penemuan, baik itu dalam bentuk penolakan atau dalam pengembangannya.

9. Poespoprodjo

Beliau menyatakan pendapatnya bahwa Ilmu yaitu suatu sebuah proses dalam perbaikan diri secara berkesinambungan yang terdiri atas perkembangan teori dan juga uji empiris.

10. Francis Bacon

Francis Bacon menjelaskan bahwa Ilmu yaitu satu-satunya pengetahuan yang sifatnya valid serta hanya faktalah yang bisa menjadi objek dalam pengetahuannya.

11. The Liang Gie

Disini ia menjelaskan bahwa Ilmu yaitu serangkaian aktivitas manusia yang bersifat rasional serta kognitif dengan metode yang berupa suatu prosedur serta langkah-langkah sehingga hal ini dapat menghasilkan kumpulan pengetahuan secara sistematis untuk mencapai kebenaran serta memperoleh pemahaman dan juga penjelasan yang benar.

12. Dr. Maurice Bucaille

Beliau berpendapat bahwa Ilmu yaitu sebuah kunci yang dapay mengungkapkan segala hal apapun, baik itu dalam jangka panjang maupun singkat.

13. Harsojo

Beliau berpendapat bahwa Ilmu yaitu sekumpulan akumulasi dari pengetahuan yang disistematiskan.

14. Ralp Ross dan Ernest Van Den Haag

Mereka berpendpat bahwa Ilmu yaitu sesuatu yang empiris, dan rasional (bisa diterima oleh akal), umum dan juga sistematik, daserta dari keempat aspek tersebut terjadi secara serentak

15. Prof. Dr Syed Naquib Alattas

Beliau mengemukakan pendapatnya bahwa Ilmu yaitu ketibaan makna dalam diri seseorang yang mana hal ini bisa menyebabkan perubahan yang berdasarkan dari ilmu yang dicapai atau diperoleh.

16. Nazir

Menurutpendapat dari Nazin yang mana disini ia menjelaskan bahwa, Ilmu yaitu pengetahuan yang sifatnya umum dan sistematis, pengetahuan dari mana bias disimpulkan dalil-dalil tertentu menurut kaidah-kaidah umum.

17. Shapere

Pada dasarkan konsep ilmu mencakup atas tiga hal yakni terdapat rasionalitasm yabf bisa digeneralisasi dan bisa disistematisasi.

18. Schulz

Ia menjelaskan bahwa Pengertian dari ilmu sendir mencakup logika, yang terdapat interpretasi subjektif serta konsistensi dengan realitas sosial.

19. Wikipedia

Dikutip dari wikipedia yang menjelaskan bahwa Ilmu, sains, atau ilmu pengetahuan yaitu seluruh usaha sadar dalam menyelidiki, menemukan, serta meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia.

20. Minto Rahayu

Menurut pendapat dari Minto Rahayu bahwa, Ilmu yaitu pengetahuan yang sudah disusun secara sistematis serta berlaku untuk umum.

21. Popper

Menurut pendapat dari Popper yang menjelaskan baha, Ilmu yaitu tetap dalam keseluruhan serta hanya mungkin direorganisasi.

22. DR. H.M. Gade

Menurut pendapat beliau yang menjelaskan bahwa Ilmu yaitu falsafah yang merupakan hasil dari pemikiran mengenai batas-batas kemungkinan pengetahuan manusia.

23. NS. Asmadi

Beliau berpendpat bahawa Ilmu yaitu sekumpulan pengetahuan yang padat serta proses mengetahuainya ini melalui sebuah penyeledikan yang sistematis dan juga terkendali (metode ilmiah)

24. J. Haberer 1972

Disini beliau menjelaskan bahwa Ilmu yaitu sebuah hasil dari aktivitas manusia yang mana hal ini merupakan kumpulan dari teori, metode dan praktek sehingga menjadi pranata dalam masyarakat.

15 Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli Terlengkap

25. D. Bernal 1977

Ia mengemukakan bahwa Ilmu yaitu salahs atu pranata atau metode yang mana hal ini membentuk suatu keyakinan tentang  alam semesta dan manusia.

26. E. Cantote 1977

Ia menyatakan pendapatnya bahwa Ilmu yaitu hasil dari aktivitas manusia yang mana aktivitas tersebut mempunyai makna dan metode.1977 -1992.

27. Menurut Dr. H. Ali As’ad

DIsini beliau menyatakan pendapatnya bahwa Ilmu yaitu suatu sifat yang ma apabila dimiliki oleh seseorang maka menjadi jelaslah apa yang terlintas dalam pengertiannya.

Demikianlah pembahasan kita mengenai 27 Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), sekiranya dapat membantu dan bermanfaat bagi pembaca. Sekian terimakasih.

Daftar Isi