√ 15 Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

15 Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Secara umum modernisasi adalah suatu perubahan masyarakat dalam seluruh aspeknya dari masyarakat tradisional menuju masyarakat modern. Namun ada beberapa ahli yang mendefinisikan modernisasi dengan versinya masing-masing.

15 Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Mari kita bahas pengertian modernisasi dengan seksama.

Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli

Dibawah ini adalah definisi dari modernisasai menurut ahlinya.

1. Koentjaraningrat

Modernisasi adalah usaha untuk hidup sesuai dengan zaman dan konstelasi duni sekarang.

2. Soerjono Soekanto

Modernisasi adalah suatu bentuk dari perubahan sosial. Biasanya merupakan perubahan sosial yang terarah (directed change) dan didasarkan suatu perencanaan (social palnning).

3. Wijoyo Nitisastro

Modernisasi adalah suatu proses transformasi total dari kehidupan bersama yang bersifat tradisional (pramodern) dalam arti teknologi suatu organisasi sosial ke arah pola-pola ekonomi dan politis.

4. Abdul Syam

Modernisasi adalah suatu proses transformasi dari suatu perubahan ke arah yang lebih maju atau meningkat dalam berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat.

5. Astrid S. Susanto

Modernisasi adalah suatu proses pembangunan yang memberikan kesempatan ke arah perubahan demi kemajuan.

6. Wibert E. Moore

Modernisasi adalah suatu transformasi total kehidupan bersama dalam bidang teknologi dan organisasi sosial dari yang tradisional ke arah pola-pola ekonomis dan politis yang didahului oleh negara-negara Barat yang telah stabil.

Baca Juga:  √ Macam-macam Tindakan Ekonomi Beserta Contohnya (Lengkap)

7. Ougburn dan Nimkoff

Modernisasi adalah suatu usaha untuk mengarahkan masyarakat agar dapat memproyeksikan diri kemasa depan yang nyata dan bukan pada angan-angan semu.

8. Schoorl

Modernisasi adalah penggantian teknik produksi dari cara-cara tradisional ke cara-cara yang tertampung dalam pengertian Revolusi Industri.

9. Alex Thio

Modernisasi adalah suatu bentuk perubahan sosial berupa perubahan masyarakat pertanian menjadi masyarakat industri.

10. Harold Rosenberg

Modernisasi adalah sebuah tradisi baru yang mengacu pada urbanisasi atau sampai sejauh mana dan bagaimana pengikisan sifat-sifat pedesaan suatu masyarakat berlangsung.

11. R. Soekmono

Modern adalah zaman yang coraknya ditentukan oleh pengaruh-pengaruh Eropa Barat

12. Diderot

Modern adalah kehadiran manusia yang menaruh kepentingan diatas makhluk lain

13. Alvin Hadiwono

Modern adalah era puncak kebudayaan inderawi.

14. Ahmad Baso

Modern adalah suatu fenomena yang akhirnya akan membawa pada musnahnya perbedaan dasar antara ruang privat dan ruang publik yakni tenggelamnya keduanya.

15. Giddens

(dalam George Ritzer, 2004:553-557) mendefinisikan modernitas dilihat dari 4 dimensi mendasar yaitu :

  • Kapitalisme, yang ditandai oleh produksi komoditi, pemilikan pribadi atas modal, tenaga kerja tanpa property, dan sistem kelas yang erasal dari ciri-ciri tersebut,
  • Industrialisme (proses-proses produksi di dalam industri) yang melibatkan penggunaan sumberdaya alam dan mesin untuk memproduksi barang. Industralisme tak tidak terbatas pada tempat berkerja saja dan industrialisme mempengaruhi sederetan lingkungan lain seperti transportasi, komunikasi, dan bahkan kehidupan rumah tangga,
  • Kemampuan pengawasan (surveilance capacity), megacu kepada pengawasan atas aktivitas warga negara individual dalam bidang politik misalnya CCTV, trafic camera, satelite,
  • Kekuatan militer atau pengendalian atas alat-alat kekerasan, merupakan politik pemerintah di dalam mengambil alih semua instrumen kekerasan, ini dimaksudkan agar masyarakat sipil tidak boleh menggunakan kekerasan kecuali pemerintah, termasuk industrialisasi peralatan perang.
Baca Juga:  √ Gejala Globalisasi Di Indonesia (Pembahasan Lengkap)

Faktor yang mempengaruhi modernisasi

Faktor-faktor yang mempengaruhi modernisasi diantaranya:

  • Adanya penemuan, perkembangan, serta penguasaan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Perkembangan dibidang politik dan ideologi (demokratisasi).
  • Kemajuan dibidang perekonomian dengan penerapan sistem efisiensi dan produktivitas.
  • Perkembangan dibidang pelaksanaan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  • Memajukan bidang industri dan pertanian.
  • Terciptanya stabilitas nasional agar hidup tentram, aman dan damai.

Agar modernisasi berjalan lancar perlu dukungan kebudayaan masyarakat. Kebudayaan suatu masyarakat dapat menjadi pendorong sekaligus penghambat proses modernisasi. Oleh karena itu, sikap mentaldan nilai budaya suatu masyarakat sangat menentukan diterima atau ditolaknya suatu perubahan atau modernisasi. Sikap mental yang dapat menjadi pendorong proses modernisasi antara lain adalah rajin, tepat waktu dan berani mengambil resiko.

10 Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam modernisasi adalah sbb:

  • Setiap masyarakat selama hidupnya pasti mengalami perubahan. Bagi masyarakat yang bersangkutan atau orang luar yang menelaah, perubahan dapat menarik atau tidak menarik, terbatas atau tidak terbatas, lambat ataupun cepat.
  • Perubahan didalam masyarakat dapat berupa nilai sosial, pola perilaku, organisasi, susunan, lembaga kemasyarakatan, lapisan dalam masyarakat, kekuasaan, wewenang ataupun interaksi sosial.
  • Karena bidang yang mengalami perubahan di masyarakat sangat luas, peneliti dalam membuat uraian tentang perubahan dalam masyarakat harus menentukan secara tegas perubahan mengenai hal yang dimaksud.
  • Banyak ahli sosiologi yang mencurahkan perhatian pada masalah perubahan sosial dan kebudayaan dalam masyarakat. Hal itu menjadikan masalah tersebut lebih penting dalam hubungannya dengan pembangunan ekonomi.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai 15 Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap), semoga dapat menambah pengetahuan anda, terimakasih.