√ Pengertian Stakeholder Serta Hubungannya Dengan Perusahaan

Pengertian Stakeholder Serta Hubungannya Dengan Perusahaan – Suatu Perusahaan tidak dapat berdiri sendiri di dunia ini, pastinya mereka memerlukan rekan atau orang-orang yang mendukung kinerja bisnisnya.

Dalam sautu permasalahan pasti perusahaan memerlukan alternative pilihan yang di dapat unutk mengamil suatu keputusan tentang apa yang akan dipilihnya. Dengan melakukan hal itu maka pimpinan akan memiliki banyak alternative untuk melanjutkan bisnsnya.

Pengertian Stakeholder Serta Hubungannya Dengan Perusahaan

Maka untuk itu di perlukan para stakeholder untuk memberikan bantuan dalam menjalankan tugasnya di dalam suatu perusahaan. Untuk mengerti lebih jelasnya mengenai stakeholder akan di jelaskan sebagai berikut:

Pengertian Stakeholder

Stakeholder merupakan masyarakat atau kelompok, komunitas, atau individu yang memiliki hubungan atau kepentingan dengan suatu organisasi atau perusahaan. Masyarakat, komunitas, individu atau kelompok ini dapat di katakana stakeholder jika meraka dapat memiliki karakteristik seperti memiliki kekuasaan atau suatu kepentingan terhadap organisasi atau perusahaan tertentu.

Stakeholder memiliki kepentingan di dalam sebuah perusahaan yang menyangkut hal funansial atau kepentingan lainny. Jika orang tersebut memiliki pengaruh yang terjadi di perusahaan baik itu berupa dampak baik atau buruk dapat di katakana orang tersebut sebagai stakeholder.

Stakeholder yang ada di dalam perusahaan contohnya karyawan, pegawai, staff dan juga supplier. Ada pula suatu suatu stakeholder tatapi tidak memiliki shareholder seperti universitas. Umumnya universitas tidak memiliki saham di dalamnya tetapi memiliki banyak stakeholder seperti dosen, mahasiswa, satpam dan lain-lain.

Hubungan Stakeholder Dengan Perusahaan

Hubungan yang terjadi antara stakeholder dengan perusahaan akan amngelami perubahan seiring berjalannya waktu. Pakar yang mengamati akan terjadinya pergeseran bentuknyan yang awalnya berupa inactive lalu menjadi reactive dan selanjutnya lagi menjadi proactive dan yang terakhir menjadi interactive.

Inactive (Hubungan tidak aktif)

Hubungan ini membuat perusahaan menyakini bahwasannya mereka dapat mengambil keputusan dengan sepihak saja tanpa ada pertimbangan.

Reactive (Hubungan yang reaktif)

Hubungan ini membuat perusahaan cenderung mempertahankan diri dan akan bergerak ketika di paksa melakukan sesuatu.

Proactive (Hubungan yang proaktif)

Hubungan ini perusahaan mengantisipasi berbagai macam kepentingan stake holder sepeti pada pihak perusahaan yang memiliki departemen untuk menyelidiki iso yang berkaitan dengan stakeholdernya.

Pengertian Stakeholder Serta Hubungannya Dengan Perusahaan

Interactive (Hubungan yang interaktif)

Hubungan ini perusahaan menggunakan suatu pendekatan bahwa dari pihak perusahaan memerlukan suatu hubungan yang saling menghormati, percaya dan juga terbuka agar hubungan ini terus berlangsung.

Demikin penjelasan mengenai Pengertian Stakeholder Serta Hubungannya Dengan Perusahaan yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Dengan adanya stakeholeder perusahaan atau organisasi akan sedikit terbantu dengannya. Semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi