Macam-Macam Najis Dan Cara Mensucikannya

Macam-Macam Najis Dan Cara Mensucikannya – Sebelum kita melakukan segala bentuk ibadah, keadaan badan haruslah suci dari segala najis. Najis merupakan kotoran yang menjadi penyebab terhalangnya suatu ibadah yang dilakukan seseorang, sehingga tidak sah ibadah yang dilakukan jika badan terkena suatu najis.

Macam-Macam Najis Dan Cara Mensucikannya

Tidak hanya badan yang harus dalam keadaan suci, akan tetapi pakaian yang digunakan, mukenah, maupun tempat yang digunakan untuk beribadah haruslah suci dari najis. Najis dibagi kedalam beberapa macam. Pada kesempatan ini, seputarpengetahuan.co.id akan memaparkan sekilas tentang macam-macam najis dan juga cara membersihkan atau mensucikannya.

Macam-Macam Najis

Najis terbagi kedalam tiga macam, yakni:

1. Najis Mukhoffafah

Najis Mukhoffafah merupakan najis ringan. Cara mensucikannya yakni dengan memercikkan air pada bagian yang terkena najis. Seperti contoh pada air kencing bayi laki-laki yang masih minum asi atau belum makan.

2. Najis Mutawasithah

Najis Mutawasithah merupakan najis sedang. Untuk najis ini berasal dari kubul dan dubur, baik manusia maupun hewan kecuali bangkai, tulang, air mani, bangkai, belalang dan ikan. Cara mensucikannya tidak terlalu susah cukup basuh dengan air bersih pada tempat yang terkena najis. Najis ini terbagi menjadi dua yaitu najis ‘ainiyah dan hukmiyah.

3. Najis ‘Ainiyah

Najis ‘Ainiyah ialah najis yang terlihat oleh kasat mata atau berwujud, baik bentuk rupanya maupun dari baunya. Seperti darah, kotoran, dan kencing.
Najis hukmiyah ialah najis yang tidak terlihat oleh kasat mata atau sudah kering, seperti bekas kencing dan minuman keras yang menempel di pakaian sudah mengering dan tidak tampak bekas-bekasnya.

4. Najis Mugholladhah

Najis Mugholladhah merupakan najis berat. cara mensucikannya adalah dengan membasuh, menggunakan air suci 7 kali dan satu diantaranya dengan tanah dicampur dengan air. Contohnya yakni pada bekas jilatan anjing dan babi.

Macam-Macam Najis Dan Cara Mensucikannya

Penjelasan diatas merupakan pembahasan yang diharapkan supaya kita semua mengetahui macam-macam najis agar kita sendiri bisa mengkategorikan najis apakah pada suatu benda dan tahu bagaimana cara mensucikannya.

Demikian pembahasan ringkas tentang Macam-Macam Najis Dan Cara Mensucikannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Sekian terimakasih.

Daftar Isi