26 Pengertian Populasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

26 Pengertian Populasi Menurut Para Ahli Lengkap – Biasanya dalam membuat suatu karya ilmiah atau penelitian, ada orang yang menggunakan sampel, sampling juga populasi. Dalam pembahasan kali ini, Seputar Pengetahuan akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan populasi dan penjelasan yang akan dijelaskan oleh para pakar di bidangnya.

26 Pengertian Populasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian populasi terlebih dahulu menurut ahlinya disini.

Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

Ada beberapa ahli yang sudah mendefinisikan apa itu populasi, simak ulasan berikut ini:

1. Menurut Margono (2004)

Disini margono Populasi ialah seluruh data yang mana menjadi pusat dari perhatian seorang peneliti pada ruang lingkup serta waktu yang sudah ditentukan. Populasi ini ada kaitannya dengan data-data. Apabila setiap manusia ini memberikan suatu data, maka ukuran atau banyaknya dari populasi akan manjadi sama dengan banyaknya manusia.

2. Menurut Suharsimi Arikunto

Menurut pendapat dari Suharsimi Arikunto Populasi disini diartikan sebagai keseluruhan dari subjek maupun objek penelitian. Apabila disini seorang peneliti ingin meneliti mengenai semua elemen yang terdapat pada wilayah penelitiannya, maka penelitiannya tersebut yaitu penelitian populasi.

3. Menurut Sugiyono (2008)

Menurut pendapat dari Sugiyono yaitu wilayah generalisasi yang mana terdiri daru subyek atau objek  yang mempunyai karakter serta kualitas tertentu yang ditetapkan oleh seorang peneliti guna dipelajari yang selanjutnya ditarik sebuah kesimpulan.

4. Menurut Hadari Nawawi (1983)

Menurut pendapat dari Hadari Nawawi populasi yaitu keseluruhan dari objek penelitian yang mana terdiri dari manusia, hewan, benda-benda, tumbuh-tumbuhan, peristiwa, gejala-gejala, maupun nilai tes yang mana sebagai sumber data yang memiliki karaktersitik tertentu pada suatu penelitian yang dilakukan.

5. Menurut Nazir (2005)

Ia berpendapat bahwa populasiyakni sekumpulan individu-individu yang memiliki kualitas serta karakter yang telah ditetapkan oleh peneliti. Ciri maupun kualitas tersebut yang dinamakan sebagai variabel. Disini Ia membagi populasi menjadi dua diantaranya yaitu populasi finit dan infinit.

Baca Juga:  18 Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

6. Menurut Furchan (2004)

Disini Fuchran berpendapat bahwa populasi yaitu objek, seluruh anggota kelompok orang, maupun dari kejadian yang sudah dirumuskan oleh peneliti secara jelas.

7. Menurut Ismiyanto

Ia menjelaskan bahwa populasi merupakan sebagai keseluruhan subjek maupun totalitas dari subjek penelitian baik itu berupa orang, benda, maupun dari suatu hal yang mana di dalamnya bisa didapatkan data informasi dalam penelitian.

8. Menurut Bugin (2000:40)

Disini bugin menjelaskan bahwa Populasi yaitu sebuah keseluruhan (universum) atas objek penelitian yang dapat berupa manusia, hewan, udara, tumbuhan,  gejala ,sikap hidup, nilai, peristiwa, dan lain-lain sehingga objek ini bisa menjadi sumber data penelitian.

9. Menurut Widiyanto (2010:5)

Menurut pendapat dari Widiyanto Populasi yaitu suatu kelompok maupun kumpulan objek yang akan digeneralisasikan atas hasil penelitian.

10. Menurut Hartono ( 2011 : 46)

Menurut pendapat dari hartono Populasi pada karakteristik tertentu terdapat yang jumlahnya terhingga serta terdapat pula yang tidak terhingga. Penelitian ini hanya bisa dilakukan dalam populasi yang terhingga saja.

11. Menurut Netra (1976)

Menurut pendapat dari netra bahwa Populasi ialah keseluruhan individu yang mana memiliki sifat general atau bisanya yang memiliki karakteristik yang lebih cenderung sama.

12. Menurut Sabar (2007)

Menurut pendapat dari Populasi ialah keseluruhan objek penelitian. Jika disini seseorang ingin meneliti semua elemen yang terdapat pada wilayah penelitian, maka disini penelitiannya yaitu penelitian populasi maupun studi populasi atau study sensus.

13. Menurut Nursalam (2003)

Menurut pendapat dari Nursalam Populasi yaitu keseluruhan dari variable yang mana menyangkut atas masalah yang diteliti.

14. Menurut Husaini Usman (2006 : 181)

Menurut pendapat dari Husaini Usman Populasi yakni semua nilai baik itu hasil dari perhitungan atau pengukuran, baik kualitatif ataupun dari kuantitatif dari karakteristik tertentu tentang kelompok objek yang lengkap dan juga jelas.

15. Menurut Riduan & Tita Lestari

Mereka menjelaskan bahwa Populasi ialah keseluruhan atas karakteristik ataumaupun unit hasil dari pengukuran yang menjadi objek penelitian.

16. Menurut Morissan (2012 ; 19)

Menurut pendapat dari Morissan Populasi yakni sebagai daro suatu kumpulan subjek, variabel, konsep, maupun dari fenomena. Kita bisa meneliti setiap anggota populasi agar dapat mengetahui sifat populasi dari yang bersagkutan.

17. Menurut Sudjana (2010 : 6)

Menurut pendapat dari Sudjana Populasi yaitu totalitas dari semua nilai yang mungkin, hasil yang menghitung maupun pengukuran, kuantitatif atau dari kualitatif tentang karakteritik tertentu oleh semua anggota kumpulan yang lengkap serta jelas yang ingin mempelajari mengenai sifat-sifatnya.

18. Menurut Mulyatiningsih (2011:19)

Beliau menyatakan pendapatnya bahwa Populasi yaitu sekumpulan orang, hewan, tumbuhan, maupun benda yang mempunyai karakteristik tertentu yang nantinya akan diteliti. Populasi ini akan menjadi suatau wilayah generalisasi yang berasal dari kesimpulan hasil penelitian.

Baca Juga:  Pengertian Metode Pembelajaran : Ciri, Tujuan, Jenis dan Pembahasannya

19. Menurut Howel ( 2011:7)

Menurut pendapat dari howel yang menjelaskan bahwa Populasi yaitu sebagai dari kumpulan serta peristiwa yang mana disini anda tertarik dengan peristiwa tersebut.

20. Menurut Zuriah ( 2009 : 116)

Menurut pendapat dari zurian yang mana ini disini menjelsakan bahwa Populasi yaitu seluruh data yang menjadi perhatian peneliti pada suatu ruang lingkup serta waktu yang sudah ditentukan.

21. Menurut Wikipedia

Dikutip dari wikipedia yang menjelaskan bahwa Populasi yaitu sekumpulan data yang mana memiliki karakteristik yang sama serta menjadi objek inferensi.

22. Menurut KBBI

Dikutip dari KBBI yang menjelaskan bahwa populasi yaitu kumpulan dari individu sejenis yang berada dalam wilayah tertentu serta  pada waktu yang tertentu pula.

23. Menurut Djarwanto (1994: 420)

Disini ia menjelaskan bahwa Populasi yaitu jumlah daru keseluruhan atas satuan-satuan maupun dari individu-individu yang karakteristiknya akan diteliti. Dan juga satuan-satuan ini diberi nama sebagai unit analisis, serta bisa berupa orang-orang, institusi-institusi, benda-benda, dan lain sebagainya.

24. Menurut Sukardi (2010:53)

Ia berpendapat bahwa populasi ialah semua anggota dari kelompok manusia, binatang, peristiwa, maupun dari benda yang tinggal bersama pada satu tempat serta secara terencana sehingga menjadi target kesimpulan atas hasil akhir suatu penelitian.

25. Menurut Gay (1987:102)

Ia menyatakan pendapatnya bwha Populasi yaitu kelompok tertentu yang berasal dari sesuatu (orang, benda, peristiwa, dan lain sebagainya) yang mana dipilih dari peneliti yang hasil studinya maupun penelitiannya ini bisa digeneralisasikan kepada kelompok tersebut. Suatu populasi sedikitnya memiliki satu karakteristik yang mana membedakannya ini dengan kelompok lainnya.

26. Menurut Sisworo dalam Mardalis (2009:54)

Ia disini mengartikan populasi yang mana sebagai sejumlah kasus dengan memenuhi seperangkat kriteria yang mana sudah ditentukan oleh peneliti.

7 Pengertian Populasi Menurut Para Ahli Lengkap

Menurut pendapat dari Margono, populasi dapat dibedakan menjadi dua diantaranya yaitu:

  • Populasi teoretis (teoritical population)

    Populasi teoretis ialah sejumlah populasi yang mana batasannya ini sudah ditetapkan secara kualitatif. Seperti populasi guru yang mana telah ditetapkan berusia 26 tahun hingga 46 tahun, pendidikannya S1, dan lain sebagainya.

  • Populasi yang tersedia (accessible population)

    Populasi yang tersedia merupakan sejumlah populasi yang mana secara kuantitatif dapat dinyatakan dengan tegas dan tepat. Misalnya seperti, sebanyak 300 guru atau pendidik yang ada di kota Bandar Lampung terdiri atas guru yang memilikimempunyai karakteristik yang mana sesuai dengan populasi teoretis yang sudah ditetapkan.

Demikianlah pembahasan mengenai 26 Pengertian Populasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.