Nama-nama Hari Akhir Dalam Al-Qur’an dan Artinya

Nama-nama Hari Akhir Dalam Al-Qur’an dan Artinya – Mempercayai adanya hari akhir adalah rukun iman yang ke enam. Hari akhir itu pasti adanya dan dirahasiakan kapan datangnya hari akhir. Dalam kesempatan ini, seputarpengetahuan.co.id akan berbagi pengetahuan tentang nama-nama hari akhir yang ada dalam Al-Qur’an. Dan berikut ulasannya.

Nama-nama Hari Akhir Dalam Al-Qur’an dan Artinya

Mari kita bahas lengkap apa saja nama hari akhir dalam Al-Qur’an.

Pengertia Hari Akhir

Hari akhir adalah hari terakhir kehidupan bagi seluruh manusia dan makhluk hidup di dunia yang harus kita percayai akan kebenaran keberadaan yang menjadi jembatan menuju kehidupan di akhirat yang kekal dan kekal. Iman di Hari Penghakiman adalah pilar keimanan kelima. Hari Kebangkitan dimulai dengan ditiupnya terompet oleh malaikat isrofil untuk menghancurkan bumi dan segala isinya.

Hari kiamat tidak bisa diprediksi kapan akan datang karena itu adalah rahasia Allah SWT. Yang tidak diketahui siapa pun. Namun dengan cara ini kita masih bisa mengetahui kapan hari kiamat akan datang dengan melihat tanda-tanda yang diberikan oleh Nabi Muhammad SAW. Orang yang beriman kepada Allah SWT dan beramal akan mendapat pahala surag yang penuh kenikmatan, sedangkan orang yang kafir dan penjahat akan masuk neraka yang sangat menyakitkan di siksa.

Nama-nama Hari Akhir

Berikut ini adalah nama-nama hari akhir yang ada di dalam Al-Qur’an.

Yaumul AkhirAtinya hari akhir. Terdapat dalam QS.Al-Baqoroh: 8 yang artinya: “Dan diantara manusia ada yang berkata, “Kami beriman kepada Allah dan hari akhir,” padahal sesungguhnya mereka itu bukanlah orang-orang yang beriman“.

Yaumul Qiyamah

Artinya hari kiamat. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam QS. Al-Baqoroh ayat 85 yang artinya: “Maka tidak ada balasan (yang pantas) bagi orang-orang yang berbuat demikian diantara kamu selain kenistaan dalam kehidupan dunia, dan pada hari kiamat mereka dikembalikan kepada azab yang paling berat. Dan Allah tidak lengah terhadap apa yang kamu kerjakan“.

Yaumul Hasrah

Artinya hari penyesalan. Allah berfirman dalam QS. Maryam: 39 yang artinya: “Dan berilah mereka peringatan tentang hari penyesalan, (yaitu) ketika segala perkara telah diputus, sedang mereka dalam kelalaian dan mereka tidak beriman“.

Yaumul Ba’ats

Artinya hari berbangkit. Sebagaimana telah disebutkan dalam surat Ar-Rum ayat 56 yang artinya: “…Maka inilah hari berbangkit itu, tetapi (dahulu) kamu tidak meyakini(nya)“.

Yaumul Hisab

Artinya hari perhitungan. Allah berfirman dalam QS. Sad:16 yang artinya: “Dan mereka berkata, “Ya Tuhan kami, segerakanlah azab yang diperuntukkan bagi kami sebelum hari perhitungan“.

Yaumu Diin

Artinya hari pembalasan. Firman Allah dalam surat Al-Fatihah ayat 4 yang artinya: “pemilik hari pembalasan“.

Yaumul Haq

Artinya hari yang pasti terjadi. Firman Allah dalam QS. An-Naba: 39 yang artinya: “Itulah hari yang pasti terjadi. Maka barangsiapa menghendaki, niscaya dia menempuh jalan kembali kepada Tuhannya“.

Yaumul Jam’i

Artinya hari berkumpul. Dalam QS. Asy-Syura’ Allah berfirman yang artinya: “Dan demikianlah Kami wahyukan Al-Qur’an kepadamu dalam bahasa Arab, agar engkau memberi peringatan kepada penduduk ibu kota (Mekkah) dan penduduk (negeri-negeri) disekelilingnya, serta memberi peringatan tentang hari berkumpul (kiamat) yang tidak diragukan adanya“.

Yaumul Khulud

Artinya hari kekekalan. Allah berfirman dalam QS. Qaf: 34 yang artinya: “Masuklah ke (dalam surga) dengan aman dan damai. Itulah hari yang abadi“.

Yaumul Fasli

Artinya hari keputusan. Firman Allah dalam QS.Ad-Dukhan: 40 yang artinya: “Sungguh hari keputusan (hari kiamat) adalah waktu yang dijanjikan bagi mereka semuanya“.

Yaumul Wa’id

Artinya hari terlaksananya ancaman. Dalam QS. Qaf: 20 Allah berfirman yang artinya: “Dan ditiuplah sangkakala. Itulah hari yang diancamkan“.

Yaumul Khuruj

Artinya hari keluar dari kubur. Allah berfirman dalam QS. Qaf: 42 yang artinya: “(Yaitu) pada hari (ketika) mereka mendengar suara dahsyat dengan sebenarnya. Itulah hari keluar (dari kubur)“.

Yaumu Taghabun

Artinya hari ditampakkannya kesalahan-kesalahan. Dalam QS. At-Taghabun: 9. Allah berfirman yang artinya: “(Ingatlah) pada hari (ketika) Allah mengumpulkan kami pada hari berhimpun, itulah hari pengungkapan kesalahan-kesalahan…”.

Yaumu Tanad

Artinya hari panggil memanggil. Allah berfirman dalam QS. Al-Mu’min: 32 yang artinya: “Dan wahai kaumku!Sesungguhnya aku benar-benar khawatir terhadapmu akan (siksaan) hari saling memanggil“.

Yaumul Mau’ud

Artinya hari yang dijanjikan. Allah berfirman dalam QS. Al-Buruj: 2 yang artinya: “Dan demi hari yang dijanjikan“.

Yaumul Fathi

Artinya hari kemenangan. Allah berfirman dalam QS. As-Sajdah: 29 yang artinya: “Katakanlah, “Pada hari kemenagan itu, tidak berguna lagi bagi orang-orang kafir keimanan mereka dan mereka tidak diberi penangguhan“.

Yaumul Kabir

Artinya hari yang besar. Allah berfirman dalam QS. Hud: 3 yang artinya: “… Dan jika kamu berpaling, maka sungguh, aku takut kamu akan ditimpa azab pada hari yang besar (kiamat)“.

Yaumul ‘Asir

Artinya hari yang sulit. Allah berfirman dalam QS. Al-Mudassir: 9 yang artinya: “Maka itulah hari yang serba sulit“.

As-Sa’ah

Artinya hari yang menentukan. Allah berfirman dalam QS. Ghafir: 59 yang artinya: “Sesungguhnya hari kiamat pasti akan datang, tidak ada keraguan tentangnya, akan tetapi kebanyakan manusia tidak beriman”

Ad Darul Akhirah

Artinya negeri akhirat. Allah berfirman dalam QS. Al-Ankabut: 64 yang artinya: “Dan sesungguhnya negeri akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya, sekiranya mereka mengetahui.”

Darul Qarar

Artinya tempat kembali. Allah berfirman dalam QS. Ghafir: 39 yang artinya: “Wahai kaumku, sesungguhnya kehidupan dunia ini adalah kesenangan sementara. Dan sesungguhya akhirat itu adalah negeri tempat kembali.”

Al-Waqi’ah

Artinya Hari Kiamat. Allah berfirman dalam QS. Al-Waqi’ah: 1 yang artinya: “Apabila terjadi hari Kiamat.”

Al Haqqah

Artinya yang pasti. Allah berfirman dalam QS. Al-Haqqah: 3 yang artinya: “Dan tahukah kamu apakah hari kiamat itu?”

Ath Thammatul Kubra

Artinya bencana besar. Allah berfirman dalam QS. An-Nazi’at: 34 yang artinya: “Maka apabila bencana yang sangat besar (hari kiamat) telah datang.”

Ash-Shakhkhah

Artinya teriakan. Allah berfirman dalam QS. Abasa: 33 yang artinya: “Maka apabila datang suara yang memekakkan (telinga).”

Al-Azifah

Artinya suatu yang dekat. Allah berfirman dalam QS. AN-Najm: 57 yang artinya: “Yang dekat (hari Kiamat) telah makin mendekat.”

Al-Qari’ah

Artinya ketukan keras. Allah berfirman dalam QS. Al-Qari’ah: 3 yang artinya: “Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu?”

Nama-Nama Hari Akhir Dalam Al-Qur'an Dan Artinya

Tanda-Tanda Hari Akhir

  1. Matahari terbit dari barat dan terbenam dari timur. Ini terjadi karena perubahan besar dalam tatanan alam semesta.
  2. Keluarnya hewan yang sangat aneh. Binatang buas ini dapat bercakap-cakap dengan semua orang dan menunjukkan kepada manusia bahwa kiamat sudah sangat dekat.
  3. Kedatangan Al-Mahdi. Dia adalah keturunan Nabi Muhammad. Oleh karena itu, karakter dan karakter beliau sangat mirip dengan Rasulullah SAW.
  4. Munculnya Dajal. Dajal adalah orang yang muncul sebagai pertanda bahwa akhir dunia sudah dekat. Dajal buta satu mata dan mengaku sebagai “Tuhan”.
  5. Menghilangnya Al-Qur’an dan Mushaf, hafalan di dalam hati. Bahkan menghilang pula di hati seseorang.
  6. Pengumpulan manusia, seperti keselamatan lahir, sunat, pernikahan, ulang tahun, dll. Namun, perintah-Nya tidak pernah dilakukan sama sekali dan larangan-Nya dijauhi.
  7. Turunnya Nabi Isa. Dia akan turun ke bumi ini di tengah pengaruh Dajal yang merajalela.

Nah itulah beberapa Nama-nama hari akhir dalam Al-Qur’an. Semoga tulisan tentang Nama-nama Hari Akhir Dalam Al-Qur’an dan Artinya dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan terimakasih.