Implikasi adalah : Pengertian, Jenis dan Contohnya

Implikasi adalah : Pengertian, Jenis dan Contohnya – Di dalam mengerjakan suatu laporan pekerjaan tertentu pastinya kita memiliki banyak sekali kata atau istilah yang jarang atau tidak pernah kita dengarkan sebelumnya.

Implikasi adalah : Pengertian, Jenis dan Contohnya

Banyak kosa kata asing yang kita dengarkan seperti contohnya implikasi. Implikasi sendiri tanpa kita sadari ternyata ada di dalam kita mengerjakan suatu pekerjaan laporan penelitian. Untuk mengerti apa itu implikasi akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Implikasi

Implikasi merupakan suatu efek atau akibat yang di dapatkan ketika obyek di berikan suatu perlakuan dengan sengaja atau tidak sengaja dan dampak ini akan dapat di lihat dalam jangka waktu tertentu. Maka dari itu istilah ini akan ada di dalam suatu laporan penilitian khususnya karena akan memberikan hasil yang di inginkan atau yang di harapkan oleh pembacanya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti kata implikasi adalah keterlibatan atau suasana keterlibatan. Sehingga setiap kata imbuhan berasal dari suatu implikasi seperti kata implisit atau implisit yang artinya membawa hubungan keterlibatan atau keterlibatan dengan sesuatu.

Pengertian Implikasi Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan beberapa pengertian implikasi menurut para ahli, yaitu:

  • Islamy

Implikasinya merupakan segala sesuatu yang dihasilkan dari proses perumusan kebijakan. Dengan kata lain implikasi adalah akibat dan akibat yang ditimbulkan oleh pelaksanaan suatu kebijakan atau kegiatan tertentu.

  • Silalahi

Implikasi merupakan hasil dari implementasi suatu program atau kebijakan yang mungkin baik atau tidak baik bagi pihak-pihak yang menjadi sasaran pelaksana program atau kebijakan tersebut.

  • Winarno

Implikasinya dapat berupa pertimbangan kebijakan yang sejalan dengan kebijakan mengenai masalah pihak yang terlibat.

Jenis Implikasi

Implikasi merupakan suatu istilah yang paling cocok di gunakan di dalam melakukan kegiatan penelitian dan jarang sekali di pergunakan di dalam bidang lainnya. Terdapat 3 jenis implikasi yang ada di dalam bidang penelitian yaitu:

Teoritis

Jenis ini merupakan suatu kajian yang mendasar untuk mendukung adanya penetian yang memungkinkan untuk dapat di lakukan. Pada umumnya teoritis dapat di gunakan untuk meyakinkan orang lain.

Manajerial

Jenis ini merupakan kebijakan yang di dalamnya terkait objek yang sedang di lakukan atau di teliti. Kebijakan ini dapat berupa kode etik yang harus dapat di lakukan dan terdapat 2 jenis kebijakan yakni:

  1. Procedural, yaitu analisis, perencanaan kerja, pilihan kebijakan, dan prosedur analisis.
  2. Substantive, yaitu perkiraan rencana dan perumusan suatu tindakan.
Baca Juga:  √ Pengertian Karangan Narasi, Ciri, Jenis dan Contohnya (Lengkap)

Metodologi

Jenis ini merupakan metode atau cara peneliti di dalam menarik kesimpulan dengan benar.

Logika Matematika

Kata implikasi selain sering digunakan dalam jenis-jenis kajian ilmiah maupun dalam suatu kajian, juga lazim digunakan dalam pembelajaran matematika. Ini dikenal sebagai implikasi matematis. Implikasi kata dalam matematika memiliki arti sebagai pernyataan yang berarti majemuk dan sering ditampilkan dalam kata “jika” atau “maka”. Dalam logika matematika cara membaca dan menulis “jika” dan “maka” dapat dijelaskan dengan implikasi sebagai berikut:

“P => q”

Implikasi matematis dapat dibaca sebagai “jika” p “lalu” q. Implikasi p => q dapat diartikan secara harfiah, di mana “p” (anteseden) adalah hipotesis dan dugaan awal atau sementara dan “q” adalah konsekuensinya.

Kepemimpinan

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam sebuah kepemimpinan. Seorang pemimpin harus memiliki sikap yang berkualitas untuk kemajuan organisasi dan perusahaan. Selain harus bertanggung jawab, seorang pemimpin harus memiliki ciri dan sikap sebagai pemimpin yang memiliki tujuan dan visi yang jelas. Seorang pemimpin harus bisa memberikan dorongan semangat bagi anggotanya. Serta memprioritaskan hubungan yang manusiawi dan saling menghormati. Seorang pemimpin yang baik akan memiliki implikasi dan manfaat yang positif bagi perusahaan dan anggotanya.

Etika

Ini terkait dengan kebiasaan yang dilakukan. Tentu etika sudah diajarkan sejak dini, kemudian terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak jenis dan etika dalam masyarakat. Contoh paling sederhana adalah seseorang yang masih muda, harus menghormati orang tuanya, kemudian ada etika jika dia melakukan kesalahan harus meminta maaf terlebih dahulu. Jika selalu diterapkan dengan benar, hal-hal tersebut akan memiliki implikasi yang sangat besar bagi kehidupan seseorang. Diantaranya adalah rasa hormat dan kebanggaan.

Budaya

Menerima dan mempelajari budaya negara lain merupakan sikap yang positif, intinya tidak perlu menutup diri dan selalu terbuka terhadap perubahan dan perbedaan. Tapi jangan biarkan sikap terbuka ini melampaui kebanggaan akan tanah air. Yang harus dilakukan adalah menerima budaya yang positif dan sesuai dengan kepribadian seseorang. Penyerapan budaya yang negatif akan berimplikasi merugikan bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

Globalisasi

Implikasi ini sering diartikan sebagai akibat atau akibat ketika fenomena globalisasi telah terjadi di suatu wilayah atau negara. Implikasi dari globalisasi tidak hanya terbatas pada definisi produk atau barang, tetapi bisa juga berupa bahasa, teknologi, pendidikan, budaya, kebiasaan atau kebiasaan, dan lain sebagainya. Artinya ketika produk dan budaya suatu daerah atau negara dapat dengan mudah dan leluasa masuk dan diterapkan di suatu daerah atau negara lain.

Baca Juga:  √ 15 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli, Tugas, Tujuan, Fungsi, Konsep, Unsur

Implikasi globalisasi dapat memiliki konsekuensi positif dan negatif. Dampak positifnya adalah suatu wilayah atau negara yang menerima globalisasi akan semakin maju dan mutakhir. Sebaliknya jika terlalu berlebihan akan menimbulkan efek negatif seperti penguasaan suatu daerah atau negara atas produk atau budaya dari daerah atau negara lain. Contohnya adalah semakin banyaknya supermarket dan minimarket sehingga akan mendominasi tempat-tempat seperti pasar tradisional di sektor konsumsi, dan pembelian produk dalam negeri dalam negeri.

Pengertian Implikasi Beserta Jenis Dan Contoh Implikasi Lengkap

Contoh Implikasi

Contoh implikasi di dalam bidang penelitian yaitu:

Seorang peneliti ingin membuktikan seperti apa reaksi kelinci ketika bertemu dengan kelinci lain yang sebelumnya telah diisolasi. Berdasarkan hal tersebut maka dapat diterapkan tipe teoritis yaitu implikasinya adalah reaksi kelinci yang ketakutan pada awalnya yang menganggap kelinci lain asing. Teori ini dapat berfungsi utnuk dapat menarik kesimpulan pada akhir penelitian. Agar ini dapat berhasil harus ada suatu keterikatan di antara teori dengan penelitian yang akan di lakukan.

Implikasi manajerial dapat menggunakan kasus yang sama, maka si peneliti harus dapat memperhatikan etik ketika melakukan isolasi terhadap kelinci tersebut. Kelinci harus dapat makan dan minum yang mencukupi serta ruangan yang dapat di atur sesuai dengan tubuh dan dapat di masuki udara. Si peneliti juga harus dapat mencari keterikatan atau akibat yang akan terjadi apabila kebijakan itu di lakukan dan tidak di lakukan terhadap hasil dari penelitiannya.
Implikasi metodologi di dapat dengan cara peneliti melaksanakan penelitiannya dan dapat menyimpulkan hasil dari penetiannya. Ini semua dapat di lakuikan agar kesimpulan yang akan di dapat dari penelitian tersebut bukan hasil biasanya. Si peneliti dapat mencari keterikatan antara hasil penelitian dengan cara menyimpulkannya.

Sekianlah penjelasan mengenai Implikasi adalah : Pengertian, Jenis dan Contohnya. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.