Doa Ulang Tahun Dalam Al Qur’an

Doa Ulang Tahun Dalam Al Qur’an –  Bagaimana Doa Ulang Tahun Dalam Al Qur’an ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.


Doa Ulang Tahun Dalam Al Qur’an


Makna Ulang tahun yaitu bertambahnya umur seseorang, namum secara hakekat berarti berkurang jatah umur kita karena sudah kita lalui,

Oleh sebab itu di dalam ajaran Islam telah mengajarkan, hendaknya saat berulang tahun kita dianjurkan untuk selalu bersyukur atas nikmat hidup dan kesehatan yang telah diberikan sekaligus muhasabah diri dari umur-umur sebelumnya, agar diulang tahun kali ini bisa lebih taat lagi dan lebih baik lagi.

Ulang tahun atau milad adalah momen spesial dimana orang orang merayakan hari kelahiran mereka setiap tahunnya bersama orang orang tersayang. Dalam islam, ulang tahun berarti bertambahnya umur dan semakin dekatnya setiap muslim dengan kematian. Oleh karena itu islam mengajarkan apabila mendapati hari kelahiran hendaklah banyak banyak melakukan muhasabah.

Muhasabah disini artinya adalah instropeksi diri sendiri. Adapun merayakan ulang tahun dalam islam menjadi salah satu yang dimakruhkan, akan tetapi lebih baik memperingatinya dengan acara syukuran bersama orang orang yang tidak beruntung, misalnya dengan anak anak yatim piatu, kalangan fakir dan miskin.

Kita juga dianjurkan untuk banyak berdoa ketika ulang tahun. Secara khusus memang tidak ada ayat atau pun surah dalam alquran yang dibaca saat ulang tahun.

Begitu juga dengan ucapan yang kita berikan kepada teman atau kenalan yang berulang tahun. Cukup memanjatkan doa terbaik untuk yang bersangkutan supaya diberikan umur yang berkah.

Islam sangat melarang perayaan ulang tahun yang bermegah megahan, sehingga melupakan makna dari pengurangan umur tersebut. Pada hakikatnya ketika seseorang ulang tahun, maka dia akan dihitung berkurang umur nya di dunia. Oleh karena itu lebih baik merayakan ulang tahun dengan apa adanya.

Namun banyak dari umat islam sendiri yang tidak memaknai ulang tahun itu dengan benar. Sebagai contoh, orangtua saat ini cenderung merayakan ulang tahun anak anak mereka dengan perayaan yang tidak ada manfaatnya.

Alangkah lebih baik untuk merayakan ulang tahun anak dengan membawanya ke panti asuhan misalnya, bertemu dengan teman teman anak yatim disana, mengajari anak untuk bersedekah dan belajar makna syukur yang sebenarnya.


Ayat Alquran tentang Ulang Tahun

Sebenarnya dalam islam sendiri perayaan ulang tahun tidak memiliki ibadah khusus, baik kegiatan atau pun doa. Di dalam alquran sendiri pun tidak dijelaskan adanya perintah untuk perayaan ulang tahun. Karena memang perayaan ini tidak berasal dari ajaran islam.

Namun dalam Surat Maryam, ayat 33 terdapat makna ulang tahun yang dijadikan sebagai salah satu dalil mengenai bolehnya berdoa terhadap umur yang sudah mencapai tertentu, sobat kosngosan bisa membacanya dibawah ini :

وَالسَّلَامُ عَلَيَّ يَوْمَ وُلِدْتُ وَيَوْمَ أَمُوتُ وَيَوْمَ أُبْعَثُ حَيًّا

“Was-salāmu ‘alayya yauma wulittu wa yauma amụtu wa yauma ub’aṡu ḥayyā”

Artinya :

“Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepada hamba, pada hari aku dilahirkan, pada hari hamba meninggal dan pada hari hamba dibangkitkan hidup kembali”

Selain itu dalam alquran juga Allah berfirman dalam QS Al – Ahqaf ayat 15 :

Baca Juga:  √ Pengertian Pengawasan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

حَتّٰى إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدِيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيّّتِي، إِنِّي تُبْتُ إِلَيكَ وَإنِّي مِنَ المُسْلِمِينَ

.. hattā iżā balaga asyuddahụ wa balaga arba’īna sanatang qāla rabbi auzi’nī an asykura ni’matakallatī an’amta ‘alayya wa ‘alā wālidayya wa an a’mala ṣāliḥan tarḍāhu wa aṣliḥ lī fī żurriyyatī, innī tubtu ilaika wa innī minal-muslimīn

Artinya :

“… sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun maka dia berdoa : ‘Rabb, berilah hamba petunjuk supaya bisa mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepada hamba dan kepada kedua orang tua hamba. Dan supaya hamba berbuat amal sholeh yang Engkau ridhoi. Dan berilah hamba kebaikan yang akan mengalir sampai anak cucu hamba, sungguh hamba bertaubat kepada Engkau dan sungguh hamba termasuk orang yang beriman.”

Allah juga berfirman juga dalam Surah al-‘Ashr ayat 1 – 3 mengenai sumpah Allah terhadap waktu, yang kebanyakan manusia lalai dalam memanfaatkan waktu yang diberikan allah kepada mereka,

وَالْعَصْرِ
إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ
إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

wal-‘aṣr (1)
innal-insāna lafī khusr (2)
illallażīna āmanụ wa ‘amiluṣ-ṣāliḥāti wa tawāṣau bil-ḥaqqi wa tawāṣau biṣ-ṣabr (3)

Artinya :

1. Demi masa
2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian yang nyata,
3. kecuali mereka yang beriman dan mengerjakan amal saleh, serta nasehat menasehati agar mentaati kebenaran, serta nasehat menasehati agar mentaati kesabaran

Ulang tahun juga seharusnya menyadarkan kita terhadap perjalanan waktu, yang sudah ditetapkan oleh Allah, termasuk mengatur berjalannya waktu di alam semesta ini, sebagaimana tertuang dalam Surat Ar-Ra’d Ayat 2

اللَّهُ الَّذِي رَفَعَ السَّمَاوَاتِ بِغَيْرِ عَمَدٍ تَرَوْنَهَا ۖ ثُمَّ اسْتَوَىٰ عَلَى الْعَرْشِ ۖ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ ۖ كُلٌّ يَجْرِي لِأَجَلٍ مُسَمًّى ۚ يُدَبِّرُ الْأَمْرَ يُفَصِّلُ الْآيَاتِ لَعَلَّكُمْ بِلِقَاءِ رَبِّكُمْ تُوقِنُونَ

“Allāhullażī rafa’as-samāwāti bigairi ‘amadin taraunahā ṡummastawā ‘alal-‘arsyi wa sakhkharasy-syamsa wal-qamar, kulluy yajrī li`ajalim musammā, yudabbirul-amra yufaṣṣilul-āyāti la’allakum biliqā`i rabbikum tụqinụn”

Artinya :

“Allah yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arasy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang telah ditetapkan. Allah mengatur urusan (makhluk-Nya), menjelaskan tanda (kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuan (mu) dengan Tuhan-mu.”

Dan terakhir, kita juga diberitahukan oleh Allah bahwa setiap umat pasti memiliki umurnya masing masing yang sudah ditetapkan, seperti yang tertera dalam Surat Al-A’raf Ayat 34

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ أَجَلٌ ۖ فَإِذَا جَاءَ أَجَلُهُمْ لَا يَسْتَأْخِرُونَ سَاعَةً ۖ وَلَا يَسْتَقْدِمُونَ

“Wa likulli ummatin ajal, fa iżā jā`a ajaluhum lā yasta`khirụna sā’ataw wa lā yastaqdimụn”

Artinya :

“Setiap umat memiliki batas waktunya; maka apabila sudah datang waktunya mereka tidak bisa mengundurkannya barang sesaat pun dan tidak dapat (pula) memajukannya.”

Di masyarakat Indonesia merayakan hari kelahiran sudah menjadi suatu yang lumrah, namum perlu diingat merayakan hari kelahiran atau ulang tahun tidak boleh berlebihan sehingga lupa akan makna dari hari kelahiran itu sendiri.

Dan hendaknya dalam merayakan hari kelahiran diperbanyak dengan memanjatkan doa kepada Allah, agar nikmat hidup yang masih diberikan dapat dipergunakan untuk selalu bisa berbuat baik kepada Allah maupun kepada semua mahkluk ciptaan Nya.


Kumpulan Doa Ulang Tahun

Berikut ini kami akan tuliskan beberapa kumpulan doa yang bisa dipanjatkan disaat merayakan hari kelahiran bagi diri sendiri, kerabat, orang tua dan anak kita sendiri.


Doa Mohon Panjang Umur


اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Baca Juga:  Rumus Menghitung Luas Permukaan Tabung Tanpa Tutup

Alloohumma Thowwil ‘Ummuronaa, Wa Shohhih Ajsaadanaa, Wa Nawwir Qulubanaa, Wa Sabbit Iimaananaa Wa ahsin ‘A Maalanaa, WA Wawasi’ Arzaqona, Wa ilal Khoiri Qorribna Wa ‘anisy-syarri Ab’idnaa, Waqdhi hawaa-I Jana Fiddinii Waddunya Wal Akhiroti Innaka ‘Alaa Kulli Syai-ing Qodiir

Artinya ; Ya Allah. Panjangkanlah umur kami, sehatkanlah badan kami, terangilah qolbu kami, tetapkanlah iman kepada kami, baguskanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan, dan jauhkanlah dari kejahatan, kabulkanlah semua kebutuhan dan hajat kami, pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu, aamiin


Doa Mohon Keselamatan dan Kesejahteraan


اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allohuma inna nasaluka salamatan fid daini wa ‘afiyata fil jasadi wa ziyadatan fil ‘ilmi wa baroktan fir rizqi wa taubatan qablal mauti wa rohmatan indalmauti wa maghfirotan ba’dal mauti.

Artinya ; Ya Allah kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan ampunan sesudah mati.


Doa Untuk Ulang Tahun Untuk Anak


رَبِّ هَبْلِيْ مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ

Robbi hablii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka samii’ud du’aa-i.

Artinya : Ya Robbi, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik, sesungguhnya Engkau Maha mendengar doa, (hambamu).

Itulah sebagian kumpulan doa untuk ulang tahun yang biasa dibaca dan dipergunakan, untuk doa dalam keseluruhan anda juga bisa membaca doa sebagai berikut.


Doa Memohon Kemuliaan Untuk Semua Anggota Keluarga


رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Robbana Hablana Min Azwajina Wa Zurriyatina Qurrota A’Yuni Waj-‘Alna Lilmuttaqina imama.

Artinya : Ya Alloh, Anugerahkanlah kepada kami, istri – istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikanlah kami imam bagi orang – orang yang bertaqwa.

Namun diantara doa-doa diatas jika anda sukar untuk membaca dan menghafalnya, anda juga bisa berdoa menggunakan bahasa Latin atau Indonesia yang anda pahami dan sesuai dengan permintaan yang anda inginkan.

Karena untuk hal berdoa diperbolehkan untuk menggunakan bahasa apa saja yang baik, bukankah Allah maha mendengar dan maha mengetahui, semoga segala doa yang kita panjatkan dikabulkan oleh Allah SWT, aamiin

Doa Ulang Tahun Dalam Al Qur'an


Ucapan Ulang Tahun Dalam Islam

Dalam Islam memberikan ucapan kepada sesama saudara muslim sebagian besar dengan mengucapkan Barakallahu fii umrik yang artinya semoga Alloh senantiasa memberikan barokah atas umurmu.

Kata dan ucapan tersebut memiliki makna sebagai doa dan pengharapan semoga Allah selalu memberikan kesehatan, keselamatan dan keberkahan dalam hidup.

Selain dengan bahasa Arab anda juga dapat memberikan ucapan selamat ulang tahun dangan bahasa yang sederhana namum mengandung sebuah doa, berikut kami tuliskan beberapa contoh ucapannya.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Doa Ulang Tahun Dalam Al Qur’an , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya