Perangkat Keras Komputer : Cara Kerja, Jenis, Contoh dan Fungsinya

Perangkat Keras Komputer : Cara Kerja, Jenis, Contoh dan Fungsinya – Di era Komputerisasi saat ini pasti kita sudah tak asing dengan Komputer dan Perangkatnya.Namun, mungkin ada yang belum tahu secara spesifik cara kerja dari perangkat keras atau hardware itu.Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Perangkat keras Komputer dan hal-hal yang melingkupinya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Perangkat Keras Komputer : Cara Kerja, Jenis, Contoh dan Fungsinya


Perangkat keras komputer merupakan bagian dari sistem komputer sebagai perangkat yang dapat diraba, dilihat secara fisik, dan bertindak untuk menjalankan instruksi dari perangkat lunak (software). Perangkat keras komputer juga disebut dengan hardware. Hardware berperan secara menyeluruh terhadap kinerja suatu sistem komputer. Berikut cara kerja, macam-macam perangkat keras komputer, dan fungsinya.


Cara Kerja Perangkat Keras Komputer

Hardware secara fundamental mempunyai bagian non-fisik yang disebut firmware. Firmware berfungsi sebagai penyedia instruksi dasar yang dapat dilakukan sebuah hardware. Firmware disimpan dalam chip memori khusus pada suatu hardware yang dapat berupa ROM atau EEPROM. Firmware berupa sebuah perangkat lunak kecil (software) yang biasanya ditulis dalam bahasa pemrograman rendah untuk menghasilkan instruksi dasar yang dapat digunakan oleh hardware bersangkutan secara cepat. Instruksi dasar ini dapat dibedakan menjadi 3 yaitu,

Instruksi Dasar Input

Instruksi dasar input adalah instruksi yang dapat memberikan informasi kepada perangkat lunak lainnya yaitu sistem operasi dengan perantara driver. Hal ini terjadi saat pengguna berinteraksi dengan hardware bersangkutan. Misalnya mengetik dengan keyboard, menggeser mouse, dan lain-lain.

Instruksi Dasar Proses

Instruksi dasar proses adalah instruksi yang berperan sebagai penengah proses input atau output yang dilakukan suatu hardware (tidak keduanya). Instruksi dasar proses yang dimaksud adalah instruksi yang hanya terjadi dalam suatu hardware atau bukan dalam sistem komputer secara utuh.

Instruksi Dasar Output

Instruksi dasar output adalah instruksi yang dipanggil oleh perangkat lunak lainnya yaitu sistem operasi dengan perantara driver. Hal ini terjadi saat ada perintah untuk menggunakan hardware tersebut dari pengguna. Misalnya memutar video dengan monitor, mencetak dokumen dengan printer, dan lain-lain


Jenis-Jenis Perangkat Keras Komputer

Sistem komputer terdiri dari 5 jenis perangkat keras yaitu perangkat keras input, perangkat keras proses, perangkat keras output, perangkat keras penyimpanan, dan perangkat keras kelistrikan. Kelima perangkat keras ini diatur sedemikian rupa membentuk sistem terintegrasi untuk dapat melakukan input, proses, dan output data.

Perangkat Keras Input

Perangkat keras input adalah jenis hardware yang berfungsi untuk memasukkan data (input) ke dalam memory sistem komputer. Perangkat keras input utama dari sebuah sistem komputer adalah keyboard. Mouse merupakan perangkat keras input pendukung (peripheral) dari sebuah sistem komputer. Berikut beberapa contoh hardware input pada komputer diantaranya :Keyboard,Mouse,Scanner

Perangkat Keras Proses

Perangkat keras proses adalah jenis hardware yang berfungsi untuk melakukan olah data atau eksekusi perintah terhadap data yang dimasukkan. Perangkat keras proses utama dari sebuah sistem komputer adalah prosesor (CPU), VGA, kartu suara (sound card), dan motherboard

Perangkat Keras Output

Perangkat keras output adalah jenis hardware yang berfungsi untuk menampilkan atau menghasilkan keluaran dari data yang diproses. Perangkat keras output utama dari sebuah sistem komputer adalah monitor dan speaker selai itu ada Printer dan Proyektor

Perangkat Keras Penyimpanan

Perangkat keras penyimpanan adalah jenis hardware yang berfungsi untuk menyimpan data pengguna. Terdapat 2 Perangkat keras penyimpanan utama dari sebuah sistem komputer adalah penyimpanan non-volatile internal (HDD/SSD) dan penyimpanan volatile (RAM)

Perangkat Keras Kelistrikan

Untuk bekerja sistem komputer memerlukan asupan daya dan tegangan yang stabil. Sistem komputer menggunakan power supply untuk manajemen listrik ke masing-masing perangkat keras lainnya. Selain itu, pengguna biasanya memasang stavolt untuk menstabilkan listrik yang masuk kedalam sistem komputer sebelum diatur oleh power supply. Lalu juga ada UPS (Uninterruptible Power Supply) adalah perangkat keras yang menyediakan backup listrik, sebagai alternatif saat listrik mati. Hal ini membantu pengguna untuk mematikan komputer sebagai tindakan untuk mencegah kerusakan data saat listrik mati.


Contoh Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya


  • Processor, Central Processing Unit (CPU)

Pengertian: salah satu jenis perangkat keras dari komputer yang dipakai untuk menangani instruksi yang diberikan. CPU juga sering disebut sebagai otak dari sebuah komputer.

Fungsi:

    • menerima instruksi yang diberikan, mengolah instruksi, dan selanjutnya mengeksekusi instruksi tersebut.
    • Sinkronasi kinerja pada hardware dan software
    • Mendukung kebutuhan spesifik user seperti desain dan game

Info:

processor 64-bit bekerja jauh lebih baik daripada dengan 32-bit.
Hingga sekarang telah ada beberapa CPU keluaran intel, diantaranya intel pentium 1, 2, 3, 4, intel celeron. Dan yang terbaru Intel Xeon yang merupakan processor berkecepatan tinggi.

  • Motherboard atau Mainboard atau Baseboard

Pengertian: papan Sirkuit Cetak (Printed Circuit Board – PCB) yang menampung semua komponen penting dalam sistem, contohnya CPU, slot RAM, VGA Port, USB Port dan yang lain.

Fungsi:

    • menyediakan akses untuk setiap komponen dalam melakukan komunikasi satu dengan yang lain
    • meningkatkan fleksibilitas dari komputer
    • menghubungkan beberapa perangkat tambahan.

Info: Kerusakan pada motherboard sama saja dengan mengganti komputer baru, sebab kerusakan dapat merembet ke komponen lain.

  • Monitor

Pengertian: perangkat keras eksternal yang berfungsi untuk menampilkan grafik atau gambar sebagai informasi yang dapat diterima oleh manusia.

Info:

    • monitor terdiri dari sirkuit, catu daya, tombol untuk menyesuaikan pengaturan layar, dan casing untuk
    • menampung semua komponen tersebut.
    • LCD dan LED menjadi monitor yang banyak digunakan pada zaman sekarang. Berikut keunggulan dari
    • penggunaan LCD dan LED:
    • Tidak memakan banyak tempat
    • Hemat daya
    • Mempunyai kualitas gambar yang baik
    • Mendukung layar monitor yang lebih lebar
  • Keyboard

Pengertian: perangkat keras yang dipenuhi dengan berbagai tombol yang mewakili angka, huruf, karakter dan beberapa fungsi khusus.

Fungsi:

sebagai alat untuk menginputkan atau memasukan data yang berupa huruf, angka atau simbol, dan kemudian disampaikan ke CPU (Central Processing Unit) yang selanjutnya diubah menjadi sinyal-sinyal digital yang dipahami oleh Processor.

Pada umumnya, keyboard QWERTY (yang biasa digunakan) mempunyai tombol atau papan ketik sebanyak 101 buah dengan susunan seperti di bawah:

    • Alphanumeric Key: tombol ketik yang berisikan huruf, angka dan tanda baca. Di mana susunan yang dipakai saat ini adalah standar QWERTY.
    • Numeric Keypad: bagian khusus dalam keyboard yang berisikan angka yang dipaki untuk melakukan operasi perhitungan.
    • Function Key: tombol ketik ini dipakai untuk menjalankan perintah khusus yang berkaitan dengan sistem operasi ataupun program dalam komputer.
    • Control Key: tombol yang menyediakan kontrol kepada kursor dan layar, seperti Home, End, Delete, Insert, Page up dan yang lainnya.
  • Mouse

Pengertian: perangkat keras yang digenggam untuk mengarahkan kursor. Biasanya berisikan dua macam tombol atau lebih dan terdapat bola atau laser (pemindai) di bawahnya.

Fungsi:

  • Untuk menggerakan kursos atau pointer
  • untuk melakukan scroll up or down
  • melakukan klik kiri dan klik kanan (membuka atau menutup aplikasi/program)
  • sebagai input device.

Info:

Jika mouse disetting dalam keadaan default, maka mouse akan selalu bergerak mengikuti arah perpindahan mouse.
Penggunaan mouse merupakan pengganti touchpad.

  • Memori Random Access Memory (RAM)

Pegertian: jenis perangkat keras komputer berbentuk chip yang digunakan sebagai tempat penyimpanan sementara. Sesuai namanya, ram ini melakukan penyimpanan secara acak, singkatnya hanya bisa diakses ketika komputer dinyalakan.

Fungsi: menyimpan data dari instruksi oleh processor dengan catatan komputer masih dalam keadaan menyala.

Yang berarti instruksi tersebut akan hilang ketika komputer mati.

  • Harddisk (HDD)

Pengertian: perangkat keras komputer berbentuk piringan yang digunakan sebagai media penyimpanan.

Fungsi: menyimpan data secara permanen. Hal itu berarti data akan tetap ada meski komputer mati (kecuali anda menghapus atau data/file terkena virus).

Info: piringan pada hardisk terbuat dari magnetik oksida

  • Power Supply

Pengertian: sebuah perangkat keras yang mempunyai fungsi untuk mensuplai daya atau tegangan ke dalam komponen komputer.

Fungsi: mengubah tegangan arus AC menjadi DC.

Overvoltage & undervoltage pada power supply (PSU) bisa mengakibatkan komputer menjadi tidak bisa menyala sempurna, dan bisa membuat CPU terbakar.

Info: Adapun beberapa jenis power supply, yaitu Power supply AT dan Power Supply ATX.

  • LAN Card

Pengertian: Biasanya, LAN Card dipasang pada slot PCI yang ada di motherboard dan sering disebut sebagai NIC (Network Interface Card), Ethernet Card atau kartu jaringan.

Fungsi: menghubungkan beberapa komputer dengan emnggunakan suatu jaringan, khusunya dalam area LAN. Sebagai contoh, jaringan komputer yang ada dalam suatu gedung, satu rumah , satu kantor dan lainnya.

Info: Pada umumnya, ada dua jenis NIC, yakni NIC yang besifat fisik dan logis.

  • AGP Card (Accelerated Graphics Port)

Pengertian: perangkat keras yang bertugas untuk memaksimalkan resolusi gambar layar pada komputer.

  •  VGA Card (Virtual Graphic Array) (GPU)

Pengertian: suatu perangkat keras komputer yang dipakai untuk mengolah sekaligus menerjemah output ke dalam monitor.

Fungsi:

  • mengubah sinyal digital menjadi sebuah tampilan grafik.
  • untuk membantu 3D design & design grafis.
  • tampilan layar akan menjadi labih jernih dan tajam.
  • grafik dalam bermain game menjadi lebih baik.
  • Dapat mengkoneksikan laptop atau PC ke layar TV dengan menggunakan HDMI sehingga menghasilkan kalitas gambar yang baik.
  • Cocok bagi user yang senang menonton film dengan detail yang sempurna.

Info: Beberapa perusahaan yang mengasilkan VGA: NVidia, 3DFX, S3, ATi Matrox, SiS, Cirrus Logic, Tseng, Trident dan yang lainnya.

  • FDD (Floppy Disk Drive)

Pengertian: perangkat keras yang berfungsi untuk memutar piringan sekaligus menggerakan head baca tulis yang kemudian diterjemahkan ke dalam disket.

  • Joystick

Pengertian: perangkat keras yang berwujud mirip dengan tuas gigi mobil atau seperti stick konsol.

Fungsi: memasukan perintah untuk bermain game pada komputer.

  • Printer

Pengertian: perangkat keras untuk menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik dalam bentuk kertas, gambar ataupun grafik.

Fungsi: untuk menampilkan cetakan dokumen, menggandakan dokumen, memindai dokumen serta untuk mengirim data (fax).

Info: terdapat beberapa macam printer yaitu printer inkjet, printer laserjet, printer dotmatrik, printer daisy wheel, priter chain, printer drum.

  • Optical Drive

Pengertian: perangkat keras komputer yang digunakan sebagai media penyimpanan.

Info: beberapa jenis dari optical drive, diantranya: CD-ROM (Compact Disk – Read Only Memory), CD-RW (Compact Disk – Rewritable) , DVD ROM (Digital Video Disk – Read Only Memory), DVD Combo, DVD RW.

  • Scanner

Pengertian: alat yang berfungsi sebagai alat pemindai atau menduplikat dokumen maupun objek secara digital dan kemudian disimpan ke dalam komputer.

Fungsi: mengubah data analog (kertas) menjadi data yang berwujud digital.

Info: Pada umumnya, scanner terdiri atas beberapa bentuk, diantranya yaitu: scanner drum dan scanner flatbed.

  • Modem

Pengertian: sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.

Fungsi:

Mengubah sinyal digital menjadi sinyal digital.

Info: Terdapat beberapa jenis modem. Diantaranya: modem wireless, modem USB stick, dan modem yang mempunyai fungsi sebagai access point atau bahkan sebagai router.

  • Flashdisk

Pengertian: perangkat penyimpanan yang mudah untuk dibawa kemana-mana.

Fungsi:

sebagai perangkat masukan untuk input data ke kompute.
menggantikan fungsi disket.

  • Speaker

Pengertian: perangkat yang terhubung ke dalam komputer yang berfungsi sebagai penghasil suara.

Info: Bagian yang terdapat di dalam speaker:

    • Sekat rongga (conus), Fungsi: menghasilkan gelombang tekanan yang dihasilkan oleh gerakan udara dan diolah menjadi suara.
    • Membran, Fungsi: menerima proses induksi yang berasal dari magnet untuk menghasilkan bunyi yang berasal dari getaran.
    • Magnet, Fungsi: menghasilkan medan magnet untuk melakukan proses induksi yang asalnya dari membran.
    • Kumparan, Fungsi: menyalurkan energi gerak yang dihasilkan oleh perubahan yang terjadi dalam medan magnet menuju conus.
    • Casing, Fungsi: melindungi semua komponen vital yang ada di dalam speaker.
  • Trackball

Pengertian: perangkat keras yang berfungsi sebagai alat penunjuk. Trackball berwujud sebuah bola yang mempunyai sensor untuk mendeteksi gerakan.

  • Lightpen

Fungsi: memodifikasi dan mendesain gambar dengan menggunakan screen atau monitor.

  • Barcode Scanner

Pengertian: alat yang berwujud gagangan & berisikan laser pada ujung yang lebar dengan warna merah untuk memindai barcode.

Fungsi: memindai barcode untuk mempermudah kasir dalam menghitung total belanjaan serta mempermudah karyawan untuk mengecek isi gudang.

Info: barcode merupakan garis-garis yang biasanya terdapat dalam kemasan pada sebuah produk.

  • Digitizer

Pengertian: perangkat keras masukan.

Fungsi: merubah perangkat ataupun data analog menjadi data digital.

  • CD ROM/DVD ROM

Pengertian: perangkat penyimpanan.

Fungsi: sebagai perangkat masukan untuk memasukan data ke komputer serta datanya tidak bisa langsung digunakan tanpa menggunakan software tertentu.

  • Touchpad

Pengertian: suatu alat penunjuk untuk menampilkan sensor pada permukaan khusus yang bisa menterjemahkan gerakan jari-jari pengguna (user) ke posisi yang di inginkan dalam layar monitor.

Info: hanya terdapat di dalam laptop atau notebook.

  • Webcam

Pengertian: perangkat keras yang berwujud kamera kecil dan biasanya ditempatkan di atas monitor atau LCD.

Fungsi:

untuk melakukan video call, berfoto atau selfie.
memasukan hasil data rekaman menjadi format digital.

  • Microphone

Pengertian: perangkat keras output yang bisa menangkap gelombang suara dan merubahnya menjadi getaran listrik.

Fungsi:

mengeluarkan suara dari dalam komputer.
menjadi media rekaman suara yang divisualkan lewat gelombang getaran suara.
mendukung proses komunikasi suara.

  • Magnetic Tape

Pengertian: media penyimpanan untuk data yang besar.

Fungsi: sebagai tempat media penyimpanan.

Info: semua berkas besar disimpan dengan meggunakan akses sekaligus proses secara sequensial.

Squensial merupakan rangkaian logika yang bekerja berdasarkan urutan waktu. Salah satu cirinya adanya jalur umpan balik (feedback) di dalam rangkaiannya.

  • Proyektor

Pengertian: perangkat keras yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic elektronik, dan juga display.

Fungsi: menampilkan gambar diam (slide) ataupun gambar bergerak (video) pada layar besar bewarna putih atau dinding.

  • Network Card

Pengertian: perangkat keras yang berfungsi sebagai media penghubung antara komputer server dengan komputer client.

  • Tv Tuner Card

Pengertian: perangkat keras yang berfungsi untuk menyiarkan tv pada komputer.

  • UPS (Uninterruptible Power Supply)

Pengertian: hardware yang berfungsi untuk memberikan suplai listrik saat tegangan listrik utama terhenti atau tidak berfungsi.

Dengan kata lain UPS merupakan cadangan listrik pada saat tegangan listrik utama padam.

  • Sound Card

Pengertian: perangkat keras yang berakitan dengan kebutuhan audio dan suara dalam sebuah komputer.

Fungsi: menghasilkan suara dari dalam komputer sehingga dapat didengar melalui speaker atau headphone.

Info: terdapat beberapa jenis sound card berdasarkan cara pemasangannya, diantanya adalah sebagai berikut:

  • Sound Card Onboard,Terpasang langsung atau menempel dalam motherboard yang berupa chipset dan kinerjanya dipengaruhi oleh prosesor.
  • Sound Card Offboard
    • Terpasang pada slot ISA atau PCI.
    • Keunggulan: kualitas suara yang dihasilkan lebih bagus daripada sound card onboard.
  • Sound Card External
    • Pada umumya terpasang dengan menggunakan port USB.
    • Info: lebih cocok digunakan untuk melakukan perekaman suara.
  • Heatsink (Kipas Pendingin)

Pengertian: hardware yang memiliki fungsi sebagai pembantu proses pendinginan kepada processor supaya komputer berjalan lebih stabil.

  • Headset

Pengertian: perangkat yang terhubung dalam komputer atau telepon genggam.

Fungsi: mendengar suara sekaligus berbicara dengan lawan bicara tanpa harus memegang perangkat penghubung yang digunakan.

  • Headphone

Pengertian: perangkat keras untuk menghasilkan suara.

Fungsi: menghasilkan suara untuk didengar secara pribadi setelah dihubungkan pada speaker.

Info: berbeda dengan earphone. Headphone memiliki bentuk yang lebih besar dan menutup seluruh telinga, sementara earphone hanya menutupi lubang telinga saja.

  • Kabel Data

Pengertian: perangkat keras tambahan yang ada di komputer yang berfungsi untuk menerima atau mengirimkan data dari komputer ke handphone.

  • Card Reader

Pengertian: perangkat tambahan komputer yang memiliki fungsi sebagai pembaca kartu memori pada handphone. COntoh: SD Card, Mini-SD, RS Card, MSD(Memory Stick Duo) Card dan yang lainnya.

  • Router

Pengertian: perangkat keras jaringan yang memiliki fugnsi sebagai penghubung komputer ke beberapa jaringan yang mempunyai akses jaringan sama maupun berbeda.

  • Hub/Switch

Pengertian: perangkat keras yang digunakan untuk memecah-mecah jaringan lokal atau LAN di dalam satu ruangan.

Fungsi:

  • Memecah jaringan dari server ke komputer client atau user.
  • Mentransmisikan jaringan dari server.
  • Sebagai penguat sinyal transmisi paket data (pada smart hub).

Info: biasanya digunakan pada pembuatan jaringan yang mengimplementasikan topologi star.

  • ROM (Read Only Memory)

Pengertian: media penyimpanan yang berfungsi hanya untuk membaca data saja dan bersifat permanen.

  • Harddisk Eksternal

Pengertian: hardisk yang berada di luar komputer sebagai media penyimpanan yang kapasitasnya sangat besar. Dengan menggunakan hdd ini, maka data dapat dibawa kemana saja.

Kekurangan: mahal.

  • Floppy Disk (Disket)

Pengertian: media penyimpanan data yang berbentuk kepingan kotak dengan kapasitas yang sangat kecil, hanya sekitar 1,44 mb.

Info: Dengan perkembanagn tekonologi yang pesat seperti sekatang, media penyimpanan ini sudah tidak dipakai lagi bagi file/data yang berukuran besar.

Sebab telah terdapat harddisk atau flashdisk yang ukurannya cukup besar. Walaupun demikian, perangkat ini masih saja dipakai untuk keperluan penyimpanan data berukuran ringan.

  • RJ45

Pengertian: konektor kabel ethernet atau penghubung jaringan pada satu komputer ke komputer lainnya yang membentuk sebuah jaringan. Dan jaringan tersebut dikenal sebagai topologi.

SSD (Solid State Drive)

Pengertian: media penyimpanan yang mempunyai tingkat kecepatan yang tinggi. Dengan memakai SSD, komputer dan laptop akan bekerja secara maksimal dengan kecepatan akses yang tinggi.

  • Repeater

Pengertian: perangkat keras yang berkaitan dengan jaringan.

Fungsi: meningkatkan jangkauan sinyal dari sebuah jaringan.

  • Access Point

Pengertian: perangkat keras jaringan komputer yang digunakan secara personal.

Info:

mampu membuat sebuah jaringan WLAN atau wireless LAN.
Sering disebut sebagai WiFi atu hotspot.

  • Bluetooth USB Dongle

Pengertian: perangkat keras berbentuk kecil yang menyajikan koneksi Bluetooth pada komputer .

Info: biasa diterapkan pada mouse wireless.

  • UTP / Line Cable

Pengertian: perangkat keras ayng digunakan untuk membuat jaringan komputer serta dapat digunakan untuk membuat koneksi dual up melalui telepon.

  • HDMI Cable

Pengertian: teknologi kabel terbaru.

Fungsi:

fungsinya mirip seperti VGA Cable.
kabel HDMI telah mendukung kualitas HD atau High Definition, sekaligus mendukung suara.
lebih praktis & berguna daripada VGA Cable,sebab mempunyai output HD dan telah ditambah dengan output suara.

Perangkat Keras Komputer : Cara Kerja, Jenis, Contoh dan Fungsinya

  • Power Cable

Fungsi:

    • meneruskan arus listrik pada rumah menuju power supply komputer pada PC.
    • memperkecil arus voltase listrik yang masuk ke dalam laptop.
    • melakukan charging pada baterai laptop.
    • sebagai penyalur listrik saat komputer pertama kali digunakan.
  • VGA Cable

Pengertian: perangkat keras yang berkaitan dengan konektor.

Fungsi: menhubungkan konektor VGA pada monitor dengan VGA card pada komputer. Dengan begitu, kalian dapat melihat tampilan komputer pada display atau layar monitor.

Tak hanya itu, VGA Cable juga dapat digunakan untuk menyambungkan media lainnya, contohnya proyektor.

  • ZIP Drive

Pengertian: perangkat keras yang memiliki fungsi sebagai media penyimpanan dalam bentuk disk.

Info: pada mulanya, zip drive memiliki kapasitas 100 MB, lalu ditingkatkan menjadi 250 MB dan terakhir menjadi 750 MB.

Kepopulerannya telah tergeser dengan kemunculan CD-R dan DVD RW. Pada masa kejayaannya di tahun 1994, zip drive masuk ke dalam beberapa perusahaan komputer besar seperti Apple dan Dell .

Bahkan, zip drive menjadi dirve internal untuk melengkapi perangkat komputer mereka.

  • WLAN Card

Pengertian: Wireless LAN Card atau biasa juga disebut seabgai WiFi Adapter merupakan perangkat komputer yang berkaitan dengan adanya jaringan.

Fungsi: menghubungkan komputer dengan akses jaringan tanpa menggunakan kabel (wireless).

Info: Cara kerja dari Wireless Card ini yaitu wireless akan menerima sinyal yang berasal dari perangkat jaringan, seperti Access Point.

Dan berikut merupakan beberapa komponen dalam WLAN, diantaranya adalah sebagai berikut:

    • Mobile atau Desktop PC, di mana untuk mobile PC bisa terpasang melalui port PCMCIA, sementara untuk desktop PC pada PCI Card ataupun USB.
    • Access Point, perangkat yang bisa mengkonversi sinyal frekuensi radio (RF) mengubahnya menjadi sinyal digital lewat media kabel.
    • WLAN Interface, peralatan yang dipasang pada Mobile atau desktop PC dalam bentuk PCMCIA (Personal
    • Computer Memory Card International Association), PCI Card ataupun lewat port USB
    • Antena, digunakan untuk memperkuat daya pancar.
  • Firewire Card

Pengertian: port data yang dirancang untuk transfer data dengan kecepatan tinggi.

Info: biasanya terdapat dalam device set Apple.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Perangkat Keras Komputer , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Gateway Beserta Fungsinya (Pembahasan Lengkap)