Contoh Recount Text Singkat : Pengertian, Ciri, Jenis dan Struktur Recount Text

Contoh Recount Text Singkat : Pengertian, Ciri, Jenis dan  Struktur Recount Text – Apakah yang di maksud dengan recount text dan seperti apa contohnya  ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu recount text dan hal-hal yang melingkupinya. Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Contoh Recount Text Singkat : Pengertian, Ciri, Jenis dan Struktur Recount Text


Recount Text adalah sebuah teks bacaan yang berisi tentang cerita atau runtutan sebuah kejadian atau pengalaman yang terjadi di masa lampau. Dengan kata lain, recount text juga bisa dikatakan bahwa teks ini adalah sejenis teks cerita, namun recount text diambil dari pengalaman yang terjadi pada masa lampau dan sebelumnya sudah pernah dialami

Pengertian recount text adalah salah satu bentuk teks yang menceritakan kisah-kisah di masa lampau baik pengalaman pribadi, pengalaman kelompok, atau segala event-event tertentu yang ditulis dalam bahasa inggris.

Dalam bahasa Indonesia atau konteks tulisan berbahasa indonesia, jenis teks recount ini bisa di setarakan dengan catatan pribadi seperti misalnya catatan harian atau catatan observasi yang fungsinya lebih sebagai peningat.

Recount Text bisa juga diartikan sebuah kegiatan untuk “mengingat kembali” suatu kejadian yang sudah terjadi pada masa lampau melalui cerita sebuah text.


Ciri-Ciri Recount Text

Terdapat ciri-ciri recount text yaitu sebagai berikut:

  • Karena menceritakan peristiwa yang terjadi di masa lampau, maka recount text selalu menggunakan past tense. Seperti: Last month, I spent my holiday in Bali island with my friends.
  • Menggunakan conjunction dan time connectives seperti before, after, then, when dan first untuk merangkai satu kejadian dan kejadian lainnya.
  • Menggunakan action verbs seperti visit, walk, eat dan go.
  • Menggunakan adverb dan adverbial phrase untuk menjelaskan waktu, tempat dan cara. Seperti: last month, in Malang, lately, dll
  • Menggunakan action verbs. Seperti: visited, ate, spent, went, brought, took, dll.
  • Karena sifatnya menceritakan atau menggambarkan sebuah peristiwa, maka banyak menggunakan verb (kata kerja), dan kata keterangan (yang menggambarkan secara lebih detail bagaimana verb (kata kerja) dilakukan.

Jenis-Jenis Recount Text

Secara umum terdapat 4 macam jenis recount text yaitu:

Personal Recount Text

Personal recount text adalah jenis recount text yang menceritakan pengalaman pribadi si penulis seperti pengalaman liburan, pengalaman di sekolah atau bahkan pengalaman tak terlupakan yang membuat kita terus mengingat kejadian tersebut.

Imaginative Recount Text

Imaginative recount text adalah jenis recount text yang menceritakan imaginasi penulis tentang suatu hal dan dituliskan dalam bentuk past tense. Pada pembahasan di bawah, kami memberikan contoh imaginative recount text dengan judul spiderman. Silahkan dibaca untuk lebih memahaminya.

Factual Recount Text

Factual recount text adalah jenis recount text yang membahas tentang suatu hal yang benar-benar terjadi (fakta) di masa lampau. Dibawah, kami memberikan contoh factual recount tentang titanic.

Historical Recount Text

Historical recount text merupakan jenis recount text yang membahas tentang sejarah baik itu tempat bersejarah maupun benda bersejarah. historical recount text dengan judul borobudur kami tulis untuk memudahkan kamu dalam memahami historical recount text.


Struktur Recount Text

Terdapat 3 unsur struktur recount text, yaitu:

  • Orientation (Pembuka), Orientation berisi awalan cerita. Bagian ini biasanya menjelaskan tentang latar cerita seperti tempat dan waktu kejadian.
  • Event (Isi), Event berisi inti cerita dari recount text. Bagian ini menjelaskan kejadian secara berurutan dari kejadian A ke kejadin B.
  • Reorientation (Kesimpulan atau Penutup Teks), Reorientation berisi pengulangan dan penutup jalannya cerita

Contoh Recount Text Singkat Pertama

  • Mendaki Gunung Merapi

Orientation

Two days ago I went to the Merapi Mountain. It was the first time I climbed the mountain. I did it with some of my friends.

We start climbing at 8 p.m. It was so dark and we only used flashlight to get the way.

I felt no worry because all of my friends were professional climber. I just followed their instruction.

Event

We climbed slowly and enjoy the night there.

After 7 hours walking in the dark, we could reach the top of the mountain. It was at 3 a.m. early in the morning.

We were not alone. There were a lot of people who reached that top before us.

We waited the sun rises by cooking some food and making some hot drink to get back our energy. We sang some songs together, shared stories and got acquainted with people there.

After seeing the sun raised, we had to go back home. Getting down the mountain was not as hard as the climbing process because we only spent a few energy and time even we had to be more careful to do this process.

However, it was great experience i had ever done so far.

Reorientation

After all, that was my great experience I had ever have.

Terjemahan Bahasa Indonesia

Orientasi (Pembuka)

Dua hari yang lalu aku pergi ke gunung Merapi. Itu merupakan pertamakalinya aku akan melakukan pendakian gunung. Aku melakukannya bersama dengan teman-temanku.

Kami mulai melakukan pendakian pada pukul 8 malam. Situasi sangat gelap gulita dan kami hanya menggunakan lampu senter untuk mencari jalur pendakian.

Aku tidak merasa khawatir karena teman-temanku merupakan para pendaki profesional. Aku hanya tinggal mengikuti instruksi mereka saja.

Event (Isi)

Kami mendaki perlahan-lahan dan menikmati waktu kami di sana.

Setelah 7 jam perjalanan naik, akhirnya kami sampai di puncak gunung. Jam menunjukkan pukul 3 pagi.

Ternyata kami tidak sendirian. Banyak orang yang ternyata sudah sampai di puncak gunung sebelum kami datang.

Kami menunggu matahari terbut sambil memasak makanan dan membuat minuman hangat untuk mengembalikan tenaga kami. Kami juga bernyanyi bersama, bertukar cerita serta berkenalan dengan orang-orang baru di sana.

Setelah menikmati matahari terbit, kami harus segera pulang. Turun gunung tidak secapek pendakian, kami hanya butuh sedikit tenaga dan waktu namun kami harus melakukannya dengan hati-hati.

Bagaimanapun juga, pengalaman tersebut merupakan pengalaman mengesankan yang pernah aku alami sejauh ini.

Reorientasi (Kesimpulan)

Selebihnya, pengalaman tersebut merupakan pengalaman hebat yang pernah aku alami.


Contoh Recount Text Singkat Kedua

  • Going to Cermin Beach
    (Pergi ke Pantai Cermin)

Orientation (Pembukaan)

A few months ago, I went to Cermin beach with my family. It is located in Serdang Bedagai district about 53 km from Medan city, North Sumatera. The trip there took about 1,5 hours. We left from Medan at 07.30 using a car and we arrived about 09.00 o’clock.

Event (Isi)

As arrived there, my parents rented a hut to take a rest. I and my brother immediately ran towards the beach. It looked sunny day with the blue sky and I felt a gentle breeze. The waves there were suitable for swimming, but unfortunately I couldn’t swim. I just played with white sand and built a sand castle. I didn’t forget to take a selfie with the background of beautiful beach.

At noon, I began to feel hungry. I approached the rented hut. Apparently, my mother had prepared food for us. I felt happy to be able to vacation with family and enjoyed the beauty of nature created by God.

Reorientation

Not felt, the day had begun in the evening. We hurried to go home. Before went to home, I bought some souvenirs there. Finally, we arrived at 6:00 PM because the trip was jammed.

Terjemahan :

Beberapa bulan yang lalu, aku pergi ke pantai Cermin bersama keluarga. Lokasi pantai itu terletak di Kabupaten Serdang Bedagai, sekitar 53 km dari kota Medan, Sumatera Utara. Perjalanan kesana membutuhkan waktu 1,5 jam. Kami berangkat dari kota medan pukul 07.30 menggunakan mobil dan kami sampai sekitar pukul 09.00.

Sesampainya disana, orang tua saya menyewa pondok untuk tempat beristirahat. Aku dan adik berlari mendekati pantai. Aku dan adik langsung berlari mendekati pantai. Saat itu hari terlihat sangat cerah dengan langit biru dan aku merasakan hembusan angin yang sepoi-sepoi. Ombak disana cocok untuk berenang, namun sayangnya aku tidak bisa berenang. Aku hanya bermain pasir putih dan membangun sebuah istana pasir. Aku pun tak lupa mengambil foto selfie dengan latar belakang pantai yang sangat indah.

Di siang hari, aku mulai merasa lapar. Aku mendekati pondok yang disewa. Rupanya, ibuku sudah menyiapkan makanan untuk kami. Aku merasa senang bisa berlibur bersama keluarga dan menikmati keindahan alam yang diciptakan oleh Tuhan.

Tak terasa, hari sudah mulai petang. Kami bergegas untuk pulang ke rumah. Sebelum pulang, aku membeli beberapa oleh-oleh disana. Akhirnya, kami sampai di rumah pukul 18.00 karena sepanjang perjalanan macet.


Contoh Recount Text Singkat Ketiga

  • A Trip to the Zoo

Yesterday my family went to the zoo to see the elephant and other animal. When we got to the zoo, we went to the shop to buy some food to give to the animals.

After getting the food we went to the nocturnal house where we saw birds and reptiles which only come out at night.

Before lunch we went for a ride on the elephant. It was a thrill to ride it. Dad nearly fell off when he let go of the rope. During lunch we fed some birds in the park. In the afternoon we saw the animals being fed.

When we returned home we were tired but happy because we had so much fun.

Terjemahan :

Perjalanan ke Kebun Binatang

Kemarin keluargaku pergi ke kebun binatang untuk melihat gajah dan hewan lainnya. Ketika sampai di kebun binatang, kami pergi ke toko untuk membeli makanan yang akan aku berikan langsung kepada hewan.

Setelah mendapatkan makanannya, kami pergi ke rumah nokturnal dimana kami dapat melihat burung dan reptil yang hanya keluar pada malam hari.

Sebelum makan siang, kami pergi untuk mengendarai gajah. Sungguh mengasyikkan dapat mengendarainya. Ayah hampir terjatuh saat melepaskan tali pegangan yang diberikan. Saat makan siang, kami memberi makan beberapa burung di taman. Sore harinya, kami melihat hewan-hewan itu diberi makan oleh petugas.

Ketika kami kembali ke rumah, kami lelah tapi bahagia karena kami bersenang-senang.
Watching Movie

My sister and I went to see a film last night. It was an American movie called The Lost Flight. It showed how people can quickly change when they have to look after themselves in the jungle. It was an interesting film about a plane which crashed on a small empty island in the Pacific Ocean.

Although the passengers were safe, nobody knew where the plane had crashed. So the passengers had to learn how to hunt for food in the jungle and how to catch fish from the sea to eat. After a few weeks, the passengers were eating raw fish and meat.

After they had been on the island for two months, three of the men made a boat and sailed away to find help. But their boat sank and they were drowned.

The film ended without saying whether the passengers were rescued or not. But my sister and I enjoyed the film.


Contoh Recount Text Singkat Ke Empat

  • Holiday To Yogyakarta

Orientation

That day was August 23, 2016. A week before that day I had been preparing everything. Then, at that day i was ready for my holiday.

At 9 in the morning, I went to the station. The train would arrive at 10 a.m. It took 30 minutes walking from my home to the station. At that station, I bought the ticket to go to Yogyakarta.

Event

It took around 5 hour to go to Yogyakarta from Tulungagung by train.

I arrived in Tugu Station Yogyakarta at 3.15 pm. I had no fix idea about the places at which I would visit. So, I was free to do anything in this city.

At first, I went walking around at Malioboro Street. I saw so many people in this street. Perhaps, they did the same thing as I did, just walking and sometimes stopped at some street marchandise sellers a long that road.

At 6 p.m, i was tired and hungry. I was at Alun-Alun Kidul, the south side of Yogyakarta Palace.

I looked around and find Angkringan, at that place I ordered for a glass of ice tea and ate some Sego Kucing with Sate and also Gorengan.

After eating, I began to think of where I would get the cheap hotel to stay for several days in Yogyakarta.

Reorientation

That was my story which I always remember about my holiday at Yogyakarta.

Terjemahan :

Orientasi (Pembuka)

Hari itu tanggal 23 Agustus 2016. Seminggu sebelumnya, aku telah mempersiapkan segalanya. Dan pada hari itu, aku telah siap untuk berangkat liburan.

Pada pukul 9 pagi aku berangkat ke stasiun. Dari rumah menuju stasuin kurang lebih butuh waktu 30 menit berjalan kaki. Sesampainya di stasiun, aku membeli sebuah tiket untuk pergi ke Yogyakarta.

Event (Isi)

Perjalanan kereta dari Tulungagung ke Yogyakarta menempuh waktu sekitar 5 jam.

Kereta berhenti di stasiun Tugu Yogyakarta sekitar pukul 3.15 sore hari. Aku tidak punya tujuan pasti untuk tempat-tempat yang akan ku kunjungi. Oleh karena itulah aku bisa merasa bebas untuk bepergian kemanapun di kota ini.

Pertama-tama yang aku lakukan adalah berjalan-jalan di sepanjang Jalan Malioboro. Aku melihat banyak orang di sana. Mungkin mereka juga melakukan hal yang sama seperti yang aku lakukan, yaitu jalan-jalan dan sesekali berhenti di penjual barang kerajinan di sepanjang jalan tersebut.

Pada pukul 6 sore, aku merasa sangat lelah dan lapar. Aku sedang berada di Alun-Alun kidul, sebelah selatan Kraton Yogyakarta.

Aku melihat-lihat ke sekeliling dan menemukan sebuah angkringan. Di angringan tersebut aku memesan segelas es teh dan makan beberapa nasi kucing, sate, serta gorengan.

Setelah makan, aku baru mulai memikirkan untuk mencari hotel murah untuk menginap selama beberapa hari di Yogyakarta.

Reorientasi (Kesimpulan)

Itulah kisahku yang akan selalu ku ingat tentang liburanku di Yogyakarta


Contoh Recount Text Singkat Kelima

  • Math Teacher

Orientation

I had a very kind teacher at senior high school. He was math teacher. He was never angry at class even the students were lazy doing the homework. He always taught slowly so that we could have good understanding.

Event

One day when I was at third grade, we all got bad news. Our best teacher passed away because of cancer in his head.

We were so sad. There was no class that day. All teachers and students went to mourn and gave our last honour to him at the funerary event. We all were crying. We all were praying for him.

Reorientation

He left us forever but leaved a good knowledge for us to learn math in a good way. Thanks for him, for his kindness and wisdom as our teacher and also our father.

Terjemahan :

Orientasi (Pembuka)

Aku mempunyai seorang guru yang baik hati di SMA. Beliau adalah seorang guru matematika. Beliau tak pernah marah di kelas meski kami semua merupakan murid-murid yang malas mengerjakan pekerjaan rumah. Beliau selalu mengajar dengan perlahan sehingga kami bisa memiliki pemahaman yang baik.

Event (Isi)

Suatu hari ketika aku telah duduk di kelas tiga, kami semua mendapatkan kabar buruk. Guru terbaik kami telah meninggal dunia karena penyakit kanker di kepalanya.

Kami semua sangat berduka. Tak ada kelas pada hari itu. semua guru dan murid datang melayat dan memberikan penghormatan terakhir pada acara penguburannya. Kami semua menangis. Kami semua berdoa untuknya.

Reorientasi (Kesimpulan)

Beliau telah meninggalkan kami untuk selamanya sekaligus mewariskan sebuah pengetahuan yang baik bagi kami untuk belajar matematika dengan cara yang baik. Terimakasih kepadanya atas segala kebaikan dan kebijaksanaan sebagai guru sekaligus ayah bagi kami semua

Contoh Recount Text Singkat : Pengertian, Ciri, Jenis dan Struktur Recount Text


Contoh Recount Text Singkat Keenam

  • Camping

Orientation

One of my favourite things in Junior High School was camping.

Once a mount my school held a routine extracurricular that was camping at some mountain or camping field in my town. Usually the event was at first Saturday night in a month.

Event

One day at the camping time, we all gathered at the school first before we went together at the camping area.

We were grouped in teams and each team has its own tent. We went to the camping area by bus.

At the afternoon around 4 pm we had already been there. We built our own tent before we continue the activities.

After building the tent, bathing, and having a break, we start the rundown of the activities.

One thing I love most was the activity of Jerit Malam (nightmare training). It was held at 10 pm until 1 am in the morning.

We all, every team, were scattered into the jungle to find the letters in a bottle. The camping committees had prepared something to frighten us by wearing ghost or zombie costume and chased after us.

Anyway, I was never afraid of that but I was so happy seeing some of my friends screaming and running. I laughed loudly at that event because I think both of the ghost and the victims were totally funny.

The ghost or the zombie never frightened us who were not afraid, but they will run after them who were too afraid.

Reorientation

That was so fun experience that I had in Junior High School

Terjemahan  :

Orientasi (Pembuka)

Salah satu favoritku di SMP adalah kemping.

Sebulan sekali sekolahku mengadakan ekstrakurikuler rutin, yakni kemping yang diselenggarakan di pegunungan atau bumi perkemahan di kota kami. Biasanya, acara tersebut diadakan pada hari sabtu pertama tiap bulan.

Event (Isi)

Suatu hari pada acara kemping, kami semua berkumpul terlebih dahulu di sekolah sebelum kami berangkat bersama-sama ke tempat kemping.

Kami semua dikelompokkan ke dalam beberapa tim dan masing-masing tim akan mendapatkan satu buah tenda. Kami berangkat ke tempat kemping dengan menggunakan bus.

Sekitar pukul 4 sore kami sudah sampai di sana. Kami mendirikan tenda kami masing-masing sebelum akhirnya melanjutkan aktivitas lainnya.

Setelah kami selesai mendirikan tenda, mandi dan istirahat, kami melanjutkan ke agenda acara.

Salah satu acara yang paling aku sukai adalah Jerit Malam. Acara itu berlangsung dari jam 10 malam hingga jam 1 dini hari.

Kami semua, setiap tim, di lepas di dalam hutan dengan misi mencari surat dalam botol. Panitia kemping telah mempersiapkan sesuatu untuk menakut-nakuti kami seperti misalnya dengan mengenakan pakaian hantu atau zombie lalu mengejar kami semua.

Aku tidak pernah takut dengan hal itu dan justru aku malah senang melihat teman-temanku berteriak ketakutan. Aku tertawa terbahak-bahak selama acara tersebut karena menurutku baik yang menakut-nakuti dan yang ditakut-takuti semuanya tampak lucu.

Para hantu dan zombi itu tidak akan menakuti kami yang tidak takut, sebaliknya, mereka akan mengejar siapapun yang tampak ketakutan.

Reorientasi (Kesimpulan)

Pengalaman tersebut merupakan pengalaman meyenangkan yang aku miliki sewaktu di SMP.


Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Contoh Recount Text Singkat , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi