√ Pengertian Revolusi Industri, Proses, Latar Belakang dan Akibatnya

Pengertian Revolusi Industri, Proses, Latar Belakang dan Akibatnya – Pada pembahasan kali ini SeputarPengetahuan.Co.Id akan menjelaskan tentang Revolusi Industri. Revolusi industri berhubungan dengan perkembangan manusia terhadap peralatan kerja untuk peningkatan hasil industri atau proses produksi.

Pengertian Revolusi Industri, Proses, Latar Belakang dan Akibatnya

Selain definisi revolusi industri, kami juga akan menjelaskan tentan proses, latar belakang hingga akibat revolusi industri. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Revolusi Industri

Revolusi industri merupakan perubahan yang radikal dan cepat atas perkembangan manusia dalam membuat peralatan kerja untuk menambah hasil produksi atau industri. Revolusi Industri berjalan antara tahun 1750-1850 yang mana telah berlangsung perubahan secara besar-besaran pada bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi dan teknologi dan juga mempunyai dampak yang sangat dalam terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan budaya di dunia.

Revolusi industri ini diawali dari Britania Raya (Inggris), selanjutnya menyasar ke seluruh Eropa Barat, Amerika Utara, Jepang, dan tersebar ke seluruh dunia. Secara singkatnya, definisi Revolusi Industri yaitu perubahan cara menghasilkan barang yang semua memakai tenaga manusia beralih ke tenaga mesin.

Proses Revolusi Industri

Di akhir abad pertengahan, kota-kota di Eropa berkembang menjadi pusat kerajian dan perdagangan. Warga kota (kaum Borjuis) yang disini warga berjiwa bebas menjadi tulang punggung perekonomian kota. Mereka bersaing secara bebas dalam memajukan perekonomian.

Pertumbuhan kerajian, menjadi industri melalui beberapa proses, antara lain yaitu:

Domestic System

Pada proses ini dinamakan sebagai tahapan kerajian rumah (home industri). Para pekerja melakukan pekerjaan di rumah masing-masing dengan alat yang mereka miliki, bahkan kerajinan diperoleh dari pengusaha yang sesudah selesai dikerjakan disetorkan kepadanya.

Gaji pekerja diberikan menutur jumlah barang yang dikerjakan. Dengan metode ini, majikan yang mempunyai usaha hanya membayar tenaga kerja atas dasar prestasi atau hasil. Para majikan tidak disibukkan tentang tempat kerja dan gaji.

Manufactur

Seiiring kerajinan industri yang terus maju dan berkembang diperlukan tempat yang khusus untuk bekerja supaya majikan dapat mengawasi denganan baik dan cara mengerjakan dan kualitas produksinya.

Suatu manufactur (pabrik) dengan banyak tenaga kerja dibuat dan seringkali berada di belakang rumah majikan. Rumah pada bagian tengah untuk tempat tinggal dan bagian depan sebagai toko untuk menjual produknya.

Hubungan majikan dengan para buruh lebih akrab sebab tempat kerja tergabung menjadi satu dan jumlah pekerja masih sedikit. Barang-barang yang diproduksi terkadang juga masih berdasarkan pesanan.

Factory System

Di proses ini pekerjaan industri dilakukan oleh mesin. Tempat di daerah industri yang sudah ditentukan, dapat didalam atau diluar kota. Tempat itu untuk bekerja, sedangkan majikan tinggal di tempat yang lain.

Seperti itu juga toko tempat pemasaran hasil industri dilakukan di tempat lain. Jumlah tenaga kerja juga sudah mencapai puluhan, bahkan ratusan orang. Barang-barang produksinya untuk dipasarkan.

Latar Belakang Revolusi Industri

Menurut etimologinya, revolusi industri merupakan perubahan besar, dengan cepat, dan radikal yang menjadikan kehidupan corak manusia lebih berpengaruh, biasa disebut dengan revolusi.

Istilah revolusi industri pertama kali dikenalkan oleh Friedrich Engel’s dan Louis-Auguste Blanqui pada pertengahan abad ke-19. Untuk tanggal kapan dimulainya revolusi industri tidak mempunyai kejelasan, tetapi T.S Ashton mencatatat awal mula revolusi industri terjadi sekitar tahun 1760-1830.

Revolusi ini kemudian terus berkembang dan terjadi puncaknya di pertengahan abad ke-19 yaitu sekitar tahun 1850, pada saat kemajuan teknologi dan ekonomi memperoleh momentum dengan perkembangan mesin tenaga uap, rel, dan di akhir abad itu berkembang mesin kombusi dalam dan juga mesin pembangkit tenaga listrik.

Adapun latar belakang terjadinya revolusi industri di Inggris, antara lain yaitu:

  1. Ada penemuan baru di bidang teknologi seperti alat pemintal, mesin uap, dan mesin tenun.
  2. Terdapat banyak tambah yang dihasilkan oleh negara Inggris, hasil tambang itu antara lain biji besi, batu bara, kaolin, dan timah.
  3. Kondisi politik di Britania Raya (Inggris) yang stabil, menjadikan raja mematuhi peraturan perundang-undangan.
  4. Inggris mempunyai banyak modal, modal itu didapat dari bidang pelayaran dan perdagangan.
  5. Pengaruh dari revolusi agrasia di pedesaan.
  6. Pemerintah Britania Raya memberikan perlindungan hukum atas hasil penemuan baru atau dapat disebut dengan hak paten.

Pengertian Revolusi Industri, Proses, Latar Belakang, Akibat Terlengkap

Akibat Revolusi Industri

Pada umumnya, dampak atau akibat dari revolusi industri untuk kehidupan penduduk Inggris antara lain yaitu:

Bidang Sosial

Terjadi urbanisasi besar-besaran, pusat pekerjaan pindah ke kota. Para buruh tani pergi ke kota untuk menjadi buruh pabrik. Kota-kota besar menjadi sangat padat dan semakin sesak, para pekerja hidup berjejal-jejal di tempat tinggal yang kumuh dan kotor.

Bidang Ekonomi

Dalam bidang ekonomi, pengaruh revolusi industri muncul pembangunan daerah-daerah industri yang dijalankan secara besar-besaran. Revolusi industri juga berdampak pada munculnya kota-kota industri seperti Manchester, Liverpool, dan Birmigham.

Bidang Politk

Akibat revolusi industri, berdampak pada bidang politik antara lain yaitu:

  • Timbul kaum borjuis karena kemajuan industri melahirkan orang-orang kaya baru yang bisa jadi dari pengusaha industri.
  • Tumbuh rasa demokrasi dan nasionalisme.
  • Timbul imperialisme modern.
  • Berkembangnya liberalisme yang awalnya hanya berkembang di Inggris ketika berlangsung Revolusi Agraria dan Revolusi Industri.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Revolusi Industri, Proses, Latar Belakang dan Akibatnya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi