√ Pengertian Pengambilan Keputusan, Dasar, Gaya, Faktor & Prosesnya

Pengertian Pengambilan Keputusan, Dasar, Gaya, Faktor & Prosesnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Pengambilan Keputusan. Yang meliputi pengertian, dasar, gaya, faktor dan proses pengambilan keputusan dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Pengambilan Keputusan, Dasar, Gaya, Faktor & Prosesnya

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan Seputar Pengetahuan berikut dengan seksama.

Pengertian Pengambilan Keputusan

Pengambilan keputusan merupakan suatu hasil atau keluaran dari proses mental atau kognitif yang mengusung pada pemilihan jalur perbuatan antara beberapa pilihan yang tersedia.

Definisi lain dari pengambilan keputusan atau Decision Making yaitu suatu proses pemikiran dalam pemulihan dari beberapa alternatif atau kemungkinan yang paling sesuai dengan nilai atau tujuan individu untuk mendapatkan hasil atau solusi tentang prediksi ke kepan.

Pengertian Pengambilan Keputusan Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari pengambilan keputusan menurut ahlinya.

1. Suharnan (2005)

Definisi pengambilan keputusan menurut Suharnan adalah proses memilih atau menentukan berbagai kemungkinan diantara situasi-situasi yang tidak pasti.

2. Baron dan Byrne (2008)

Definisi pengambilan keputusan menurut Baron dan Byrne adalah suatu proses melalui kombinasi individu atau kelompok dan mengintegrasikan informasi yang ada dengan tujuan memilih satu dari berbagai kemungkinan tindakan.

3. Simon (1993)

Definisi pengambilan keputusan menurut Simon adalah suatu bentuk pemilihan dari berbagai alternaftif tindakan yang mungkin dipilih, yang prosesnya melalui mekanisme tertentu dengan harapan akan menghasilkan suatu keputusan yang terbaik.

4. Terry (2003)

Definisi pengambilan keputusan menurut Terry pemilihan alternatif perilaku dari dua alternatif atau lebih, tindakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi melalui pemilihan satu diantara alternatif-alternatif yang memungkinkan.

5. Wang dan Ruhe (2007)

Definisi pengambilan keputusan menurut Wan dan Ruhe adalah proses yang memilih pilihan yang lebih disukai atau suatu tindakan dari antara alternatif atas dasar kriteria ataus strategi yang diberikan.

6. Dermawan (2004)

Definisi pengambilan keputusan menurut Dermawan adalah suatu proses yang dipengaruhi oleh banyak kekuatan termasuk lingkungan organisasi dan poengetahuan, kecakapan dan motivasi. Pengambilan keputusan merupakan ilmu dan seni pemilihan alternatif solusi atau tindakan dai sejumlah alternatif solusi dan tindakan yang berguna menyelesaikan masalah.

7. Kamus Besar Ilmu Pengetahuan

Definisi pengambilan keputusan menurut Kamus Besar Ilmu Pengetahuan adalah pemilihan keputusan atau kebijakan yang didasarkan atas kriteria tertentu. Proses ini meliputi dua atau lebih, alternatif karena seandainya hanya ada satu alternatif tidak ada keputusan yang diambil.

Dasar Pengambilan Keputusan

Terry dalam Sanusi (2000:16) menyatakan, pada umumnya pengambilan keputusan seseorang memiliki dasar antara lain yaitu:

Intuisi
Keputusan yang diambil dengan dasar intuisi atau perasaan lebih bersifat subjektif yaitu mudah terkena sugesti, pengaruh luar dan faktor kejiwaan lainnya. Pengambilan keputusan menurut intuisi memerlukan waktu yang singkat untuk masalah yang mempunyai dampak terbatas.

Pengalaman
Pengalaman dan kemampuan untuk memprediksi apa yang menjadi latar belakang, masalah dan bagaimana arah penyelesaiannya sangat membantu mempermudah pemecahan masalah.

Fakta
Keputusan dengan dasar fakta, data atau informasi yang cukup adalah keputusan yang baik dan solid, namun untuk mendapatkan informasi yang cukup sangat sulit.

Wewenang
Keputusan dengan dasar wewenang akan memunculkan sifat rutin dan mengasosiasikan dengan praktik diktatorial. Keputusan dengan dasar wewenang kadang sering membuat pembuatan keputusan melewati permasalahan yang seharusnya dipecahkan justru menjadi kabur atau kurang jelas.

Rasional
Keputusan yang sifatnya rasional berhubungan dengan daya guna. Masalah yang dihadapi memerlukan pemecahan rasional. Keputusan yang dibuat dengan dasar pertimbangan rasional lebih bersifat objektif.

Gaya Pengambilan Keputusan
Gaya pengambilan keputusan adalah bagaimana seseorang melakukan intepretasi, merespon dan juga cara seseorang bereaksi kepada situasi yang dihadapinya. Menurut Kuzgun, terdapat empat gaya pengambilan keputusan, antara lain:

Rational (Rasional)
Gaya pengambilan keputusan ini ditandai dengan strategi yang sistematis dan berencana dengan orientasi masa depan yang jelas.

Intuitive (Intuisi)
Gaya pengambilan keputusan ini ditandai dengan ketergantuan terhadap pengalaman batin, fantasi dan kecenderungan untuk mengambil keputusan dengan cepat tanpa banyak pertimbangan atau pengumpulan informasi.

Dependent (Dependen)
Gaya pengambilan keputusan ini, menolak tanggung jawab terhadap pilihan mereka dan melibatkan tanggung jawab kepada orang lain. Dengan bahasa lain, gaya ini cenderung pada keputusan orang lain yang mereka anggap sebagai figur otoritas seperti orang tua, keluarga dan teman.

Indecisiveness (Keraguan)
Gaya pengambilan keputusan ini lebih mengarah kepada menghindari situasi pengambilan keputusan atau tanggung jawab terhadap orang lain.

Pengertian Pengambilan Keputusan, Dasar, Gaya, Faktor, Proses

Faktor Pengambilan Keputusan

Syamsi menyatakan terdapat beberapa faktor yang menjadi pengaruh dalam pengambilan keputusan, antara lain:

  • Keadaan internal
  • Tersedianya informasi dibutuhkan
  • Kondisi ekstrem
  • Kepribadian dan kecakapan pengambilan keputusan

Proses Pengambilan Keputusan

Kotler (2000:223), tahapan proses pengambilan keputusan adalah:

  • Identifikasi masalah
  • Pengumpulan dan menganalisis masalah
  • Pembuatan alternatif-alternatif kebijakan
  • Pemilihan salah satu alternatif terbaik
  • Pelaksaan keputusan

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Pengambilan Keputusan, Dasar, Gaya, Faktor & Prosesnya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi