Home » √ Pengertian Perilaku Konsumen, Ruang Lingkup, Teori & Pendekatannya
√ Pengertian Perilaku Konsumen, Ruang Lingkup, Teori & Pendekatannya
Pengertian Perilaku Konsumen, Ruang Lingkup, Teori & Pendekatannya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Perilaku Konsumen. Yang meliputi pengertian, ruang lingkup, teori dan pendekatan perilaku konsumen dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Perilaku Konsumen, Ruang Lingkup, Teori & Pendekatannya
Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.
Pengertian Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen merupakan sebuah proses yang dijalankan oleh individu ataupun, kelompok dalam semua hal misalnya membeli, mencari, menilai dan memakai sampai membuat suatu produk yang sudah melalui proses konsumsi.
Perilaku konsumen akan terlihat sebelum melakukan pembelian sampai kepada melakukan pembelian dan juga sesudah pembelian. Semua aktivitas atau kegiatan yang didalamnya ada tiga fase tersebut dinamakan dengan perilaku konsumen.
Yang dilakukan konsumen sebelum melakukan pembelian adalah mencari informasi yang banyak tentang produk yang hendak dibeli, sedangkan pada fase pembelian adalah konsumen melakukan transaksi dengan membeli produk yang diinginkan, dan unutk fase sesudah pembelian aktivitas yang dilakukan oleh seorang konsumen adalah mengadakan penilaian, memakai produk tersebut dan juga membuang produk yang tidak diperlukan.
Teori perilaku konsumen yang diterapkan dalam penjelasan dan peramalan produk yang akan dipilih oleh konsumen (rumah tangga), di tingkat pendapatan dan harga tertentu. Selain itu, teori ini juga dimanfaatkan untuk memperoleh kurva permintaan.
Pengertian Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli
Berikut ini adalah definisi dari perilaku konsumen menurut ahlinya, silahkan disimak.
1. John C. Mowen dan Michael Minor
Pengertian perilaku konsumen menurut John C. Mowen dan Michael Minor adalah suatu studi tentang unit pembelian (buying unit) dan proses pertukaran yang melibatkan perolehan, konsumsi, berbagai produk, jasa dan pengalaman dan juga ide-ide.
2. Shiffman dan Kanuk
Pengertian perilaku konsumen menurut Shiffman dan Kanuk adalah studi yang mengkaji bagaimana individu membuat keputusan membelanjakan sumber daya yang tersedia dan dimiliki (waktu, uang dan usaha) untuk mendapatkan barang atau jasa yang akan dikonsumsi.
3. Shiffman dan Kanuk (2000)
Pengertian perilaku konsumen menurut Shiffman dan Kanuk adalah proses yang dilalui oleh seorang dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan bertindak pasca konsumsi produk, jasa maupun ide yang diharapkan bisa memenuhi kebutuhannya.
Ruang Lingkup Perilaku Konsumen
Ruang lingkup perilaku konsumen meliputi produk apa yang mereka beli, alasan apa mereka membeli produk itu. Kapan waktu yang baik untuk membeli produk tersebut, dan juga dimana tempat yang tepat untuk membeli produk dan berapa lama mereka membeli dan juga berapa lama mereka menggunakannya.
Teori Perilaku Konsumen
Teori perilaku konsumen berbunyi:
“Bagaimana seorang individu atau kelompok dengan pendapatan yang diperolehnya selama jangka waktu tertentu dan pendapatan tersebut mampu membeli berbagai jenis produk baik barang maupun jasa sehingga tercapailah sebuah kepuasan tertentu sesuai dengan yang diharapkan oleh konsumen”
Pendekatan Perilaku Konsumen
Ada dua pendekatan perilaku konsumen yakni pendekatan kardinal dan pendakatan ordinal.
Pendakatan Kardinal
Pendakatan kardinal merupakan pendekatan yang mengandung analisis konsumen yang berdasar kepada asumsi yang menyatakan bahwa, tingkat kepuasan yang didapat konsumen dapat diukur dengan satuan tertentu, seperti jumlah dan harga.
Pendekatan kardinal sering dinamakan dengan daya guna marginal. Pada pendekatan kardinal ada beberapa poin yang harus diperhatikan, antara lain:
Satuan ukur bisa digunakan untuk mengukur kepuasan konsumen
Jumlah barang yang dikonsumsi berbanding lurus dengan kepuasan konsumen, maksudnya semakin banyak jumlah barang yang dikonsumsi maka semakin besar juga tingkat kepuasan konsumen.
Dalam perilaku konsumen terjadi hukum Gossen, yang artinya adalah terdapat penurunan yang terjadi pada tingkat kepuasan konsumen
Tingkat kepuasan sebanding lurus dengan harga sebuah produk. Artinya ketika konsumen hendak memperoleh tingkat kepuasan yang tinggi maka mereka harus rela mengeluarkan uang yang banyak, begitu juga sebaliknya pada saat konsumen hanya ingin mengeluarkan sedikit uang maka tingkat kepuasannya juga tidak akan meningkat.
Pendekatan Ordinal
Pendekatan ordinal merupakan sebuah pendekatan yang berfungsi untuk mengukur kepuasan konsumen dengan angka ordinal atau relatif. Dalam pendekatan ordinal, tidak dibutuhkan pengukuran untuk daya guna sebuah barang, cukup untuk diketahui dan konsumen bisa membuat urutan tinggi rendahnya daya guna yang didapat dari mengkonsumsi sekelompok barang.
Tingkat kepuasan konsumen bisa dihitung dengan menggunakan kurva indeferens yang mempunyai ciri-cici dibawah ini:
Mempunyai tingkat kemiringan yang negatif, ini berarti konsumen cenderung mengurangi konsumsinya kepada benda satu ketika benda lainnya yang dikonsumsi jumlahnya meningkat.
Kurva cenderung cembung ke arah titik asal, hal tersebut memberi gambaran bahwa sebuah perbedaan antara jumlah proporsi yang harus konsumen korbankan untuk mengubah kombinasi dari jumlah masing-masing barang yang dikonsumsinya atau disebut juga marginal rate of subtitution.
Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli dan Cirinya… Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli dan Cirinya (Terlengkap) - Disini akan membahas mengenai apa itu Inovasi, pasti kita sudah sering mendengar kata inovasi tersebut. Inovasi ialah sesuatu yang baru diciptakan dan berbeda dari yang sebelumnya.…
√ Pengertian Kelompok, Contoh, Jenis Beserta Perbedaannya Pengertian Kelompok, Contoh, Jenis Beserta Perbedaannya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Pengertian Kelompok. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian kelompok, contoh, jenis beserta perbedaannya…
√ Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis &… Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis & Dampaknya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang media sosial. Yang meliputi pengertian, karakteristik, fungsi, jenis-jenis dan dampak dari media sosial dengan…
√ Pengertian Interaksi Sosial, Syarat, Ciri dan Bentuknya… Pengertian Interaksi Sosial, Syarat, Ciri dan Bentuknya (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Interaksi Sosial. Yang meliputi pengertian, syarat, ciri-ciri, faktor yang mempengaruhi dan bentuk interaksi dengan…
Penyebab Kelangkaan : Pengertian, Jenis Kelangkaan dan Cara… Penyebab Kelangkaan : Pengertian, Jenis Kelangkaan dan Cara Mengatasinya - Apa saja penyebab kelangkaan suatu Produk ataupun Jasa ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Kelangkaan beserta hal-hal yang…
√ Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat,… Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat, Strategi, Karakteristik dan Implementasinya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang experiential marketing. Yang meliputi pengertian experiential marketing yang dikemukakan oleh para ahli,…
9 Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli, Ciri &… 9 Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli, Ciri & Fungsinya - Berbicara mengenai struktur sosial, kita pasti mengidentikkannya dengan kemiskinan dan kekayaan. Mengapa harus demikian? Memangnya apa sebenarnya makna dari struktur…
√ 26 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan… 26 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Sosialisasi. Penjelasan yang berdasarkan pendapat para ahli yang akan dibahas dengan lengkap dan mudah…
Cerpen Persahabatan : Pengertian ,Tips Menulis dan Contohnya Cerpen Persahabatan : Pengertian ,Tips Menulis dan Contohnya - Cerpen Persahabatan itu seperti apa?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Cerpen Persahabatan dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak bersama…
Contoh Teks Cerita Sejarah di Indonesia Contoh Teks Cerita Sejarah di Indonesia – Seperti apa Contoh dari Cerita Sejarah?Pada kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas Contoh Cerita sejarah beserta strukturnya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di…
Zaman Renaissance Zaman Renaissance : Pengertian, Sejarah, Latar Belakang dan Para Tokohnya - Apa yang di maksud dengan zaman renaissance? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang juga…
Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli : Ciri, Syarat… Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli : Ciri, Syarat dan Macam-Macam Kelompok Sosial - Apa yang dimaksud Kelompok Sosial ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apa itu kelompok sosial menurut apara…
Kerajinan Dari Bahan Keras : Pengertian, Jenis, Teknik,… Kerajinan Dari Bahan Keras : Pengertian, Jenis, Teknik, Tahapan Cara Membuat dan Contohnya - Apa itu kerajinan dari bahan keras ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal-hal…
Ambassador Adalah : Pengertian, Karakteristik, Peranan dan… Ambassador Adalah : Pengertian, Karakteristik, Peranan dan Manfaat - Pernah dengar kata Ambassador ? Pasti pernah bukan?Menurut KBBI,ambassador artinya adalah duta besar ,Tapi yang di maksud adalah duta besar untuk…
Syarat Menjadi Resseler : Pengertian, Keuntungan dan… Syarat Menjadi Resseler : Pengertian, Keuntungan dan Kerugian Resseler - Tahukah kalian apa arti Reseller dan syaratnya ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apa itu syarat menjadi resseler dan unsur -unsur…
Kata Kata Bijak Islami Kata Kata Bijak Islami - Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Kata Kata Bijak Islami dan contohnya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat…
Pelanggan Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli,… Pelanggan Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Karakteristik, dan Tipe - Tentunya kita tahu apa arti pelanggan,namun mungkin belum mengetahuinya lebih mendalam apa saja yang di maksud pelanggan ? Untuk pembahasan…
Landasan Teori : Pengertian, Jenis dan Cara Penulisannya Landasan Teori : Pengertian, Jenis dan Cara Penulisannya- Apakah itu landasan teori ?,Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada…
√ Pengertian Manajemen Persediaan, Tujuan dan Model… Pengertian Manajemen Persediaan, Tujuan dan Model Pendekatannya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen Persediaan. Yang meliputi pengertian, tujuan dan model pendekatan manajemen persediaan dengan pembahasan lengkap dan…
√ Pengertian Kelompok Sosial dan Ciri-cirinya (Pembahasan… Pengertian Kelompok Sosial dan Ciri-cirinya (Pembahasan Lengkap) – Untuk pembahasan kali ini kita akan mulai membahas mengenai Kelompok sosial. Apa itu kelompok sosial? Untuk itulah disini akan dijelaskan agar para pembaca…
√ Retail : Pengertian, Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenisnya Retail : Pengertian, Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenisnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Retail. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian retail, menurut para ahli,…
Cerpen Motivasi : Pengertian, Tips Menulis dan Contohnya Cerpen Motivasi : Pengertian, Tips Menulis dan Contohnya - Cerpen Motivasi itu seperti apa?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Cerpen Persahabatan dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak…
Interseksi Adalah : Bentuk, Penghubung, Dampak, Ciri, Contoh… Interseksi Adalah : Bentuk, Penghubung, Dampak, Ciri, Contoh Dan Hubungannya Dengan Konsolidasi - Apakah yang di maksud dengan interseksi ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya rumus lain…
√ Pengertian Loyalitas, Karakteristik, Pembentukan dan… Pengertian Loyalitas, Karakteristik, Pembentukan dan Faktornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Loyalitas. Yang meliputi pengertian, karakteristik, pembentukan dan faktor yang mempengaruhi loyalitas dengan pembahasan lengkap dan mudah…
√ Pengertian Harga Diri, Aspek, Sumber, Komponen, Faktor dan… Pengertian Harga Diri, Aspek, Sumber, Komponen, Faktor dan Cara Menumbuhkannya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang harga diri. Yang meliputi pengertian harga diri, pentingnya harga diri, aspek dan…
√ Teks Ulasan : Pengertian, Tujuan, Struktur dan Contohnya Teks Ulasan : Pengertian, Tujuan, Struktur dan Contohnya - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Teks Ulasan. Yang mana menjelaskan pengertian teks ulasan, tujuan, ciri, struktur, jenis dan…
Label Adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Ketentuan Label… Label Adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Ketentuan Label Produk, Menurut Para Ahli - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Label. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan…
Contoh Soal Penjas Kelas 11 (XI) SMA/MA/SMK Semester 1 dan 2 Contoh Soal Penjas Kelas 11 (XI) SMA/MA/SMK Semester 1 dan 2 (2019 dan 2020) - Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas contoh Soal Penjas Kelas 11 Pilihan Ganda dan Essay…
6 Konsep Pemasaran, jenis Dan Tujuannya (Pembahasan Lengkap) 6 Konsep Pemasaran, jenis Dan Tujuannya (Pembahasan Lengkap) – Setelah sebelumnya kita membahas tentang pengertian pemasaran, kali ini kita fokuskan kembali mengenai konsep-konsep pemasaran. Dimana konsep pemasaran merupakan falsafah perusahaan…
Makalah : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis, Struktur, Cara… Makalah : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis, Struktur, Cara Membuat dan Contoh - Apa yang di maksud dengan Makalah dan bagaimana Penulisannya yang baik dan benar ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan…