√ Pengertian Kelenjar Prostat, Struktur Anatomi & Bagian Kelenjarnya

Pengertian Kelenjar Prostat, Struktur Anatomi & Bagian Kelenjarnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Kelenjar Prostat. Yang meliputi pengertian, struktur anatomi dan bagian kelenjar prostat dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Kelenjar Prostat, Struktur Anatomi & Bagian Kelenjarnya

Untuk lebih lengkapnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Kelenjar Prostat

Kelenjar prostat atau kelenjar eksokrin merupakan kelenjar ukurannya sebesar buah kenari yang berada diantara tulang kemih dan penis, di depan rektum.

Organ ini memiliku fungsi untuk memproduksi dan menyimpan sejenis cairan yang sebagaian besar air mani (semen). Cairan yang dikeluarkan prostat mengandung nutrisi dan melindungi sperma.

Selama ejakulasi, prostat akan mengeluarkan cairan ini melewati uretra bersamaan dengan sperma membentuk cairan mani (semen).

Fungsi Kelenjar Prostat

Fungsi penting kelenjar prostat adalah untuk mengeluarkan 30% – 35% atau sepertiga cairan dari air mani. Cairan itu memiliki fungsi nutrisi dan melindungi dari sperma supaya dapat bertahan dalam lingkungan vagina.

Prostat berisikan jaringan otot polos, menjadikan ikut membantu untuk memompa air mani keluar lewat penis dengan kekuatan yang cukup untuk masuk ke dalam vagina dalam membantu sperema membuahi ovum.

Dan juga, prosta yang menyelububgi bagian uretra dapat menjadi katup yang mencegah urin keluar apabila ada rangsangan buah air kecil. Sistem saraf pada prostat juga akan membantuk proses terjadinya ereksi penis.

Struktur Kelenjar Prostat

Prostat berbentuk segitiga terbalik dengan memiliki ukuran panjang sekitar 4 cm, lebar 3 cm dan tengah 2,5 cm dan juga mempunyai berat sekitar 20 gram.

Kelenjar prostat adalah kelenjar fibromuskuler, yakni seratbut otot polos yang bertemu dengan serat kolegen dan elastik, kelenjar ini terselubung oleh kapsula prostatika, yakni suatu jaringan fibrosa yang memiliki kandungan pembuluh darah dan saraf dan vagina prostatika atau jaringan fibrosa.

Beberapa bagian kelenjar prostat tersusun atas 30-50 komponen kelenjar tubuloasinar atau tubulo alveolar kecil bercabang. Dinding pelapis prostat merupakan dinding mukosa, submukosa dan lapisan perifer yang tersusun atas kelenjar utama penyusun prostat.

Jaringan Epitel yang menjadi pelapis prostat biasanya dalam bentuk Simpleks Kolumnar atau Pseudostraficatum kolumnar. Tetapi terdapat beberapa bagian yang dilapisi oleh epitel skuamosum atau epitel kuboid.

Prostat menerima suntikan nutrisi dan oksigen berasal dari arteri prostat. Persarafannya bersumber dari pleksus prostatikus yang bisa berbentuk rangsangan simpatis atau parasimpatis.

Bagian-bagian Kelenjar Prostat

Kelenjar prostas dikategorikan menjadi lima lobus, antara lain:

Lobus Aterior/Isthmus (Depan)
Adalah lobus yang berada didepan uretra dan tidak mempunyai jaringan kelenjar.

Lobus Medius (Tengah)
Adalah lobus yang berada diantara uretra dan duktus ejakulatorius, lobus ini banyak mengandung jaringan kelenjar

Lobus Posterior (Belakang)
Adalah lobus yang berada di belakang uretra dan dibawah duktus ejakulatorius, lobus ini juga banyak mengandung jaringan kelenjar

Lobus Lateral Kanan
Adalah lobus yang berada di sebelah kanan uretra yang terpisah oleh alur dangkal pada permukaan belakang prostat. Lobus ini berisikan banyak jaringan kelenjar

Lobus Lateral Kiri
Adalah lobus yang berada disebelah kiri uretra yang terpisah oleh alur vertikal dangkal pada permukaan belakang prostat. Lobus ini berisi kandungan jaringan kelenjar yang banyak.

Pengertian Kelenjar Prostat, Struktur Anatomi, Bagian Kelenjar

Menurut Zonanya, prostas ini dibedakan menjadi beberapa zona, antara lain:

Zona Perifer (Zona Sisi)
Zona ini membuat 70% jaringan kelenjar prostan dan meliputi bagian postior serta lateral kelenjar tersebut. Zona perifer adalah zona yang sangat rentang terhadap indeksi ataupun peradangan.

Zona Transisional (Zona Pertengahan)
Zona ini membentuk 5-10% dari jaringan kelenjar

Zona Sentral (Zona Pusat)
Zona ini membentuk 25% dari jaringan kelenjar prostat. Zona sentral terdiri dari lapisan mukosa dan submukosa.

Zona Lain selain Komponen adalah zona stroma fibromuskular yang dapat disebut serabut otot polos bercampur dengan serat kolagen dan elastin yang berada didepan kelejar prostat.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Kelenjar Prostat, Struktur Anatomi & Bagian Kelenjarnya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi