√ Pengertian Semantik Menurut Para Ahli, Unsur & Jenisnya Lengkap

Pengertian Semantik Menurut Para Ahli, Unsur & Jenisnya Lengkap – Di pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Semantik. Yang meliputi pengertian, unsur, jenis-jenis semantik dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Semantik Menurut Para Ahli, Unsur & Jenisnya Lengkap

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Semantik

Semantik yaitu cabang linguistik yang mempelajari mengenai arti/makna yang terkandung di suatu bahasa, kode atau jenis representasi lain.

Dengan bahasa lain, semantik merupakan pembelajaran tentang makna. Seringkali semantik dihubungkan dengan dua aspek lain yakni sintaksis yakni pembentukan simbol kompleks dari simbul yang lebih sederhana, dan pragmatika yaitu pemakaian praktis simbol oleh komunitas pada konteks tertentu.

Pengertian lain dari semantik adalah pembelajaran tentang arti yang dipakai untuk memahami ekspresi manusia melalui bahasa. Bentuk lain dari semantik meliputi bahasa pemrograman, logika formal dan semiotika.

Pengertian Semantik Menurut Para Ahli

Dari pengertian secara umum diatas, kami juga menyertakan beberapa pengertian semantik yang dikemukakan oleh para ahli. Berikut lengkapnya.

1. Lyons (1968:400)

Pengertian Semantik menurut Lyons adalah The term semantics is of relatively origin, being coined in the late ningteenth century froma Greek verb meaning to signify. Artinya semantik adalah istilah asal yang relatif baru, yang diciptakan pada akhir abad kesembilan belas dari arti kata kerja Yunani yang diartikan untuk menandakan”)

2. Palmer (1981:1)

Pengertian Semantik menurut Palmer adalah Semantics is the technical term used to refer to the study of meaning, and since meaning is part of language, semantics is a linguistic. Artinya semantic adalah istilah yang merujuk dalam suatu studi tentang makna, dan karena makna merupakan bagian dari bahasa, sehingga semantik adlah bagian dari linguistik.

3. Kridalaksana (2001:1993)

Pengertian Semantik menurut Kridalaksana adlah bagian dari struktur bahasa yang berkaitan dengan makna ungkapan dan dengan struktur makna suatu wicara.

4. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian Semantik menurut KBBI adlah arti, maksud pembicara dan penulis, atau pengertian yang diberikan pada suatu bentuk pembahasan.

5. Kreidler (1998:3)

Pengertian Semantik menurut Kreidler adalah Semantics is the systematic study of meaning, and linguistic semantics is the study of how languages organize and express meanings. Artinya semanitk adalah studi sistematik makna, dan semantik linguistik adalah studi dari bagaimana bahasa mengorganisasi dan mengekspresikan makna.

6. Tarigan (1985:7)

Pengertian Semantik menurut Tarigan adalah semantik menelaah lambang atau tanda yang menyatakan makna, hubungan makna satu dengan yang lain, dan pengaruhnya terhadap manusia dan masyarakat.

7. Griffiths (2006:1)

Pengertian Semantik menurut Griffiths adalah Semantics is the study of the “toolkit” for meaning: knowledge encoded in the vocabulary of the language and in its patterns for building more eleborate meanings, up to the level of sentence meanings. Artinya semantik adalah studi tentang makana: pengetahuan tentang kode dalam kosakata bahasa dan pola untuk membangun makna yang lebih rumit, sampai ke tingkat makna kalimat.

8. Chaer (1994:60)

Pengertian Semantik menurut Chaer, dalam semantik yang dibahas adalah hubungan antara kata dengan konsep atau makna dari kata tersebut, serta benda atau hal yang dirujuk oleh makna itu yang berada diluar bahasa.

Unsur-Unsur Semantik

Dalam semantik, terdapat unsur-unsurnya, yaitu:

Tanda dan Lambang (Simbol)

Tanda dan lambang (simbol) adalah dua unsur yang ada dalam bahasa. Tanda dikembangkan menjadi suatu teori yang disebut dengan semiotik. Semiotik mempunyai tiga aspek yang berhubungan dengan ilmu bahasa, yakni aspek sintaksis, aspek pragmatik, aspek semantik.

Makna Leksikal dan Hubungan Referensial

Unsur leksikal merupakan unit terkecil dalam sistem makna sebuah ilmu bahasa dan keberadaannya bisa dibedakan dari unit terkceil lainnya.

Makna leksikal bisa dalam bentu categorematical dan syscategorematical, adlaah seluruh kata dan impleksi, kelompok ilmiah dengan arti makna struktural yang harus diartikan dalam satuan konstruksi. Sedangkan hubungan referensial merupakan hubungan yang ada antara suatu kata dan dunia luar bahasa yang diacu pembicaraan.

Penamaan

Penamaan adalah proses pencarian lambang bahasa untuk menggambarkan objek konsep, proses dan sebagainya. Seringkali dengan menggunakan perbendaraan yang ada, antara lain seperti dengan perubahan makna yang mungkin atau dengan pencitraan kata atua kelompok kata.

Jenis-Jenis Semantik

Jenis-jenis tipe atau macam-macam semantik antara lain:

Semantik Konseptual
Semantik konseptual yaitu makna denotatif atau makna kognitif yang merupakan faktor sentral dalam komunikasi bahasa. Hal ini dikarenakan terdapat makna konseptual yang mempunyai susunan yang amat kompleks dan rumit.

Semantik Gramatikal
Semantik gramatikal atau makna gramatikal sama halnya afiksasi, reduplikasi, komposisi, atau kalmatisasi. Contoh semantik gramatikal atau makna gramatikal yatu proses fiksasi prefiks “ber” dengan “baju” makna gramatikal yang didapat yaitu “mengenakan baju”

Semantik Referensial
Semantik referensial atau referensial merupakan makna di leksem yang berdasarkan pada referensi atua acuannya. Kata yang mempunyai makna referensial mempunyai acuan dikehidupan sekitarr. Contohnya makna referensial adalah pada kata ayam, merah dan sebagainya.

Semantik Istilah
Semantik istilah merupakan makna yang pasti, jelas, tidak meragukan walaupun konteks kalimat. Oleh sebab itu, istilah disebut bebas konteks, sedangkan kata tidak bebas konteks. Tetapi harus diingat bahwa istilah hanya dapat dipakai pada bidang keilmuan atau aktivitas tertentu.

Semantik Peribahasa
Semantik peribahasa merupakan makna yang masih dapat ditelusuri atau dilacak dari makna unsur-unsurnya karena ada “asosiasi” antara makna asli dengan makna peribahasa.

Semantik Asosiatif
Semantik asosiatif merupakan makna yang mempunyai suatu leksem atau kata yang berhubungan dengan terdapatnya hubungan kata dengan sesuatu yang ada diluar bahasa. Contoh makna asosiatif adalah kata merah berasosiasi dengan keberanian, kata “hitam” berasosiasi dengan kejahatan.

Semantik Denotatif
Makna denotatif merupakan makna asli, atau makna yang sebenarnya mempunyai suatu leksem. Sehingga makna denotatif ini sama dengan makna leksikal.

Makna Non Referensial
Makna non referensial merupakan makna yang tidak memiliki acuan atau referensi. Kata dan karena, supaya, tidak termasuk dalam kata yang mempunyai makna referensial karena tidak mempunyai referensi.

Makna Sempit
Makna sempit (narrowed meeaning) merupakan makna yang lebih sempit dari semua ujaran. Makna luas dapat menyempit atau suatu kata yang berasalnya mempunyai makna luas (generik) dapat bermakna sempit (spesifik) karena dibatasi.

Pengertian Semantik Menurut Para Ahli, Unsur, Jenis-Jenis

Makna Luas
Makna luas (widened meaning atau extended meaning) merupakan makna yang didalam di suatukata yang lebih luas dari diperkirakan.

Makna luas merupakan makna ujaran yang lebih luas dibanding makna pusatnya. Contoh makna luas yaitu makna sekolah di kalima “ia bersekolah lagi di sekolah” yang lebih luas dari makna “gedung tempat belajar”

Makna Kata
Definisi makna kata merupakan makna yang lebih jelas yang ada oleh sebuah kata jika kata demikian telah berada pada konteks kalimatnya atau konteks situasinya.

Makna Konotitatif
Makna konotitaf merupakan makna lain yang ditambahkan di makna denotatif yang ada di suatu leksem.

Makna Idiomatikal
Makna idiom merupakan satuan ujaran yang mempunyai makna tidak bisa “diramalkan” dari unsurnya, baik itu dengan leksikal ataupun juga secara gramatikal.

Makna Kias
Makna kias merupakan oposisi dari arti sebenarnya. Selurh bentuk bahasa baik kata, frase, maupun kalimat yang tidak merujuk pada arti sebenarnya baik arti leksikal, arti konseptual atau artik denotatif yang dinamakan mempunyai arti kiasan. Contoh makna kias yakni puteri malam yang bearti bulan dan raja siang berarti matahari.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Semantik Menurut Para Ahli, Unsur & Jenisnya Lengkap, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi