Pengertian Target Pasar, Manfaat, Faktor dan Contohnya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang target pasar. Yang meliputi pengertian target pasar, manfaat target pasar, faktor yang harus diperhatikan dalam target pasar dan contoh target pasar dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Target Pasar, Manfaat, Faktor dan Contohnya (Lengkap)
Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.
Pengertian Target Pasar
Target pasar merupakan suatu kelompok pelanggan yang menjadi sasaran pendekatan perusahaan supaya mau membeli produk yanag dipasarkannya. Target pasar juga bisa diartikan dengan suatu kelompok pembeli yang mempunyai sifat-sifat sama yang membuat pasar berdiri sendiri. Untuk menetapakn target pasar perusahaan harus menilai dengan hati segmen mana yang hendak dimasukan dan mengukur berapa segmennya.
Manfaat Target Pasar
Dengan diterapkannya target pasar, perusahaan dapat berkembang pada posisi porduk dan strategi marketing mix untuk setiap target pasar yang berhubungan. Target pasar sangat bermanfaat utamanya dalam:
- Mempermudah dalam penyesuaian produk dan strategi marketing mix (bauran pemasaran) yang dilakukan dengan target pasar.
- Mengembangkan posisi produk dan stratei marketing mix (bauran pemasaran)
- Dengan menjalankan indentifikasi dibagian pasar yang dapat dilayani dengan efektif, perusahaan bisa berada pada posisi yang lebih baik.
- Mengantisipasi terdapatnya persaingan
- Mengunakan sumber daya perusahaan yang terbatas secara efisien dan efektif.
- Menargetkan peluang pasar yang lebih luas
Faktor Yang Harus Diperhatikan Dalam Menentukan Target Pasar
Dalam penentuan target pasar ada lima faktor yang harus diperhatikan sebelum menetapkan segmen mana yang ingin dituju. Faktor tersebut diantaranya adalah berikut ini:
Ukuran Segmen
Perkiraan besarnya segmen yang ingin dituju adalah faktor yang penting untuk menentukan apakah segmen tersebut cukup menjanjikan untuk ditindak lanjuti. Perusahaan yang besar akan memilih segmen dengan jumlah penjualan besar dan cerderung membatasi atau menolak segmen yang kecil. Sebaliknya perusahaan kecil menghindari segmen yang besar disebabkan mereke membutuhkan sumber daya yang lebih banyak lagi.
Pertumbuhan Segmen
Faktor pertumbuhan segmen juga adalah salah satu faktor yuang harus menjadi perhatian dalam menetapkan target pasar. Walaupun ukuran suatu segmen sekarang ini relatif kecil, tetapi tidap menutup kemungkinan akan berkembang pada masa yang akan datang apabila terdapat tanda-tanda perkembangan yang positif.
Karena pada umumnya, segmen kecil adalah segmen pasar yang potensial. Seperti ketika dahulu tingkat usia 60 tahun ke atas tidak menjadi fokus pasar bagi perusahaan. Untuk sekarang ini banyak jasa dan produk yang dijual untuk segmen ini (usia 50 tahun keatas)
Analisis Situasi
Faktor selanjutnya yang harus menjadi perhatian adalah analisis situasi, perusahaan lebih dulu harus melakukan analisis situasi dengan teliti dan cermat. Analisis situasi antara lain berkaitan dengan konsumen, para pemasok dan para distributor. Seringkali perusahaan melakukan analisis situasi dengan analisis SWOT.
Sumber Daya Perusahaan
Faktor berikutnya yang harus menjadi perhatian dalam menentukan target pasar adalah sumber daya perusahaan. Perusahaan memperoleh sumber daya dari dalam perusahaan sendiri ataupun dengan bekerja sama dengan pihak luar. Adapun konsekuensi dari sumber daya yang diperoleh dari kerja sama dengan pihak luar adalah penghasilna dan resiko perusahaan ditanggung secara bersama-sama. Bentuk kerja sama dengan pihak luar bisa dijalankan dengan ventura atau dengan production sharing.
Biaya Yang Harus Dikeluarkan Untuk Mencapai Segmen
Suatu segmen harus disesuaikan dengan aktivitas pemasaran perusahaan, apabila segmen yang dikehendaki ternyata tidak cocok maka sebaikna tidak perlu dilakukan. Oleh karena itu identifikasi tentang segmen yang akan dituju dilakukan dengan teliti. Banyak contoh segmen yang sempat diperkirakan mempunyai potensi besar tetapi ternyata seperti yang diharapkan, sementara perusahaan telah mengeluarkan biaya yang banyak.

Contoh Target Pasar
Seperti kita memiliki bisnis pada bidang fashion untuk anak-anak, maka inilah contoh target pasarnya:
- Produk Yang Dijual
Pakaian anak-anak, penjualan secara online
- Target Pasar
Kota-kota bersar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Kota lain di pulau Jawa yang dapat terjangkau oleh kurir pengiriman barang maksimal dalam 4 hari.
- Target Demografi Pelanggan
Perempuan yang sudah berkeluarkan dan mempunyai anak kecil, dengan umur antara 25-35 tahun, mempunya pendapatan keluarga diatas 4 juta rupiah perbulan.
- Karakteristik Psikologis Pelanggan
Sering memakai komputer, email, internet dan sosial media. Mengikuti trend fashion anaka, hobi membaca majalah kesehatan anak.
Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Target Pasar, Manfaat, Faktor dan Contohnya (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.
Rekomendasi:
- Ekonomi Kreatif : Pengertian, Ciri, Jenis dan Sektornya Ekonomi Kreatif : Pengertian, Ciri, Jenis dan Sektornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Ekonomi Kreatif. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, jenis dan sektor ekonomi kreatif dengan pembahasan lengkap…
- √ Pengertian Promosi, Fungsi, Jenis & Contoh Promosi Lengkap Pengertian Promosi, Fungsi, Jenis & Contoh Promosi Lengkap - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang promosi. Penjelasan yang meliputi pengertian promosi, fungsi promosi, jenis promosi, contoh promosi yang akan…
- Kerajinan Dari Bahan Keras : Pengertian, Jenis, Teknik,… Kerajinan Dari Bahan Keras : Pengertian, Jenis, Teknik, Tahapan Cara Membuat dan Contohnya - Apa itu kerajinan dari bahan keras ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal-hal…
- √ Pengertian Struktur Modal, Komponen, Teori & Faktornya… Pengertian Struktur Modal, Komponen, Teori & Faktornya (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Struktur Modal. Yang meliputi pengertian struktur modal, komponen struktur modal, teori struktur modal, dan…
- √ Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis &… Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis & Dampaknya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang media sosial. Yang meliputi pengertian, karakteristik, fungsi, jenis-jenis dan dampak dari media sosial dengan…
- Iman Kepada Qada dan Qadar : Pengertian, Dalil, Hikmah dan… Iman Kepada Qada dan Qadar : Pengertian, Dalil, Hikmah dan Fungsinya - Apakah yang di maksud dengan Iman Kepada Qada dan Qadar ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan…
- √ Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik, Ciri, Sistem… Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik, Ciri, Sistem Harga, Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan Pasar Persaingan Monopolistik. Yang meliputi pengertian pasar persaingan monopolistik, ciri-rici, sistem harga,…
- Contoh Soal Seni Budaya Kelas 10 (X) SMA/MA/SMK Semester 1… Contoh Soal Seni Budaya Kelas 10 (X) SMA/MA/SMK Semester 1 dan 2 (2019 dan 2020)- Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas Soal Seni Budaya Kelas 10 Pilihan Ganda dan Essay…
- Tenis Meja : Pengertian, Sejarah, Teknik, Peralatan,… Tenis Meja : Pengertian, Sejarah, Teknik, Peralatan, Peraturan, Jenis Pukulan dan Sistem Skor - Apa saja yang kamu ketahui tentang Tenis Meja ? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas Apakah…
- Pengertian Pasar dan Jenis Pasar (Bahas Terlengkap) Pengertian Pasar dan Jenis Pasar (Bahas Terlengkap) - Dalam kehidupan kita sehari-hari kadang kita tidak menyadari bahwa hampir setiap harinya kita melakukan transaksi jual beli. Apalagi jika kita sedang berada diluar rumah,…
- √ 26 Pengertian Piutang Menurut Para Ahli (Pembahasan… 26 Pengertian Piutang Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang piutang. Penjelasan yang meliputi pengertian piutang yang berdasarkan pendapat para ahli yang lengkap dan…
- Pengertian Kewirausahaan, Ciri, Tujuan, Karakteristik dan… Pengertian Kewirausahaan, Ciri, Tujuan, Karakteristik, Tahapan dan Manfaatnya – Apa itu Pengertian Kewirausahaan ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya. Mari kita simak…
- Pelanggan Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli,… Pelanggan Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Karakteristik, dan Tipe - Tentunya kita tahu apa arti pelanggan,namun mungkin belum mengetahuinya lebih mendalam apa saja yang di maksud pelanggan ? Untuk pembahasan…
- √ 5 Pengertian Faktur, Fungsi, Jenis dan Contoh (Pembahasan… 5 Pengertian Faktur, Fungsi, Jenis dan Contoh (Pembahasan Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang faktur. Apa itu faktur, bagaimana fungsinya di aktivitas sehari-hari kita? Untuk itu ijinkanlah…
- Pidato Lingkungan : Pengertian, Tujuan, Karakteristik dan… Pidato Lingkungan : Pengertian, Tujuan, Karakteristik dan Contohnya - Bagaimana susunan teks pidato lingkungan yang baik dan benar ?, Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu hal-hal yang…
- √ Pengertian Bimbingan dan Konseling, Tujuan, Fungsi dan… Pengertian Bimbingan dan Konseling, Tujuan, Fungsi dan Asasnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Bimbingan dan Konseling. Yang meliputi pengertian, tujuan, fungsi, asas bimbingan dan konseling dengan pembahasan…
- √ Pengertian Riset Pasar, Jenis, Metode dan Contohnya… Pengertian Riset Pasar, Jenis, Metode dan Contohnya (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini Seputar Pengetahuan akan menjelaskan tentang Riset Pasar. Riset pasar berkaitan dengan riset pemasaran yaitu untuk mendapatkan kondisi pasar yang…
- Pasar Monopsoni : Pengertian, Ciri, Faktor Terbentuk,… Pasar Monopsoni : Pengertian, Ciri, Faktor Terbentuk, Keunggulan dan Kelemahannya - Apakah itu pasar monopsoni ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang juga melingkupinya.Mari…
- √ Pengertian Loyalitas, Karakteristik, Pembentukan dan… Pengertian Loyalitas, Karakteristik, Pembentukan dan Faktornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Loyalitas. Yang meliputi pengertian, karakteristik, pembentukan dan faktor yang mempengaruhi loyalitas dengan pembahasan lengkap dan mudah…
- √ Pengertian Perusahaan Perseorangan, Syarat, Ciri,… Pengertian Perusahaan Perseorangan, Syarat, Ciri, Kelebihan & Kekurangan serta Contohnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perusahaan perseorangan. Yang meliputi pengertian perusahaan perseorangan, syarat mendirikan perusahaan perseorangan, ciri-ciri…
- Pelanggan : Pengertian dan Jenisnya Pelanggan : Pengertian dan Jenisnya – Dalam menjalankan bisnis diperlukan pembeli yang akan membeli barang atau jasa yang di sediakan oleh perusahaan tersebut. Agar cepat terjual para konsumen yang datang harus…
- Cerpen Persahabatan : Pengertian ,Tips Menulis dan Contohnya Cerpen Persahabatan : Pengertian ,Tips Menulis dan Contohnya - Cerpen Persahabatan itu seperti apa?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Cerpen Persahabatan dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak bersama…
- √ Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat,… Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat, Strategi, Karakteristik dan Implementasinya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang experiential marketing. Yang meliputi pengertian experiential marketing yang dikemukakan oleh para ahli,…
- Personal Selling Adalah: Pengertian, Tujuan, Sifat, Jenis… Personal Selling Adalah : Pengertian, Tujuan, Sifat,Jenis dan Tahapannya - Personal selling terjadi ketika perusahaan mengirimkan salesman mereka untuk menjual atau menawarkan produk dan layanan dengan langsung bertatap muka.Pada kali…
- Permainan Bulu Tangkis : Sejarah, Teknik, Peraturan, Sarana… Permainan Bulu Tangkis : Sejarah, Teknik, Peraturan, Sarana Dan Prasarananya - Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas permainan bulu tangkis dan tentunya tentang hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak…
- √ Pengertian Kemasan Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan &… Pengertian Kemasan Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan & Jenisnya - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang kemasan. Pembahasan kali ini yaitu meliputi pengertian kemasan menurut para ahli, fungsi dari…
- 74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli 74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli – Manusia sejak lahir ke dunia sudah mendapatkan pendidikan hingga ia masuk ke bangku sekolah. kata pendidikan sudah tidak asing lagi ditelinga, karena semua…
- √ Pengertian Levearge, Jenis, Tujuan dan Manfaatnya Pengertian Levearge, Jenis, Tujuan dan Manfaatnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Levearge. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian levearge, tujuan, jenis, manfaatnya dengan secara…
- Tujuan Pameran : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis, Unsur… Tujuan Pameran : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis, Unsur dan Prinsip Pameran - Apa yang dimaksud dengan pameran atau exhibition? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Pameran dan hal yang…
- √ Pengertian Akuisisi, Jenis, Manfaat, Proses, Kelebihan dan… Pengertian Akuisisi, Jenis, Manfaat, Proses, Kelebihan dan Kekurangannya - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Akuisisi. Apa itu akuisisi, jenis-jenisnya, manfaatnya, proses akusisi itu bagaimana, kelebihan dan kekurangan akuisisi…