√ Pengertian Target Pasar, Manfaat, Faktor dan Contohnya (Lengkap)

Pengertian Target Pasar, Manfaat, Faktor dan Contohnya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang target pasar. Yang meliputi pengertian target pasar, manfaat target pasar, faktor yang harus diperhatikan dalam target pasar dan contoh target pasar dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Target Pasar, Manfaat, Faktor dan Contohnya (Lengkap)

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Target Pasar

Target pasar merupakan suatu kelompok pelanggan yang menjadi sasaran pendekatan perusahaan supaya mau membeli produk yanag dipasarkannya. Target pasar juga bisa diartikan dengan suatu kelompok pembeli yang mempunyai sifat-sifat sama yang membuat pasar berdiri sendiri. Untuk menetapakn target pasar perusahaan harus menilai dengan hati segmen mana yang hendak dimasukan dan mengukur berapa segmennya.

Manfaat Target Pasar

Dengan diterapkannya target pasar, perusahaan dapat berkembang pada posisi porduk dan strategi marketing mix untuk setiap target pasar yang berhubungan. Target pasar sangat bermanfaat utamanya dalam:

  • Mempermudah dalam penyesuaian produk dan strategi marketing mix (bauran pemasaran) yang dilakukan dengan target pasar.
  • Mengembangkan posisi produk dan stratei marketing mix (bauran pemasaran)
  • Dengan menjalankan indentifikasi dibagian pasar yang dapat dilayani dengan efektif, perusahaan bisa berada pada posisi yang lebih baik.
  • Mengantisipasi terdapatnya persaingan
  • Mengunakan sumber daya perusahaan yang terbatas secara efisien dan efektif.
  • Menargetkan peluang pasar yang lebih luas

Faktor Yang Harus Diperhatikan Dalam Menentukan Target Pasar

Dalam penentuan target pasar ada lima faktor yang harus diperhatikan sebelum menetapkan segmen mana yang ingin dituju. Faktor tersebut diantaranya adalah berikut ini:

Ukuran Segmen

Perkiraan besarnya segmen yang ingin dituju adalah faktor yang penting untuk menentukan apakah segmen tersebut cukup menjanjikan untuk ditindak lanjuti. Perusahaan yang besar akan memilih segmen dengan jumlah penjualan besar dan cerderung membatasi atau menolak segmen yang kecil. Sebaliknya perusahaan kecil menghindari segmen yang besar disebabkan mereke membutuhkan sumber daya yang lebih banyak lagi.

Pertumbuhan Segmen

Faktor pertumbuhan segmen juga adalah salah satu faktor yuang harus menjadi perhatian dalam menetapkan target pasar. Walaupun ukuran suatu segmen sekarang ini relatif kecil, tetapi tidap menutup kemungkinan akan berkembang pada masa yang akan datang apabila terdapat tanda-tanda perkembangan yang positif.

Karena pada umumnya, segmen kecil adalah segmen pasar yang potensial. Seperti ketika dahulu tingkat usia 60 tahun ke atas tidak menjadi fokus pasar bagi perusahaan. Untuk sekarang ini banyak jasa dan produk yang dijual untuk segmen ini (usia 50 tahun keatas)

Analisis Situasi

Faktor selanjutnya yang harus menjadi perhatian adalah analisis situasi, perusahaan lebih dulu harus melakukan analisis situasi dengan teliti dan cermat. Analisis situasi antara lain berkaitan dengan konsumen, para pemasok dan para distributor. Seringkali perusahaan melakukan analisis situasi dengan analisis SWOT.

Sumber Daya Perusahaan

Faktor berikutnya yang harus menjadi perhatian dalam menentukan target pasar adalah sumber daya perusahaan. Perusahaan memperoleh sumber daya dari dalam perusahaan sendiri ataupun dengan bekerja sama dengan pihak luar. Adapun konsekuensi dari sumber daya yang diperoleh dari kerja sama dengan pihak luar adalah penghasilna dan resiko perusahaan ditanggung secara bersama-sama. Bentuk kerja sama dengan pihak luar bisa dijalankan dengan ventura atau dengan production sharing.

Biaya Yang Harus Dikeluarkan Untuk Mencapai Segmen

Suatu segmen harus disesuaikan dengan aktivitas pemasaran perusahaan, apabila segmen yang dikehendaki ternyata tidak cocok maka sebaikna tidak perlu dilakukan. Oleh karena itu identifikasi tentang segmen yang akan dituju dilakukan dengan teliti. Banyak contoh segmen yang sempat diperkirakan mempunyai potensi besar tetapi ternyata seperti yang diharapkan, sementara perusahaan telah mengeluarkan biaya yang banyak.

Pengertian Target Pasar, Manfaat, Faktor Yang Harus Diperhatikan, Contoh

Contoh Target Pasar

Seperti kita memiliki bisnis pada bidang fashion untuk anak-anak, maka inilah contoh target pasarnya:

  • Produk Yang Dijual
    Pakaian anak-anak, penjualan secara online
  • Target Pasar
    Kota-kota bersar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Kota lain di pulau Jawa yang dapat terjangkau oleh kurir pengiriman barang maksimal dalam 4 hari.
  • Target Demografi Pelanggan
    Perempuan yang sudah berkeluarkan dan mempunyai anak kecil, dengan umur antara 25-35 tahun, mempunya pendapatan keluarga diatas 4 juta rupiah perbulan.
  • Karakteristik Psikologis Pelanggan
    Sering memakai komputer, email, internet dan sosial media. Mengikuti trend fashion anaka, hobi membaca majalah kesehatan anak.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Target Pasar, Manfaat, Faktor dan Contohnya (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi