√ Pengertian Reklamasi, Tujuan, Manfaat, Dampak, Proses & Contohnya

Pengertian Reklamasi, Tujuan, Manfaat, Dampak, Proses & Contohnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang reklamasi. Yang meliputi pengertian reklamasi, tujuan, manfaat, dampak, proses dan contoh reklamasi yang akan dibahas lengkap dan ringan.

Pengertian Reklamasi, Tujuan, Manfaat, Dampak, Proses & Contohnya

Untuk lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Reklamasi

Pengertian dari reklamasi yaitu kegiatan penimbunan suatu areal dalam skala relatif luas sehingga sangat luas didaratan ataupun areal perairan untuk rencana tertentu.

Tujuan Reklamasi

Tujuan dari reklamasi yakni untuk membuat kawasan yang berair yang rusak atau belum dimanfaatkan menjadi kawasan baru yang lebih baik dan bermanfaat untuk segala keperluan ekonomi ataupun tujuan penting lain. Areal daratan baru tersebut dapat digunakan untuk permukiman, perindustrian, bisnis dan pertokoan, pelabuhan udara, perkotaan, pertanian, jalur transportasi alternatif, reservoir air tawar di pinggir pantai, kawasan pengelolaan limbah dan lingkungan terpadu serta dapat dijadikan sebagai tanggul perlindungan daratan lama dari ancaman abrasi atau menjadi kawasan wisata terpadu.

Ditinjau dari aspek lingkungan dan fisiknya, menurut Max Wigau, tujuan reklamasi adalah:

  • Untuk memulihkan tanah yang hilang karena gelombang laut.
  • Untuk memperoleh tanah baru di areal depan garis pantai untuk pendirian bangunan yang dapat dimanfaatkan sebagai benteng perlindungan garis pantai

Reklamasi dilaksanakan Negara atau kota besar yang mempunyai tingkat pertumbuhan dan kebutuhan lahan menginjak dengan pesat tetapi mendapatkan kendala terbatasnya lahan. Sehingga, pemekaran kota ke arah daratan yang sudah tidak mungkin, sehingga dibutuhkan daratan baru. Kecuali dengan reklamasi, jalan lain yang dapat dipakai untuk menyelesaikan keterbatasan lahan adalah dengan melaksanakan pemekaran ke arah vertikal dengan membangun gedung pencakar langit dan rumah susun.

Manfaat Reklamasi

Manfaat dilakukannya reklamasi adalah sebagai berikut:

  • Untuk negara atau kota besar dengan kepadatan penduduk yang tinggi, reklamasi bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah keterbatasan lahan dengan membuat bangunan lahan permukiman yang baru dengan mendapatkan tanah tanpa melakukan penggusuran penduduk.
  • Membuat kawasan berair atau lahan tambang yang rusak atau tidak bermanfat menjadi lebih baik dengan memanfaatkannya untuk lahan pemukiman, industri, bisnis dan pertokoan, pertanian, dan juga objek wisata.
  • Daerah yang direklamasi menjadi terlindung dari erosi karena konstruksi pengaman telah disiapkan sekuat mungkin untuk dapat menahan ombak
  • Daerah yang mempunyai ketinggian di bawah permukaan air laut bisa terhindar dari banjir apabila dibuat tembok penahan air laut di sepanjang pantai
  • Tata kelola lingkungan yang baik dengan peletakan taman sesuai perencanaan dapat berfungsi sebagai area rekreasi yang menarik
  • Pesisir pantai yang dulunya rusak akan menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.

Dampak Reklamasi

Dampak dari reklamasi dibagi menjadi dua. Yaitu dampak positif dan dampak negatif, berikut penjelasannya:

Dampak Positif Reklamasi

Reklamasi bisa membuat negara atau kota besar terbantu dalam hal tersedianya lahan untuk segala keperluan atau pemekaran kota, penataan daerah pantai pengembangan wisata bahari dan lain-lainnya.

Dampak positif reklamasi antar lain bisa meningkatkan kualitas dan nilai ekonomi kawasan pesisir, berkurangnya lahan yang tidak produktif, penambahan wilayah, melindungi pantai dari bahaya erosi, meningkatkan habitat perairan, menyerap tenaga kerja dan lain-lainnya.

Dampak Negatif Reklamasi

Dampak negatif adanya reklamasi yaitu adanya perubahan hidro-oseanografi, sedimentasi, meningkatnya kekeruhan air, tercemarnya laut, meningkatnya terjadinya banjir dan genangan di kawasan pesisir, rusaknya habitat dan ekosistem laut, sulitnya akses publik ke pantai dan juga kurangnya mata pencaharian

Dampak negatif reklamasi antara lain terjadinya banjir, kurangnya ketersediaan bahan urug, manfaat lahan menjadi berubah, ketersediaan air bersih berkurang, pencemaran udara, sistem pengolahan sampah, pengelolaan sistem transportasi dan pengaruhnya terhadap aktivitas yang telah ada.

Proses Reklamasi atau Metode Reklamasi

Adapun proses reklamai adalah sebagai berikut:

Sistem Timbunan

Reklamasi dengan sistem ini dilaksanakan dengan cara menimbun perairan pantai sampai muka lahan berada di atas muka air laut tinggi (high water level). Dua cara untuk melaksanakan reklamasi dengan sistem timbunan ini, yaitu:

  • Hydraulic-fill adalah tanggul dibuat lebih dulu, kemudian baru dilakukan pengurukan.
  • Blanket-fill adalah tanah diuruk lebih dulu, selanjutnya baru tanggul dibuat dalam galian tep

Sistem Polder

Reklamasi dilaksanakan dengan cara mengeringkan perairan yang akan direklamasi dengan cara memompa air yang ada di dalam tanggul kedap air untuk kemudia dibuang keluar dari daerah lahan reklamasi.

Lahan polder dibagi menjadi berpetak-petak, dengan parit-parit untuk mengalirkan air menuju parit utama, kemudian dipompa ke daerah yang lebih tinggi dan dibuang ke laut.

Bangunan tanggul dibuat pada semua lahan polder keliling untuk melindungi lahan polder dari air. Metode ini dapat dilakukan dengan memakai backhoe dredger dan cutter suction dredger.

Sistem Kombinasi Polder Dan Timbunan

Dengan sistem ini reklamasi dilakukan dengan cara sesudah lahan diperoleh dengan metode pemompaan, kemudian lahan ditimbun hingga ketinggian tertentu sehingga perbedaan elevasi antara lahan reklamsi dan muka air laut tidak besar.

Sistem Drainase

Dengan sistem ini reklamasi digunakan pada kawasan pesisir yang datar dan lebih rendah dari kawasan sekitarnya tetapi elevasi muka tanahnya masih lebih tinggi dari elevasi muka air laut.

Pengertian Reklamasi, Tujuan, Manfaat, Dampak, Proses, Contoh

Contoh Reklamasi

Di beberapa negara dan daerah di Indonesia ada yang sudah dan dalam proses reklamasi, antara lain

  • Reklamasi Pulau Sentosa, Negara Singapura
  • Reklamasi Pantai Losari, Makasar
  • Reklamasi Teluk Benoa, Bali
  • Reklamasi Pelabuhan Balik Papan
  • Reklamasi Pulau Nipa, Kep. Riau
  • Reklamasi Teluk Palu, Sulawesi Tengah
  • Reklamasi Dermaga Logistik, Balik Papan
  • Reklamasi Pantai Utara, Jakarta
  • Reklamasi Palm Jumeirah, Dubai
  • Reklamasi Hongkong
  • Reklamasi Belanda

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Reklamasi, Tujuan, Manfaat, Dampak, Proses & Contohnya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.

Daftar Isi