√ 29 Pengertian Knowledge Management Menurut Para Ahli (Lengkap)

29 Pengertian Knowledge Management Menurut Para Ahli (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang knowledge management atau manajemen pengetahuan. Penjelasan yang didasarkan oleh pendapat para ahli dengan lengkap dan mudah dipahami.

29 Pengertian Knowledge Management Menurut Para Ahli (Lengkap)

Untuk lebih lengkapnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Knowledge Managemen/Manajemen Pengetahuan Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari Knowledge Management menurut ahlinya.

1. David Gurteen (2012)

Pengertian Knowledge Management menurut David Gurteen adalah perasaan manusia untuk melakukan proses berbagi pengetahuan, serta belajar dan bekerja sama secara lebih efektid, sebagai sebuah proses yang secara mental menyenangkan (fung mentality)

2. American Productivity and Quality Cente (Foo dkk, 2007)

Pengertian Knowledge Management menurut American Productivity and Quality Cente adalah strategi dan proses identifikasi, penangkapan, dan pengungkitan pengetahuan organisasi.

3. Jann Dan Lantu (2006)

Pengertian Knowledge Management menurut Jann Dan Lantu adalah proses sistematik untuk menemukan, memilih, mengorganisasikan, menyarikan, dan menyajikan pengetahuan dengan cara tertentu, sehingga para pekerja mampu memanfaatkan dan meningkatkan penguasaan pengetahuan dalam suatu bidang kajian yang spesifik, untuk kemudia ada proses institusional agar pengetahuan yang diciptakan menjadi pengetahuan perusahaan.

4. CWA (2004)

Pengertian Knowledge Management menurut CWA adalah aktivitas manajemen dan proses untuk mengungkit tumbuh kembangnya pengetahuan dalam organisasi dengan mengelola pengetahuan untuk meningkatkan daya kompetensi perusahaan melalui perbaikan proses penciptaan dan penggunaan pengetahuan individual maupun organisasional.

5. Carl Davidson dan Philip Voss (2003)

Pengertian Knowledge Management menurut Carl Davidson dan Philip Voss adalah cara bagaimana organisasi mengelola karyawan mereka, mengidentifikasi pengetahuan yang dimiliki, menyimpan dan membagikannya kepada tim, meningkatkan kualitas dan nilai dari pengetahuan tersebut untuk menghasilkan inovasi berbasi pengetahuan.

6. Bryan Bergeron (2003)

Pengertian Knowledge Management menurut Bryan Bergeron adalah alat bantu manajemen untuk mendukung suksesnya strategi bisnis perusahaan, untuk memaksimumkan capaian kinerja perusahaa, dengan pendekatan sistematik dalam mengelola aset intelektual perusahaan dan/atau pengetahuan sehingga perusahaan memiliki competitive advantages.

7. Dimttia dan Oder (2001)

Pengertian Knowledge Management menurut Dimttia dan Oder adalah prose menangkap keterampilan organisasi kolektif, tidak peduli di mana pengetahuan yang baik dalam database, di koran, atau di kepala orang, dan kemudia mendistribusikan pengetahuan bahwa di mana pun yang mungki mengarah pada pencapaian terbesar.

8. Townley (2001)

Pengertian Knowledge Management menurut Townley adalah serangkaian prose menciptakan dan berbagi pengetahuan di seluruh organisasi untuk mengoptimalkan pencapaian misi dan tujuan organisasi.

9. Bock (2001)

Pengertian Knowledge Management menurut Bock adalah program manajemen untuk mengelola dan menyatukan sekumpulan aktivitas akuisisi, penciptaan dan pembagian pengetahuan.

10. UNDP

Pengertian Knowledge Management menurut UNDP adalah program kerja untuk menjalankan proses penangkapan, penyimpanan dan berbagai pengetahuan, karenanya kita akan dapat melakukan proses belajar dari pengalaman kerjanya yang digunakan untuk menyonsong masa depannya.

11. Havard College (1999)

Pengertian Knowledge Management menurut Havard College adalah suatu prose terhormat dan terarah dalam mencerna informasi yang telah dimiliki suatu perusahaan, dan mencari apa yang dibutuhkan oleh masing-masing individu di dalam perusahaan tersebut, untuk kemudia mempfasilitasinya agar mudah diakses dan selalu tersedia bilaman dibutuhkan.

12. Newman dan Conrad (1999)

Pengertian Knowledge Management menurut Newman dan Conrad adalah suatu disiplin yang menari penigkatan kinerja individual dan organisasi dengan mengelola dan mengungkit nilai saat ini dan nilai yang akan datang dari pengetahuan.

13. Davenport dan Prusak (1998)

Pengertian Knowledge Management menurut Davenport dan Prusak adalah sebuah upaya untuk mencatat pengetahuan eksplisit faktual dan pengetahuan taksit yang ada di dalam perusahaan untuk mencapai objektif bisnis.

14. Delphi (1998)

Pengertian Knowledge Management menurut Delphi adalah praktik dan teknologi untuk memfasilitasi proses penciptaan dan pembagian pengetahuan.

15. Karl Erik Sveiby (1997)

Pengertian Knowledge Management menurut Karl Erik Sveiby adalah sebuah seni untuk menciptakan nilai organisasi dari aset intangible yang dimilikinya.

16. Anderson dan APQC (1996)

Pengertian Knowledge Management menurut Anderson dan APQC adalah sebuah prose pembelajaran orang dalam menggunakan informasi.

17. Nonaka dan Takeuchi (1994)

Pengertian Knowledge Management menurut Nonaka dan Takeuchi adalah alat manajeme yang membenarkan keyakinan bahwa pengetahuan menjadi aset untuk meningkatkan kapasitas organisasi agar mampu bekerja lebih efektif.

18. Karl Wiig (1999)

Pengertian Knowledge Management menurut Karl Wiig adalah sistematis, eksplisit dan disengaja, pembaharuan, dan penerapan pengetahuan untuk memaksimalkan efektivitas berkaitan dengan pengetahuan organisasi dan aset pengetahuan organisasi mengembalikan kembali.

19. Wikipedia

Pengertian Knowledge Management menurut Wikipedia adalah kumpulan perangkat, teknik dan strategi untuk mempertahankan, menganalisis, mengorganisasi, meningkatkan, dan membagikan pengertian dan pengalaman.

20. Yogesh Malhotra

Pengertian Knowledge Management menurut Yogesh Malhotra adalah sebuah proses dalam sebuah organisasi yang merupakan kombinasi yang sinergis antara data, kapasistas pemrosesan informasi dari teknologi dan kapasitas kreatif dan inovatif pikiran manusia. Atau dengan kata lain knowledge management adalah sebuah perpaduan antara teknologi dengan pikiran manusia.

21. Ellen Knap

Pengertian Knowledge Management menurut Ellen Knap adalah sebuah seni untuk mentransformasi informasi dan aset intelektual menjadi sebuah nilai yang bermanfaat bagi perusahaan dan orang-orang didalamynya.

22. R. Gregory Wenig

Pengertian Knowledge Management menurut R. Gregory Wenig adalah serangkaian aktivitas dalam sebuah organisasi yang terfokus untuk mendapatkan pengetahuan dari pengalaman sendiri dan pengalaman organisasi lain serta pengaplikasian pengetahuan tersebut untuk mencapai tujuan dari organisasi.

23. Tom Davenport

Pengertian Knowledge Management menurut Tom Davenport adalah proses mendapatkan, mendistribusikan dan secara efektif menggunakan pengetahuan.

24. Gupta (2000)

Pengertian Knowledge Management menurut Gupta adalah A process that helps organiztions find, select, disseminate, and transfer important information and expertise necessary for activities such as problem solving, dynamic learning, strategic planning and decision making.

25. Bhatt (2000)

Pengertian Knowledge Management menurut Bhatt adalah A process of knowledge creation, validation, presentation, distribution, and application.

29 Pengertian Knowledge Management Menurut Para Ahli

26. Jarvenspaa Dan Maki (2001)

Pengertian Knowledge Management menurut Jarvenspaa dan Maki adalah Creation of new knowledge, knowledge sharing and diffusion, and tools and methods to promote them.

27. www.km-forum.org

Pengertian Knowledge Management menurut www.km-forum.org adalah suatu disiplin ilmu yang digunakan untuk meningkatkan performa seseorang atau organisasi, dengan cara mengatur dan menyediakan sumber ilmu yang ada saat ini dan yang akand datang.

28. Webster

Pengertian Knowledge Management menurut Webster adalah Experience, Expertise, Interpretation, Intuition.

29. Nonaka (2000)

Pengertian Knowledge Management menurut Nonaka adalah Justified true bilief:”When somebody creates knowledge, he or she make sense out of a new situation by holding justified biliefs and commutting to them. Act of creating meaning.

Demikianlah telah dijelaskan tentang 29 Pengertian Knowledge Management Menurut Para Ahli (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung

Daftar Isi