Sejarah, Makna Dan Isi Teks Sumpah Pemuda Lengkap

Sejarah, Makna Dan Isi Teks Sumpah Pemuda Lengkap – Sudah sering kali kita dengar kata-kata sumpah pemuda atau isi dari sumpah pemuda tetapi terkadang kita tidak tahu dari makna tersebut dan juga terkadang kita tidak tahu apa saja isi dari teks Sumpah Pemuda.

Sumpah pemuda adalah sebuah ikrar kedaulatan bagi para pemuda yang berisi tentang 3 poin didalam teks sumpah pemuda, dan disetiap masing-masing poin sumpah tersebut merupakan sumpah bagi seluruh pemuda indonesia di dalam Pergerakan Pemuda dan juga Gerakan Wanita di Indonesia.

Pemuda lebih mempunyai peranan aktif didalam mengusir penjajah belanda dan kemudian memerdekakan indonesia. Didalam pergerakannya pemuda terlihat menggunakan berbagai cara yang mereka lakukan dari satu persatu munculnya organisasi-organisasi pemuda dan juga menyatukan organisasi-organisasi pemuda dan kemudian menyatukan organisasi para pemuda dengan kongres I hingga kongres II yang mempunyai tujuan agar menyatukan para pemuda di kongres tersebut dan juga di kongres II. Untuk lebih jelasnya tentang sejarah, makna dan juga isi teks sumpah pemuda akan kita bahas sebagai berikut.

Sejarah, Makna Dan Isi Teks Sumpah Pemuda

Organisasi Pemuda Indonesia yang pertamakali didirikan di jakarta oleh Satiman Wiryosanjoyo di tahun 1915. Dan organisasi itu mempunyai nama Tri Koro Dharmo yang mempunyai arti Tiga Tujuan Utama dimana anggotanya terdiri dari murid sekolah menengah yang berasal dari Jawa Tengah dan juga Jawa Timur atau (Suku Jawa).

Nama Tri Kuru Dharmo yang kemudian berubah menjadi Jong Java. Perubahan nama itu agar menghilangkan kesan seakan hanya ingin mementingkan suku Jawa saja, dan tanpa mengikut sertakan pemuda Sunda dan juga Madura. Lahir dan juga berdirinya Tri Koro Dharmo yang menjadi canangan bagi para pemuda daerah-daerah yang lain agar dapat membentuk organisasi-organisasi untuk mengikuti jejak para rekannya di jawa.

Baca Juga:  √ Pengertian NATO, Sejarah, Tujuan dan Anggotanya (Bahas Lengkap)

Dan kemudian diikuti dengan berdirinya organisasi pemuda antara lain Sumatra berdiri Jong Sumatranen Bond, di Minahasa Jong Minahasa dan kemudian juga Ambon Jong Ambon. Meskipun masih mempunyai sifat kedaerahan tapi dengan munculnya dan juga berdirinya organisasi-organisasi pemuda telah menunjukan kesadaran yang tinggi. Para kaum muda tidak ingin ketinggalan oleh kaum tua didalam mencapai kemajuan dan juga kemerdekaan.

Sedangkan pada tahun 1927 di Bandung muncul atau berdiri organisasi pemuda bersifat nasional, antara lain Pemuda Indonesia yang memiliki tujuan menyebarkan serta memperkuat cita-cita dari kebangsaan indonesia. Sebagai organisasi yang mempunyai sifat nasional pemuda indonesia kemudian cepat berkembang, dengan waktu yang singkat para anggotanya bertambah banyak. Beberapa dari cabangnya memiliki bagian dari pemudi dan mempunyai nama Putri Indonesia. Pada saat itu para pemuda dan juga mahasiswa tidak hanya tinggal diam dan para mahasiswa yang sedang melakukan belajar di negeri belanda telah berhasil dengan membentuk Perhimpunan Indonesia di tahun 1908 dan kemudian para mahasiswa yang ada ditanah air pada tahun 1926 berhasil membentuk Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia atau PPPI.

Sejarah, Makna Dan Isi Teks Sumpah Pemuda Lengkap

Memiliki anggota yang kebanyakan dari mahasiswa-mahasiswa dari sekolah tinggi yang berada di Jakarta dan juga di Bandung. Sepak terjang dari kebanyakan mahasiswa ini banyak sekali dipengaruhi oleh perhimpunan indonesia. Sejak berdirinya PPPI dan telah bergerak dibidang politik yang mempunyai garis tujuan perjuangannya dengan tegas antara lain. Tercapainya Indonesia Merdeka dan PPPI juga selalu mengundangkan semangat persatuan. Kepada organisasi-organisasi pemuda yang mempunyai jumlah yang banyak sekali dan kemudian dianjurkan agar bersatu kedalam satu organisasi saja.

Tetapi suatu keanehan terjadi ketika tahun 1930 yang terbentuk Indonesia Muda justru PPPI tidak masuk dan juga terlebur kedalamnya. Dan langkah usaha untuk mewujudkan persatuan pemuda seluruh Indonesia dimulai pada tahun 1926. Dan wakil-wakil dari organisasi pemuda mengadakan konggres yang pertama kali dijakarta. Walaupun pada saat itubbelum berhasil untuk membentuk dan mewujudkan satu organisasi pemuda tetapi sudah menunjukan betapa kuatnya hasrat dan juga semangat persatuan dikalangan para kaum muda.

Baca Juga:  Sejarah Berkembangnya Agama Buddha Lengkap

Konggres pemuda yang ke II diadakan pada tanggal 26 sampai 28 oktober 1928. Dan kemudian dilakukan kembali langkah agar mempersatukan seluruh pemuda indonesia. Tetapi belum juga berhasil dan kemudian didalam konggres tersebut wakil dari pemuda seluruh indonesia menyatakan ikrar kebulatan tekad yang mengakui isi dari teks asli sumpah pemuda.

Isi Teks Asli Sumpah Pemuda

Isi teks asli dari sumpah pemuda berdasarkan hasil konggres pemuda kedua antara lain

1. Isi teks asli sumpah pemuda pertama

Kami poetera dan poeteri indonesia, mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia

2. Isi Teks Asli Sumpah Pemuda Kedua

Kami poetera dan poeteri indonesia, mendjoengjoeng Bahasa Persatoean, Bangsa Indonesia

3. Isi Teks Asli Sumpah Pemuda

Kami poetera dan poeteri indonesia, Mendjoengjoeng Bahasa Persatoean, bahasa Indonesia.

Isi Sumpah Pemuda

Isi teks sumpah pemuda yaitu sebagai berikut

1. Isi Teks Sumpah Pemuda Pertama

Kami Putra Putri Indonesia Mengaku Bertumpah Darah Yang Satu, Tanah Indonesia

2. Isi Teks Sumpah Pemuda Kedua

Kami putra putri indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa indonesia

3. Isi Teks Sumpah Pemuda Ketiga

Kami putra putri indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa indonesia

Sekian penjelasan tentang Sejarah, Makna Dan Isi Teks Sumpah Pemuda Lengkap yang sudah dijelaskan seputarpengetahuan, perjuangan yang tidak hanya dilakukan oleh para kaum tua melainkan juga dilakukan oleh para pemuda dimana banyak terbentuknya organisasi-organisasi para pemuda dan kemudian diakui oleh para wakil pemuda tentang isi teks sumpah pemuda, semoga bermanfaat 🙂

5.0
26