√ 4 Faktor dan Proses Terjadinya Integrasi Sosial (Bahas Lengkap)

4 Faktor dan Proses Terjadinya Integrasi Sosial (Bahas Lengkap) – Sebelumnya telah dibahas mengenai pengertian integrasi dan bentuk-bentuknya. Kali ini, kita akan membahas tentang faktor apa saja yang mempengaruhi integrasi juga proses terjadinya integrasi sosial yang melalui beberapa tahap atau fase. Berikut penjelasannya.

4 Faktor dan Proses Terjadinya Integrasi Sosial (Bahas Lengkap)

Mari kita bahas lengkap tentang Integrasi Sosial disini.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Integrasi

Ada 4 faktor utama yang dapat mempengaruhi integrasi, yaitu:

1. Adanya homogenitas kelompok

Integrasi merupakan hasil dari minat dan kepentingan bersama, ciri-ciri, norma dan tingkah laku yang sama serta adanya kesepakatan bersama tentang cara operasional dan peraturan.

2. Besar kecilnya kelompok masyarakat

Dalam kelompok masyarakat yang relative kecil penduduknya diwarnai oleh hubungan pribadi yang informal dan akrab dibandingkan dengan kelompok yang lebih besar. Hubungan yang akrab dan informal tersebut disebut juga dengan relasi primer. Sedangkan hubungan yang sifatnya formal dan tidak akrab disebut relasi sekunder. Pada kelompok relasi primer umumnya masyarakatnya memiliki tingkat integritas kelompok yang relative lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok relasi sekunder. Misalnya pada masyarakat pedesaan.

Baca Juga:  √ Pengertian Eksploitasi, Jenis, Contoh dan Dampaknya (Lengkap)

3. Perpindahan fisik

Adanya perpindahan secara fisik dari suatu kelompok pada lokasi yang lain sekaligus memisahkan mereka dari kelompok asal dan akan melemahkan integrasi kelompok asal.

4. Efisiensi dan komunikasi

Integrasi dalam suatu kelompok merupakan fungsi dan efisiensi komunikasi diantara para anggota, termasuk pada penyesuaian diri dengan norma-norma dalam kelompok sehingga mempengaruhi perilaku dan sikap mereka.

Adapun faktor yang mendorong integrasi sosial meliputi:

  • Adanya arah dan tujuan yang jelas,
  • Adanya keadilan sosial
  • Adanya kepemimpinan yang cakap dan berwibawa dan
  • Adanya dukungan dari anggota masyarakat.

Proses Terjadinya Integrasi Sosial

Adapun terjadinya proses integrasi sosial ini dilakukan melalui beberapa fase, yakni sebagai berikut:

1. Fase akomodasi

akomodasi merupakan proses pemulihan hubungan baik diantara kedua belah pihak atau lebih yang pada mulanya mengalami suatu masalah atau sengketa. Proses akomodasi ini memerlukan perhatian dari kedua belah pihak bahkan kadang-kadang membutuhkan pihak ketiga sebagai penengah.

2. Fase kerja sama

Kerja sama artinya usaha bersama antara orang atau perorangan atau kelompok manusia untuk mencapai tujuan bersama.

4 Faktor Dan Proses Terjadinya Integrasi Sosial Lengkap

3. Fase koordinasi

fase ini sangat dibutuhkan dalam rangka menyempurnakan bentuk kerja sama yang telah terjalin. Proses koordinasi dapat terlihat jelas jika dalam suatu masyarakat terdapat kelompok-kelompok yang sling berbeda paham dalam bidang politik. Setiap kelompok ingin mendudukkan calonnya sebagai pemimpin, maka dalam politik persaingan sangatlah sengit.

Baca Juga:  √ 17 Pengertian Etos Kerja Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

4. Fase asimilasi

Asimilasi merupakan proses kerja sama yang sangat harmonis dengan membentuk suatu kesatuan yang homogen.

Demikianlah pembahasan singkat kita kali ini mengenai 4 Faktor dan Proses Terjadinya Integrasi Sosial (Bahas Lengkap), semoga dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Sekian terimakasih.