9 Bagian Bunga Dan Fungsinya (Artikel Lengkap)

9 Bagian Bunga Dan Fungsinya (Artikel Lengkap) – Bunga merupakan salah satu tumbuhan yang banyak disukai oleh para wanita khususnya. Bunga memiliki warna yang beraneka dan menambah keindahan serta lambang dari keromantisan. Nah, untuk lebih mengenal tentang bunga, ada yang harus kita ketahui, yaitu apa saja yang ada di bunga itu? bunga memiliki bagian-bagiannya tersendiri dan memiliki fungsi yang berbeda. Dari keanekaragaman bagian-bagian tersebut, namun bunga dapat memancarkan keelokan dan keindahan.

Untuk lebih jelasnya, berikut akan dibahas lebih dalam beserta fungsi-fungsinya.

Bagian-Bagian Bunga

Semua bunga memiliki fungsi sama, yakni untuk perkembangbiakan. Ada bagian bunga yang cepat hidup dalam waktu singkat dan adapula bagian bunga yang hidup dan terus berkembang untuk menjadi buah.
Bunga memiliki beberapa bagian penting yakni:

1. Ibu Tangkai Bunga

Tangkai induk (pedunculus) adalah cabang (aksis) penghubung antara tangkai bunga dengan batang atau cabang primer pada batang.

2. Tangkai Bunga

Tangkai bunga (pedicellus) adalah cabang terakhir yang bertaut langsung dengan tangkai induk untuk mendukung bunga.

3. Dasar Bunga

Dasar bunga (receptacle) adalah ujung tangkai bunga yang berfungsi sebagai tempat bertumpu bagian-bagian bunga lainnya.

4. Daun Pelindung

Daun pelindung (brachtea) adalah daun terakhir yang pada ketiak menjadi tempat munculnya bunga.

Loading...

5. Daun Tangkai

Daun tangkai (brachteola) adalah daun pelindung bunga yang berada di pangkal tangkai bunga.

Baca Juga:  Pengertian, Struktur, Fungsi Tubuh Serta Ciri Reptil Lengkap

6. Daun Kelopak

Pada masa kuncup, bunga dilindungi oleh bangunan seperti daun yang berwarna hijau yang disebut dengan kelopak daun. Ketika bunga mulai mekar, daun-daun kelopak berada diluar atau dibawah mahkota. Jadi fungsi dari kelopak ini yaitu melindungi mahkota bunga saat masih kuncup atau belum kekar.

7. Mahkota

Daun mahkota ini memiliki warna yang mencolok dan bervariasi. Fungsi utama mahkota bunga ialah untuk memikat  hewan serangga yang berperan penting dalam melakukan proses penyerbukan. Sering ditemukan dalam beberapa jenis bunga yaitu kelenjar madu (nektar) disekitar dasar mahkota. Beberapa jenis bunga menghasilkan bau khas yang berbeda-beda sehingga dapat mengundang serangga.

Loading...

8. Benang Sari

Merupakan alat kelamin jantan yang terdiri atas sebuah tangkai atau filamen, pada ujungnya menyangga satu kepala sari yang membesar.

9 Bagian Bunga Dan Fungsinya (Artikel Lengkap)

9. Putik

Putik ini merupakan alat kelamin betina yang berada di tengah-tengah bunga. Putik terdiri dari tiga bagian yakni: bakal buah, tangkai putik dan kepala putik.

Bagian-bagian bunga tersebut terpaut dalam satu batang yang biasa disebut juga dengan penyangga. Adapun bunga terbagi menjadi dua tipe yaitu bunga lengkap atau sempurna dan bunga tidak lengkap atau bunga tidak sempurna.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai 9 Bagian Bunga Dan Fungsinya (Artikel Lengkap), semoga dapat memberikan manfaat. Sekian terimakasih.

9 Bagian Bunga Dan Fungsinya (Artikel Lengkap)
Like Postingan Ini