√ Pentingnya Sholat Bagi Umat Muslim Dalam Islam Lengkap

Pentingnya Sholat Bagi Umat Muslim Dalam Islam Lengkap – Assalamu’alaikum! Dalam pembahasan kali ini saya akan mengupas tuntas tentang betapa pentingnya sholat bagi kita sebagai umat muslim, dengan tujuan agar saudara saya muslim muslimat, mukmin dan mukminat yang masih kurang peduli terhadap sholat agar segera mengetahui dan menyadari betapa ruginya kehidupan tanpa sholat.

Lalu apa yang diharapkan setelah melewati kehidupan di dunia yang selanjutnya memulai kehidupan di alam kubur, sedangkan ketika hidupnya di dunia ia mengacuhkan sholat? Dan apa lagi yang ditunggu pada hari qiyamat nanti atau setelah kita hidup di alam baqa jika seorang muslim itu tidak mau melaksanakan sholat?

Hidup untuk mengabdi kepada Allah

Artinya: “Hidup itu hanyalah untuk mengabdi kepada Allah dalam setiap waktu dan keadaan.”

Inilah pesan orang tua yang selalu saya ingat, dan mereka selalu mengajarkan pada saya agar selalu ingat kematian kapanpun, dimanapun, dalam kondisi apapun dan sedang melakukan apapun. Karena kita tidak pernah tahu kapan ajal menjemput. Sudahkah benar sholat dan akhlak kita? Sudah siapkah kita menghadap Sang Khaliq? Ingat kawan… Hidup di dunia ini hanyalah sementara, ibarat sebuah perjalanan kita hanya mampir sebentar untuk makan dan minum guna menambah energi agar lebih kuat dan sampai dengan selamat sampai tujuan yakni di akhirat.

Pentingnya Sholat Bagi Umat Muslim Dalam Islam Lengkap

Saya disini akan membagikan sedikit ilmu dari apa yang saya dapatkan dari ayahanda tercinta dan sekaligus guru besar saya yang selalu saya muliakan, banggakan, hormati dan yang saya ta’dzimi. Beliau menuliskan tentang pentingnya sholat yang dinuqil dari Al-Qu’an, kitab kuning Mukhtashar Tadzkiroh Al-Qurtubi (Qurrotul-Uyun) dan kitab kuning Lababul-Hadits.

Dasar-dasar Dalil dan Hadits tentang Sholat

Adapun beberapa dalil dan haditsnya yaitu:

Loading...

♦ Q.S. An-Nisa: 103 * Yang artinya: “Sesungguhnya sholat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman “.*♦ Q.S. Al-Maa’un : 4-5 * “Maka celakalah bagi orang-orang yang sholat, (yaitu) orang-orang yang lalai dalam sholatnya “. *

Q.S. Maryam: 59 * “Maka datanglah sesudah mereka pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan sholat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan “.*

Baca Juga:  √ Pengertian Mandi Wajib, Tata Cara, Rukun, Sunnah, Niat & Penyebab

♦ Ibnu Abas RA berkata: “Wail itu adalah jurang neraka jahannam, jahanampun meminta siraman dari sebab panasnya neraka wail, dan neraka wail itu adalah tempatnya orang-orang yang suka mengakhir-akhirkan waktu sholat“. (Al-Qurtubi hlm. 1)

♦ Nabi SAW bersabda :

Hadits1

Artinya: “Sesuatu antara orang muslim dan musyrik adalah orang yang meninggalkan sholat, maka apabila melawan terhadap sholat itu sama seperti kafir“.

♦ Dan telah diriwayatkan bahwasanya Nabi SAW bersabda:

hadits sholat

Artinya: “Barang siapa telah menyepelekan sholat, maka Allah akan menyiksanya dengan 15 macam siksaan, 6 siksaan di dunia, 3 siksaan ketika menjelang mati (sakarotul maut), 3 siksaan di dalam kubur, dan 3 siksaan ketika keluar dari alam kubur“.

Macam-macam Siksaan Bagi yang Meninggalkan Sholat

Berikut ini adalah macam-macam siksaan yang akan diperoleh bagi yang meninggalkan sholat semasa hidupnya.

Enam macam siksaan yang akan Allah berikan pada orang yang meninggalkan sholat ketika masih hidup di dunia adalah :

  1. Allah akan menghilangkan keberkahan dari umurnya;
  2. Tanda kesholehan akan Allah hapus dari keningnya;
  3. Semua amalnya tidak akan diberi pahala oleh Allah;
  4. Allah tidak akan mengangkat doanya ke langit;
  5. Semua makhluk di dunia akan memurkainya;
  6. Dia tidak akan mendapatkan bagian doanya dari orang-orang shaleh.

Tiga macam siksaan yang akan Allah berikan kepada orang yang meninggalkan sholat ketika sakarotul maut adalah:

  1. Bahwasanya orang yang meninggalkan sholat, ia akan mati dalam keadaan hina;
  2. Dia akan mati dalam keadaan lapar;
  3. Dia akan mati dalam keadaan haus, walau air lautan di dunia diminumkan tidak akan pernah menghilangkan rasa kehausannya.

Pentingnya Sholat Bagi Umat Muslim

Loading...

Tiga macam siksaan yang Allah berikan ketika di alam kubur yaitu:

  1. Kuburannya akan disempitkan oleh Allah dan dihimpitnya sampai tulang rusuknya hancur berantakan;
  2. Didalam kuburnya akan di nyalakan api neraka kemudian orang yang meninggalkan sholat siang malam, ia akan dipanggang dan di bolak-balik diatas bara api tersebut;
  3. Allah akan tumpahkan Ular yang bernama syuja’al-aqro’ kepada orang-orang yang meninggalkan sholat, yang mana kedua bola matanya itu terbuat dari api neraka, kuku-kukunya dari besi, setiap kuku memiliki ukuran panjang seperti perjalanan yang memakan waktu sehari, ular itu berkata kepadanya:

    Aku ini syuja’al-aqro’ (suaranya bagaikan petir menyambar dan menggelegar)“, dan ular itu berkata: ” Tuhanku telah menyuruhku agar memukulmu karena telah meninggalkan sholat shubuh diwaktu dzuhur, dan agar memukulmu karena telah meninggalkan sholat dzuhur diwaktu ashar, dan agar memukulmu karena telah meninggalkan sholat ashar diwaktu magrib, dan agar memukulmu karena telah meninggalkan sholat magrib diwaktu isya, dan agar memukulmu karena telah meninggalkan sholat isya diwaktu shubuh “. Ketika ular itu memukulnya satu kali pukulan maka yang dipukul masuk ke dalam tanah sedalam tujuh puluh hasta, lalu ular itu memasukkan kuku-kukunya kebawah tanah dan kemudian mengeluarkannya kembali, dan siksaan itu tiada hentinya sampai hari kiamat, maka kita memohon perlindungan kepada Allah dari siksa kubur.

Dan adapun tiga siksaan yang akan Allah berikan pada hari kiamat bagi orang yang meninggalkan sholat adalah:

  1. Allah akan menggabungkannya bersama orang-orang yang diseret mukanya ke neraka jahannam;
  2. Allah akan melihat kearahnya dengan pandangan benci pada waktu dihisab, maka daging mukanya berjatuhan;
  3. Allah akan menghisabnya dengan hisaban yang sangat berat, tiada berguna atasnya dari kelebihan apapun untuk selama-lamanya, dan allah memerintahkannya ke neraka sejelek-jelek atau sehina-hinanya tempat.

Dan sabda Nabi SAW: 

hadits tentang timbangan sholat

Artinya: “Sholat itu timbanganmu dan ukuran takaranmu, apabila kamu menegakkannya maka kamu akan selamat dan apabila kamu menguranginya kamu akan disiksa“.

Masih banyak hadits yang menerangkan tentang pentingnya sholat, hanya itu saja terlebih dahulu yang saya tulis dalam artikel ini, semoga saudara-saudaraku seiman selalu dalam naunganNya dan tak pernah lalai ataupun meninggalkan sholat, seperti yang kita ketahui bahwa sholat merupakan tiangnya agama.

Semoga artikel tentang Pentingnya Sholat Bagi Umat Muslim Dalam Islam Lengkap bermanfaat dan terus tingkatkan sholatmu dengan lebih khusyu serta jangan mengakhir-akhirkan waktu sholat agar kita selamat dan mendapat perlindungan kelak di hari kiamat. Aamiin 🙂

4.7
08
Loading...