√ Pengertian Manajemen Organisasi, Tujuan dan Fungsinya (Lengkap)

Pengertian Manajemen Organisasi, Tujuan dan Fungsinya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen organisasi. Yang meliputi pengertian manajemen organisasi, Tujuan, Fungsi yang dibahas dengan lengkap dan ringan.

Pengertian Manajemen Organisasi, Tujuan dan Fungsinya (Lengkap)

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Manajemen Organisasi

Manajemen organisasi terdiri dari kata manajemen dan organisasi. Manajemen yaitu proses mengorganisasi, merencanakan, memimpin dan mengendalikan sesuatu. Sedangkan organiasi yaitu kumpulan orang yang mempunyai tujuan yang sama, bekerja bersama untuk meraih tujuan bersama.

Dengan bahasa lain, manajemen organisi yaitu proses pengorganisasian, perencanaan, memimpin dan mengendalikan sumber daya di suatu organisasi atau entitas yang bertujuan semuanya untuk mencapai tujuan. Manajemen organisasi adalah proses lanjutan setelah proses penentuan strategi untuk meraih visi dan misi organisasi.

Tujuan Manajemen Organisasi

Tujuan manajemen organisasi adalah untuk menjadikan adanya rasa aman dan kesatuan untuk para karyawan, sehingga dalam kinerjanya dapat lebih efektif yang utamanya ketika melaksanakan korrdinasi ke berbagai departemen.

Manajemen yang efektif merujuk pada suasana damai dan positif di perusahaan tempat bekerja. Karyawan menyelesaikan tugas-tugas didalam rentan waktu yang ditempatkan dan karyawan tetap loyal terhadap pekerjaan mereka dan tidak melaksanakan pekerjaan sebagai beban adalah salah satu hasilnya.

Fungsi Manajemen Organisasi

Menurut prosesnya, fungsi inti dari manajeen organisasi yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), kepegawaian (staffing), pengarahan (lead), kontrol (control), manajemen waktu (time management) dan motivasi (motivation). Berikut penjelasan dari fungsi-fungsi tersebut:

Planning (Fungsi Perencanaan)

Manajemen organisasi berfungsi untuk perencanaan bisnis yang efektif. Hal ini penting untuk penentuan dalam langkah agar terhindar dari kebingunan di kemudian hari. Hal yang berhubungan dengan perencanaan mencakup rencana kerja atau aktivitas dan juga anggaran yang dibutuhkan. Teknis perencanaan bisa ditentukan dengan cara rapat pengurus atau rapat anggaran.

Fungsi Pengorganisasian (Organizing)

Pengorganisasian merujuk pada kebijakan pemakaian sumber daya supaya didalam pelaksanaannya dapat tersusun dengan baik sehingga tidak terjadi ketimpangan terutama dalam kordinasi. Sebagai contoh, job description yang pasti sesuai dengan posisi atau pengelolaan arsip dan inventaris organisasi seperti surat atau lainnya.

Fungsi Kepegawaian (Staffing)

Suatu manajemen organisasi yang tidak baik bisa menyebabkan karyawan tidak bahagia yang akibatnya pada menciptakan masalah untuk diri sendiri ataupun organisasi. Dengan begitu, manajer wajib bisa merekrut bakat yang tepat untuk organisasi.

Fungsi Pengarahan (Lead)

Fungsi lain manajer atau pemimpin didalam organisasi adalah menetapkan target yang pasti bagi semua anggota dalam tim. Hal ini bertujuan supaya masing-masing aktivitas anggota bisa terarah. Seorang pemimpin wajib memastikan timnya bekerja serempak untuk mencapai tujuan yang sama.

Fungsi Kontrol (Control)

Atasan yang memegang kuasa pengambilan keputusan, haruslah dapat menyadari apa yang terjadi di sekitarnya. Jika tidak maka tidak akan bisa mengambil kontrol dalam organisasi.
Tingkatan kekuasan, wajib diartikan dengan baik supaya bisa menjalankan manajemen yang efektif. Selain itu, manajer harus meninjau dan membuat kemajuan masing-masing anggota dan membimbing mereka setiap kali dibutuhkan.

Fungsi Manajemen Waktu (Time Management)

Dengan menerapkan manajemen waktu yang efektif dalam sebuah organisasi, tentu dapat membantu karyawan melaksanakan hal yang benar pada waktu yang tepat.

Fungsi Motivasi (Motivation)

Manajemen organisasi juga mempunyai fungsi sebagai motivasi. Motivasi tersebut berarti menjadikan karyawan bisa bekerja sama. Salah satu bentuk motivasi yang bisa dilakukan adalah dengan menghargai pekerjaan yang baik dari karyawan dengan memberikan insentif. Dengan seperti itu karyawan akan lebih semangat dan nyaman dalam organisasi.

Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli

Fungsi Manajemen menurut beberapa ahli:

George R. Terry

  • Perencanaan (Planning)
  • Pengorganisasian (Organizing)
  • Penggerakan (Actualing)
  • Pengawasan (Controlling)

Luther M Gulick

  • Perencanaan (Planning)
  • Mengorganisir (Organizing)
  • Melengkapan Tenaga Kerja (Staffing)
  • Mengarahkan (Directing)
  • Menyelaras/Mengkoordinir (Coordinating)
  • Melaporkan (Reporting)
  • Menyusun Anggaran (Budgeting)

Pengertian Manajemen Organisasi, Tujuan, Fungsi

Henry Fayol

  • Perencanaan (Planning)
  • Mengorganisir (Organizing)
  • Mengkoordinir (Coordinating)
  • Mengawasi (Controling)

Koontz dan O. Donnel

  • Perencanaan (Planning)
  • Mengorganisir (Organizing)
  • Melengkapkan Tenaga Kerja (Staffing)
  • Mengarahkan (Directing)
  • Mengawasi (Controlling)

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Manajemen Organisasi, Tujuan dan Fungsinya (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.

Daftar Isi