√ Pengertian Gotong Royong dan Manfaatnya (Lengkap)

Pengertian Gotong Royong dan Manfaatnya (Lengkap) – gotong royong merupakan salah satu sikap yang perlu dipupuk sejak dini. Dengan menjalani kehidupan gotong royong merupakan salah satu ciri khas dari masyarakat kita Indonesia. Sejak jaman nenek moyang kita sudah menjalankan kegiatan gotong royong.

Salah satu semboyan yang mendeskripsikan dari gotong royong adalah “Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh!” kalimat tersebut menjadi sangat populer di era 90-an. Namun, kini semboyan itu mulai memudar. Persatuan adalah landasan semangat yang sejak dulu digunakan oleh para pejuang untuk membangun bangsa. Budaya gotong royong merupakan salah satu perwujudan nyata dari semangat persatuan masyarakat Indonesia.

Pengertian Gotong Royong dan Manfaatnya (Lengkap)

Budaya gotong royong memang sudah berlangsung sejak dipimpinnya negara ini oleh Presiden Republik Indonesia yang pertama, yakni Presiden Soekarno, bahkan menyampaikan jika gotong royong merupakan “jiwa” masyarakat Indonesia pada sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) di tahun 1945. Lalu, benarkah sikap dari gotong royong ini sekarang sudah memudar?

Salah satu hal yang menunjukkan sikap gotong royong yang sudah memudar adalah kegiatan kerja bakti yang seringkali dilakukan warga masyarakat setiap satu minggu sekali hingga budaya gotong royong antar umat beragama. Budaya gotong royong adalah identitas nasional. Karenanya, budaya gotong royong seharusnya terus dijaga supaya terus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berbicara tentang gotong royong apakah anda sudah mengetahui apa sih pengertian gotong royong itu? Ada pun istilah dari gotong royong sebenarnya berasal dari bahasa Jawa. Dimana gotong yang artinya pikul atau angkat, sedangkan royong berarti bersama-sama.

Sehingga jika diartikan secara harafiah, gotong royong berarti mengangkat secara bersama-sama atau mengerjakan sesuatu secara bersama-sama. Gotong royong dapat dipahami pula sebagai bentuk partisipasi aktif setiap individu yang ikut terlibat dan mendapat nilai positif dari setiap obyek, permasalahan, atau kebutuhan orang-orang di sekelilingnya.

Adanya partisipasi aktif tersebut bisa berupa bantuan yang berwujud materi, keuangan, tenaga fisik, mental spiritual, ketrampilan, sumbangan pikiran atau nasihat yang konstruktif, sampai hanya berdoa kepada Tuhan.

Pengertian Gotong Royong Menurut  Ahli

Gotong royong sendiri juga dapat diartikan sebagai bentuk kerja sama antara sejumlah orang atau warga masyarakat dalam kehidupan sosial dalam menyelesaikan sesuatu atau pekerjaan tertentu yang dianggap berguna untuk kepentingan bersama.

Dalam ilmu sosial gotong royog sendiri juga di artikan sebagai salah satu bentuk prinsip kerja sama, saling membantu tanpa imbalan lansung yang diterimanya yang hasilnya untuk kepentingan bersama atau kepentingan umum. Gotong royong merupakan budaya bangsa Indonesia yang dilaksanakan oleh seluruh warga masyarakat sesuai dengan kegiatan masing-masing.

Kemudian definisi dari gotong royong menurut ahli adalah salah satunya menurut Koentjaraningrat budaya gotong royong yang dikenal oleh masyarakat Indonesia dapat dikategorikan ke dalam dua jenis, yakni gotong royong tolong menolong dan gotong royong kerja bakti. Jadi, gotong royong bukan sepenuhnya tentang bekerja bakti, namun dalam bentuk saling tolong menolong juga merupakan salah satu contoh dari budaya gotong royong.

Budaya gotong royong tolong menolong terjadi pada aktivitas pertanian, kegiatan sekitar rumah tangga, kegiatan pesta, kegiatan perayaan, dan pada peristiwa bencana atau kematian. Sedangkan budaya gotong royong kerja bakti biasanya dilakukan untuk mengerjakan sesuatu hal yang sifatnya untuk kepentingan umum, entah yang terjadi atas inisiatif warga atau gotong royong yang dipaksakan.

Pengertian Gotong Royong dalam Ilmu Sosial

Sedangkan dalam pandangan ilmu sosial atau sosiologi, gotong royong adalah semangat yang diwujudkan dalam bentuk perilaku atau tindakan individu yang dilakukan tanpa mengharap balasan untuk melakukan sesuatu secara bersama-sama demi kepentingan bersama atau individu tertentu.

 Gotong royong menjadikan kehidupan manusia Indonesia menjadi lebih berdaya dan sejahtera. Dengan menanamkan sikap mau melakukan gotong royong, berbagai permasalahan kehidupan bersama bisa terpecahkan secara mudah dan murah, demikian halnya dengan kegiatan pembangunan masyarakat.

Pengertian Gotong Royong Dan Manfaatnya Lengkap

Manfaat Gotong Royong dalam Kehidupan Sosial

Setelah memahami pengertian gotong royong, berikut ini adalah manfaat dari gotong royong dalam kehidupan sosial. Salah satu sifat bangsa indonesia yang sangat menunjang kehidupansosial adalah kekeluargaan dari gotong royong yang tumbuh bersama karena banyak mengandung nilai luhur.

Maka dari itu perlu ditumbuh kembangkan sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing dan yang paling penting dalam melakukan gotong royong adalah sikap rela berkorban tanpa pamrih, rasa saling membantu, mengutamakan kepentingan bersama atau  kepentingan umum dan rasa senasib. Dengan demikian manfaat gotong royong itu antara lain:

  1. Mempererat tali persaudaraan
  2. Memperkukuh persatuan dan kesatuan
  3. Membantu umat manusia yang membutuhkan bantuan atau pertolongan
  4. Mendorong timbulnya semangat kekeluargaan
  5. Dapat meringankan pekerjaan yang berat menjadi ringan dan cepat terselesaikan
  6. Dapat memupuk kehidupan bermasyarakat, berbagsa dan bernegara
  7. Menumbuhkan solidaritas dan kebersamaan dengan sesama
  8. Menghemat waktu dan tenaga produktivitas kerja
  9.  Meningkatkan produktifitas kerja
  10. Dan mendpatkan pahala dari Tuhan.

Demikianlah pembahasan kita mengenai Pengertian Gotong Royong dan Manfaatnya (Lengkap), semoga pembahasan kita ini dapat bermanfaat buat kita semua. Terimakasih 🙂

Daftar Isi