3 Amal Jariyah Yang Tidak Terputus Dan Penjelasannya (Lengkap)

3 Amal Jariyah Yang Tidak Terputus Dan Penjelasannya (Lengkap) – Dalam Islam, manusia hidup hanyalah untuk mencari pahala dari amal ibadahnya dan keridhoan Allah SWT semata. Tidak untuk yang lain, sehingga orang-orang Mukmin akan terus berlomba-lomba dalam kebaikan agar mendapatkan kehidupan yang layak kelak di akhirat.

Setiap ibadah pasti ada balasannya yang tak lain adalah sebuah pahala. Ketika manusia telah menemui ajalnya, maka terputuslah semua amal ibadahnya. Tak lagi bisa melakukan sholat wajib, sholat sunnah, puasa, berdzikir dan ibadah-ibadah lainnya.

Artinya, ketika masih hidup, mereka masih bisa mengumpulkan amal ibadah melalui sholat, puasa, zakat, berbuat baik kepada orang, dan lain sebagainya. Tetapi, jika ajal sudah datang menjemput, maka tidak ada lagi kesempatan untuk menambah pahala-pahalanya, ia tidak akan mendapatkan pahalanya sholat, karena ia sudah tidak lagi sholat dan begitupun yang lainnya.

3 Amal Jariyah Yang Tidak Terputus Dan Penjelasannya (Lengkap)

Setelah kita wafat dan segala amalan kita terputus, maka tidak lagi bisa kita mendapatkan tambahan pahala, kecuali 3 perkara. Berikut penjelasan selengkapnya.

3 Amalan Yang Tidak Pernah Putus

Dari Abu Hurairah ra., Rasulullah bersabda:

hadits-3-amalan-yang-tidak-akan-terputus

Artinya: “Apabila seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): shodaqoh jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, dan anak yang sholeh yang mendoakannya“. (HR. Muslim)

3 amalan yang tidak akan pernah putus sampai kita meninggal berdasarkan hadits diatas yaitu:

1. Shodaqoh atau amal jariyah

Amal jariyah yang dilakukan semasa hidup di dunia akan terus mengalir dan menambah pahala bagi yang beramal. Contoh amal jariyah diantaranya, membangun madrasah atau sekolah, mewakafkan tanah untuk kepentingan umat, membangun masjid atau sarana umum lainnya, memberikan buku yang bermanfaat bagi orang dan lain sebagainya.

Selama semua yang diberikan itu masih terus berjalan dan bermanfaat bagi orang-orang, seperti bangunan Masjid yang terus digunakan untuk ibadah. Selama buku yang disedekahkan masih digunakan dan bermanfaat. Dalam bentuk apapun jika masih ada dan terus digunakan untuk kemaslahatan umat maka pahalanya akan terus mengalir pula kepada yang beramal meskipun sudah wafat.

2. Ilmu yang berguna

Ilmu agama yang kita ajarkan kepada orang lain, baik itu secara lisan atau dalam bentuk tulisan (buku). Selama ilmu itu masih bermanfaat dan terus dimanfaatkan oleh orang-orang yang kita ajari. Maka pahalanya akan terus mengalir kepada kita.

3 Amalan Yang Tidak Pernah Putus Dan Penjelasannya

3. Anak sholeh yang mendoakannya.

Ini dia kenapa pentingnya mendidik anak secara islami, menanamkan aqidah sejak dini kepada anak, dan membimbing anak menjadi generasi yang Qur’ani. Karena dibalik kebanggaan tersendiri memiliki anak yang patuh, bertaqwa dan sholeh sholehah, ternyata segala amal ibadah dan kebaikan yang dilakukan oleh anak yang sholeh akan terus mengalir kepada kedua orangtuanya.

Doa anak sholeh yang ikhlas, tulus dan selalu dipanjatkan untuk kedua orang tuanya merupakan suatu kebanggaan luar biasa bagi orangtua.

Silakan baca: Inilah Pentingnya Mencetak Generasi Sholeh Dan Sholehah

Nah itulah pembahasan mengenai 3 Amalan Yang Tidak Pernah Putus Dan Penjelasannya (Lengkap) secara ringkas, semoga dapat memberikan manfaat dan memotivasi sahabat Muslim untuk senantiasa gemar beramal jariyah, memanfaatkan ilmu dengan cara mengajarkannya dan dianugrahkan anak-anak yang sholeh sholehah sehingga kita akan tetap memperoleh pahala meskipun kita telah tiada. Aamiin

Daftar Isi