Lisensi adalah : Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Lisensi adalah : Pengertian, Jenis dan Manfaatnya – Di pembahasan kali ini kalian akan mengetahui apa yang dimaksud dengan Lisensi. Yang meliputi pengertian, jenis-jenis dan manfaat lisensi dengan penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

Lisensi adalah : Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Lisensi

Lisensi adalah sebuah pemberian izin dalam melakukan suatu produksi mau itu dalam bentuk produk atau jasa tertentu, yang mana produk atau jasa itu tersebut sebelumnya telah dipatenkan oleh yang menciptakannya pertama kali.

Seringkali lisensi diartikan sebagai suatu bentuk dalam pemberian izin guna memanfaatkan pertama kali. Tak hanya itu lisensi juga dapat diartikan sebagai suatu bentuk dalam pemberian izin untuk menggunakan hak atas kekayaan intelektual, yang mana dapat diberikan pemberi lisensi kepada penerima lisensi yang bermaksud supaya penerima lisensi bisa melakukan aktivitas usaha atau memproduksi produk tertentu dengan memanfaatkan hak atas kekayaan intelektual yang telah dilisensikan.

Dalam lisensi juga terdapat istilah perjanjian lisensi, yang mana perjanjian lisensi suatu perjanjian perjanjian antara dua pihak atapun lebih dimana satu pihak itu bertindak untuk memberikan lisensi sebagai pemilik atau pemegang lisensi terhadap pihak yang bertindak sebagai penerima lisensi, sehinga pihak yang menerima lisensi bisa dengan legal untuk memproduksi dan memasarkan produk atau jasanya.

Untuk pihak yang memberikan lisensi disebut dengan Licencor sedangkan untuk pihak yang menerima lisensi disebut juga dengan License. Secara tidak langsung, istilah lisensi telah mengarah terhadap penjualan atau izin memanfaatkan hak paten serta hak dalam menggunakan merek dagang.

Tentunya untuk pemegang lisensi atu tadi yang disebut dengan License yang telah diberik izin oleh pemberi lisensi (Licencor) harus memproduksi produk dengan menggunakan bahan yang sama persis, kecuali untuk variasi agar produk yang di produksi tersebut sesuai dengan selera sehingga masyarakat yang mana pemegang lisensi memasarkannya.

Pengertian Lisensi Menurut Para Ahli

Sedangkan berikut merupakan beberapa pendapat dari para ahli yang mendefinisikan lisensi sebagai berikut:

Wilbur Cross

Menurut pendapat Wilbur Cross, Pengertian lisensi yakni suatu kontrak dalam menjelaskan mengenai satu pihak memastikan satu, dua, atau lebih dalam suatu operasi dari pihak lainnya. Operasi tersebut juga dapat dalam bentuk manufaktur, servis ataupun penjualan.

Baca Juga:  √ Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi (Bahas Lengkap)

PH Collin

Menurut pendapat PH Collin, pengertian lisensi adalah suatu perjanjian dalam memberikan hak milik maupun hak istimewa terhadap seseorang guna melakukan produksi dan memanfaatkan sesuatu.

Betsyann Toffler dan Jane Imber

Menurut pendapat Betsyann Toffler dan Jane Imber, pengertian lisensi yaitu suatu kontrak dalam perjanjian dari dua entitas bisnis usaha, yang diberikan kepada seseorang yang memegang lisensi untuk hak paten, merek dan hak milik lainya terhadap suatu pertukaran biaya atau royalti.

Jenis-Jenis Lisensi

Ada beberapa jenis dari lisensi, diantaranya yaitu sebagai berikut:

Lisensi HKI (Hak Kekayaan Intelektual)

Jenis lisensi hak atas kekayaan intelektual seperti lisensi terhadap software komputer. Pemberi lisensi juga akan memberikan hak kepada para user atau pengguna dalam memakai softwarenya.

Lisensi dalam hak kekayaan intelektual ini biasa memiliki peraturan didalamnya seperti syarat serta ketentuan wilayah pemakaian, pembaruan dan syarat lainnya yang sebelumnya sudah ditentukan oleh pemilik lisensi tersebut.

Lisensi Massal

Biasanya, lisensi massal ada dalam lisensi software komputer, dimana lisensi tersebut diberikan dari pemilik lisensi pada perorangan untuk menenggunakan software komputer itu. Lisensi secara detail seringkali tertulis dalam UELA (End User License Agreement) dalam software tersebut.

Lisensi Merek Barang atau Jasa

Pemegang lisensi juga bisa memberikan izin atau lisensinya kepada seseorang atau perusahaandengan tujuan agar seseorang atau perusahaan tersebut bisa menjual produk atau jasa dibawah pemilik lisensi merek dagang tersebut.

Denganadanya lisensi tersebut, maka pemakaian lisensi juga bisa menggunakan merek dagang atau jasa pemilik lisensi, tanpa ada rasa khawatir untuk dituntut secara hukum oleh pemilik lisensi sebab sebelumnya telah memperoleh persetujuan oleh pemilik lisensi.

Lisensi Hasil Karya Seni dan Karakter

Pemiliki lisensi juga bisa memberikan izin tersebut kepada seseorang atau perusahaan yang menjadikan bisa untyuk menyalin dan menjual hak cipta yang mengandung material seni dan karakter.

Contohnya yaitu dalam suatu perusahaan yang memproduksi dan memasarkan mainan dengan karakter tsum-tsum, dalam melaksanakan produksi serta pemasaran mainan karakter itu yang mana sebelumnya sudah mendapatkan izin dari pencipta karakter tersebut.

Lisensi Bidang Pendidikan

Biasanya, lisensi yang dalam suatu bidang pendidikan berupa gelar akademis. Suatu perguruan tinggi atau universitas merupakan sebagai pemilik lisensi bisa untuk memberikan gelar terhadap seseorang untuk menggunakan gelar akademisnya setelah menimba ilmu dalam kurun waktu tertentu pada perguran tinggi atau universitas tersebut, atau dapat pula gelar akademis yang diberikan terhadap seseorang sebagai bentuk penghargaan.

Baca Juga:  √ Pengertian Organizational Citizenship Behavior (OCB), Dimensi, Motif, Manfaat dan Faktornya

Manfaat Lisensi

Manfaat lisensi dala, penerima lisensi yaitu mereka jika menggunakan merek pemberi lisensi dengan aman dan juga legal. Sehingga dapat menjadikan penerima lisensi bisa untuk menjalankan usahanya dengan lancar. Terlebih lagi jika merek yang digunakan sudah sangat terkenal serta memiliki reputasi yang bagus di mata konsumen maka hal ini akan memperoleh banyak keuntungan dalam menjalankan usahanya.

Sedangkan keuntungan yang didapaykan untuk pemilik lisensi seringkali akan mendapatkan royalti yang besarnya sebelumnya telah disepakati oleh kedua pihak yaitu antara pemilik lisensi dan penerima lisensi.

Pengertian Lisensi, Jenis-Jenis, Manfat

Kelebihan dan Kekurangan Lisensi

Kelebihan

  • Apabila Anda sedang menetapkan merek dagang, dan selanjutnya Anda bisa menerima salah satu off lump sum untuk meperoleh kembali biaya pendaftaran. Yang memungkinkan Anda bisa menegosiasikan harga untuk tanda Anda, dengan pihak yang lain.
  • Tugas merek dagang juga bisa melepaskan Anda dari tanggung jawab yang sedang berlangsung terhadap manajemen yang terus berkelanjutan serta penegakan merek dagang. Terdapat pula yang tidak bertanggung jawab yang mana hal ini sedang berlangsung.
  • Memungkinkan Anda untuk mempertahankan kontrol atas merek dagang Anda sebagaimana ia digunakan.
  • Memungkinkan Anda untuk mendapatkan pembayaran royalti yang sedang berlangsung.
  • Hal in jugai mungkin untuk memaksimalkan eksploitasi dalam hal wilayah, barang atau jasa tertutup serta volume dalam penjualan.

Kerugian

  • Apabila anda sedang menjuaal merek dagang Anda, Anda akan melepaskan semua kontrol atasnya.
  • Hal ini juga bisa sulit untuk nilai merek dagang Anda dan memungkinkan untuk anda kalah dengan lisensi dalam jangka yang panjang.
  • Apabila terdapat kesepakatan antara pemberi lisensi serta penerima lisensi rusak, mantan penerima lisensi juga bisa menjadi pesaing dan mencari guna menantang keabsahan merek dagang tersebut.
  • Ada juga akan melanjutkan kewajiban terhada lisensi merek dagang. Ini termasuk dalam kebutuhan guna menegakkan hak-hak atas nama lisensi seerti menegakkan pelanggaran merek dagang.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Lisensi adalah : Pengertian, Jenis dan Manfaatnya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.