Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi : Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Jenis, Contoh

Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi : Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Jenis, Contoh – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang teks eksposisi. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, struktur, kaidah, jenis-jenis dan contoh teks eksposisi dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi : Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Jenis, Contoh

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi merupakan teks yang didalamnya mengandung paragraf atau yang didalamnya mengandung sebuah karangan terhadap sejumlah pengetahuan atau informasi yang disajikan secara singkat, jelas dan pdadat dan juga mudah dipahamai. Teks eksposisi memiliki sifat yang nyata atau real, dan bersifat ilmiah atau bisa disebut juga dengan teks non fiksi.

Tujuan Teks Eksposisi

Tujuan teks eksposisi adalah menerangkan atau menjelaskan dengan sangat jelas beberapa informasi tertentu pada pembaca menjadikan pembaca akan memperoleh pengetahuan secara rinci dari suatu hal atau kejadian dengan membaca teks eksposisi.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Suatu teks eksposisi memiliki karakteristik atau ciri-ciri antara lain:

  • Menjelaskan informasi atau pengetahuan mengenai suatu hal
  • Gaya informasi yang sifatnya mengajak
  • Pembahasan menggunakan bahasa baku dan lugas
  • Sifatnya netral atau tidak memihak
  • Fakta yang dipakai sebagai alat kontritasi dan alat kontribusi.
  • Penjelasannya disertai dengan data yang akurat.
  • Umumnya menjawab tentang pertanyaan apa, siapa, kapan, dimana, kenapa, dan bagaimana.

Struktur Teks Eksposisi

Dalam membuat teks eksposisi memiliki beberapa struktur, yakni:

Pembukaan

Pembukaan atau orientasi adalah bagian yang mengandung pandangan awal penulis mengenai suatu permasalahan dengan rangkaian yang sangat relevan.

Isi (Thesis)

Thesis adalah isi dari teks eksposisi yang didalamnya terdapat kumpulan pendapat orang lain yang dianggap lebih ahli berkaitan dengan permasalahan dan pokok bahasan yang sedang dibahas. Dalam melakukan mengidantifikasi struktur teks eksposisi yang satu ini sangat mudah, anda dapat mengidentifikasi isi atau thesis dengan memperhatikan pemilihan katanya.

Argumentasi

Pada bagian ini berisi tentang bukti-bukti yang relevan dan juga mendukung thesis. Pada umumnya argumentasi akan berisi fakta-fakta relevan yang berhubungan dengan inti bahasan misalnya tanggal, latar, narasumber, dan pemakaian angka-angka yang seringkali bersifat konkrit.

Penegasan Ulang

Bagian ini berisi kesimpulan yang mencakup pembukaan, thesis sampai argumentasi yang disajikan penulis yang tentu disampaikan dengan bahasa yang berbeda dan lebih singkat.

Unsur Kaidah Penulisan Teks Eksposisi

Berikut adalah beberapa langkah kaidah penulisan teks eksposisi.

  • Menentukan Topik Yang Akan Disajikan

Langkah awal yang perlu diambil dalam membuat teks eksposisi yaitu menentukan tema. Dengan menentukan tema maka pada saat penulisan kita lebih fokus pada tema tersebut agar kita dapat menganimasikan tulisan yang dibuat. Ciri topik yang perlu dikembangkan pada teks eksposisi yaitu, diantaranya.

  •  Menentukan Tujuan Eksposisi

Setelah menentukan topik yang akan dipresentasikan, kita harus memiliki tujuan yang akan memberikan penjelasan dan pemahaman kepada pembaca.

  • Memilih Data Sesuai Dengan Tema

Setelah tema dan tujuan penulisan telah ditentukan, langkah berikutnya yaitu mengumpulkan data atau bahan yang diperlukan pada penulisan teks eksposisi. Bahan informasi bisa anda jumpai melalui buku, majalah, sumber intenet, surat kabar, dan juga bisa wawancara langsung.

  • Membuat Kerangka Karangan

Sebelum membuat karangan eksposisi, buatlah garis besar yang lengkap dan sistematis terlebih dahulu.

  • Pembahasan Dalam Pengembangan Kerangka Karangan

Setelah kerangka karangan tersusun, kembangkan lebih lengkap agar sifat eksposisi tersampaikan, eksposisi informatif, obyektif, dan logis. Dalam karangan ini, penulis menjelaskan lebih lanjut tujuan dari topiknya dengan menyertakan bukti konkret untuk mendukung diskusi.

  • Membuat Simpulan

Sesuai dengan tujuan penulisan karangan eksposisi, kesimpulan harus sejalan, bahkan harus memperkuat skripsi.

Kaidah Bahasa Teks Eksposisi

Berikut ini adalah teks kebahasaan dari teks eksposisi, diantaranya sebagai berikut:

  • Dapat menjelas dan menyatakan pendapat, misalnya, “ air minum mesupakan sumber terpenting bagi makhluk hidup dan alam
  • Ini karena selain 2/3 dari tubuh kita adalah air, air juga dapat membersihkan tubuh dari racun dan menyumbangkan nutrisi penting ke sel-sel tubuh”.
  • Memuat fakta, yang bersumber dari penelitian yang dibutuhkan oleh data untuk menyajikan informasi.
  • Penegasan pendapat ada pada bagian penutup, yang bersifat obyektif dengan variasi ilmiah dan kalimat yang efektif.
  • Menggunakan kata ganti, adalah jenis kata yang menggantikan kata benda atau frase kata benda.
  • Dengan menggunakan kata sambung, kata sambung dapat digunakan dalam teks eksposisi untuk memperkuat argumen
  • Menggunakan kata-kata leksikal tertentu (kata yang mengacu pada kamus), yaitu kata-kata yang merujuk pada objek, baik nyata maupun abstrak. Dalam kalimat tersebut terdapat posisi subjek. Dilihat dari bentuk dan maknanya, ada pula yang berupa kata benda dasar atau kata benda turunan.

Jenis-jenis Teks Eksposisi

Jenis dari teks eksposisi adalah sebagai berikut:

Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks eksposisi ini memakai penjabaran sederhana atau bentuk konkrit dari suatu ide. Memberikan ilustrasi sesuatu memiliki kesamaan sifat, memakai kata penghubung.

Teks Eksposisi Berita

Teks eksposisi berita menyajikan tenstang suatu informasi dan kejadian, teks ini sering anda jumpai pada berita atau pun ssurat kabar.

Teks Eksposisi Perbandingan

Teks eksposisi ini menjelaskan ide atau gagasan pada kalimat utama dengan metode perbandingan.

Teks Eksposisi Proses

Teks eksposisi ini mengandung mengenai panduan atau tata cara membuat sesuatu.

Teks Eksposisi Definisi

Teks Eksposisi ini memuat tentang definisi dari suatu objek

Teks Eksposisi Pertentangan

Mengandung pertentangan antara suatu objek dengan objek yang lain. Jenis eksposisi ini seringkali memakai frasa penghubung seperti: Meskipun begitu, akan tetapi, sebaiknya.

Teks Eksposisi Analisis

Proses memisahkan masalah dari sebuah gagasan utama untuk menjadi beberapa sub bagian. Lalu melakukan pengembangan secara beruntun.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi : Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Jenis, Contoh

Contoh Teks Eksposisi

Dibawah ini adalah contoh dari teks eksposisi:

Fakta Hukum Di Indonesia

Tesis:

Undang-undang di Indonesia, sebagaimana diatur dalam undang-undang, secara jelas mengatur hukuman bagi pelaku kejahatan.

Namun faktanya seringkali terjadi ketidakadilan hukum yang dapat merugikan banyak orang. Hukum bisa tegas tapi tiba-tiba menjadi tumpul saat berhadapan dengan koruptor, itulah yang terjadi sekarang.

Argumentasi:

Bukan rahasia lagi bahwa koruptor di Indonesia mendapat hukuman yang bisa disebut light level, bahkan ada koruptor yang mendapat tunjangan fasilitas mewah meski dinilai merugikan negara.

Kita pasti sering melihat di berita bahwa pencuri, pencopet dan penjambret dipukul sampai mati. Tapi kita tidak pernah tahu bahwa koruptor di Indonesia dipukul sampai mati.

Penegasan Ulang

Hukum di Indonesia dapat dibilang hanya tegas kepada rakyat kecil. Contoh adalah kasus yang pernah dialami nenek Asyani.

Kesusnya hanya karena dia diduga mencuri kayu, dia bisa menghadapi hukuman lima tahun penjara. Ironis dan tidak adil memang jika dibandingkan dengan hukuman yang diterima koruptor.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi : Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Jenis, Contoh, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi