Jenis Jenis Warna : Pengertian, Karakter dan Penjelasannya

Jenis Jenis Warna : Pengertian, Karakter dan Penjelasannya – Apa saja jenis jenis dari warna dan penjelasannya ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu hal-hal yang juga melingkupinya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.


Jenis Jenis Warna : Pengertian, Karakter dan Penjelasannya


Warna merupakan salah satu unsur penting yang harus ada dalam kehidupan kita, sebab warna berguna untuk menunjukan gelap terang sesuatu. Selain itu warna juga bisa melambangkan suasana hati/perasaan, seperti warna gelap menunjukkan suasa hati yang sedang sedih.

Warna merupakan spektrum tertentu yang terdapat dalam suatu cahaya sempurna atau kesan yang ditimbulkan oleh cahaya kepada mata. Sementara menurut para ahli warna merupakan kumpulan dari pigmen-pigmen.


Pengertian Warna

pengertian warna secara umum: warna merupakan spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya bewarna putih (cahaya sempurna). Identitas suatu warna juga dapat ditentukan oleh panjang gelombang dari cahaya putih tersebut.

Pengertian warna menurut Wikipedia: warna diartikan sebagai suatu spektrum yang terdapat pada suatu cahata sempurna (cahata bewarna putih). Warna dapat tercipta melalui gelombang cahaya yang telah ditentukan oleh panjang gelombang cahaya tertentu.

Sebagai contoh, warna biru memiliki panjang gelombang sebesar 460 nanometer.

Sedangkan untuk panjang gelombang warna yang masih bisa ditangkap oleh mata manusia itu berkisar antara 380-780 nanometer, yang berarti untuk warna biru sendiri itu termasuk kedalam kategori warna dingin atau warna yang tidak mencolok.

Pengertian warna dalam peralatan optis: Dalam peralatan optis, definisi warna itu berarti sebuah imprestasi otak terhadap campuran 3 warna primer cahaya, diantaranya:

  • Warna Merah
  • Warna Hijau
  • Warna Biru

hal itu dapat terjadi jika menggabungkan warna tersebut dalam komposisi tertentu. Misalnya untuk percampurab warna merah 100%, hijau 0%, dan warna biru 100% maka kita akan menghasilkan interprestasi warna megenta.

Pengertian warna dalam seni rupa: Warna dalam seni rupa dapat diartikan sebagai pantulan tertentu dari suatu cahaya yang telah dipengaruhi oleh sebuah pigmen yang terdapat pada permukaan benda. Misalnya kita mencampurkan pigmen warna magenta dan cyan dengan proporsi yang tepat juga disinari dengan cahaya putih yang sempurna akan menghasilkan sensasi yang mirip dengan warna merah.


Pengertian Campuran Warna

Warna memiliki tiga warna dasar, yang disebut warna primer, yaitu merah (M), kuning (K), dan biru (B). Apabila terdapat dua warna primer yang dicampur, maka akan menghasilkan warna kedua atau disebut warna sekunder.

Bila warna primer dicampur dengan warna sekunder maka akan menghasilkan warna ketiga atau disebut warna tersier. Jika warna tersier dicampur lagi dengan warna primer atau sekunder maka akan menghasilkan warna netral. Jadi campuran warna adalah kombinasi antar warna dua primer, warna primer dengan warna sekunder, atau warna primer dengan warna tersier.


Fungsi Warna

Adapaun fungsi dari suatu warna adalah sebagai berikut :

  • Sebagai Indentitas, yakni mengenali sesuatu dari warnanya, misalnya seragam, bendera, logo perusahaan dan yang lainnya.
  • Sebagai isyarat, adanya sebuah warna dapat memberikan suatu tanda-tanda terhadap sifat atau suatu kondisi. Misalnya warna merah yang menandakan kemarahan.
  • Fungsi psikologis, yakni warna mampu memberikan kesan terhadap yang melihat, misalnya warna hijau pada tumbuhan rerumputan yang mampu memberikan kesan yang segar dan menyenangkan.
  • Fungsi alamiah, yakni menandakan suatu properti benda tertentu, misalnya buah tomat yang memiliki warna merah, sangat jarang tomat memiliki warna selain merah.

Macam-Macam Warna dan Penjelasannya

Untuk mengetahui berbagai macam warna serta fungsi dan penjelasannya secara lengkap, berikut adalah 10 macam macam warna yang dapat sobat pahami :

  • Merah

Merah adalah warna yang memiliki aura yang cukup kuat, merah menggambarkan suatu bahaya, gairah, gembira dan juga energi.

Dalam dunia psikologi, merah adalah jenis warna yang termasuk dalam golongan warna hangat. Warna merah juga disebut dengan warna yang menggambarkan kehebatan didalam dunia romansa dan juga kekuasaan.

Disisi lainnya, warna merah juga di indentikkan dengan suatu kekerasan. Sehingga untuk menjaga keseimbangannya, merah akan baik apabila dipadukan dengan warna biru muda.

  • Oranye

Oranye merupakan warna yang dihasilkan dari perpaduan antara merah dengan kuning. Oranye memiliki kesan yang hangat, semangat dan merupakan simbol petualangan, percaya diri dan kemampuan dalam bersosialisasi.

Orange juga menggambarkan ketenangan yang berkaitan dengan sebuah hubungan. Orange menyatu dengan nuansa musim gugur dan memberikan nuansa yang indah seperti sunset.

  • Kuning

Kuning memiliki arti kehangan dan juga kebahagiaan yang dapat menimbulkan rasa optimisme, semangat dan juga keceriaan. Jika dilihat dari sisi psikologi, kuning adalah jenis warna yang paling bahagia, menyolok dan menyatu dengan ekstrovert.

Oleh karena itu, warna kuning biasa digunakan oleh seorang yang menginginkan tampil dengan diperhatikan oleh orang lain. Kuning juga disebut sebagai warna matahari yang cukup alami.

Kuning adalah warna yang bisa merangsang aktivitas pikiran dan juga mental. Selain itu, aura yang terdapat pada warna kuning bisa digunakan untuk membantu penalaran secara logis dan analitis.

Baca Juga:  Pengertian Tekanan : Jenis Tekanan, Rumus dan Contoh Soal

Oleh sebab itu, biasanya seorang yang menyukai warna kuning biasanya memiliki sikap yang bijaksana, cerdas dan sangat kreatif dalam menciptakan ide yang original.

  • Biru

Biru adalah jenis warna yang mampu memberikan efek tenang dan juga diyakini sebagai warna yang dapat mengatasi insomnia, kecemasan dan migraine.

Biru memberikan kesan profesional dan juga kepercayaan, sehingga warna ini banyak digunakan sebagai warna utama dalam suatu perusahaan (warna corporate).

Biru juga diyakini dapat merangsang kemampuan dalam berkomunikasi dan sebagai simbol kekuatan. Dalam dunia psikologi, biru dapat merangsang pemikiran yang jernih, menenangkan pikiran dan mampu meningkatkan konsentrasi.

Apabila dikaitkan dengan tipe kepribadian yang dimiliki seseorang, warna biru biasanya dikaitkan dengan tipe orang melankolis.

Cahaya yang dikurangi pada warna biru dapat memberikan kesan ketenanan, sebaliknya jika cahayanya ditambah maka akan menciptakan perasaan sedih, sendiri dan kesunyian.

  • Hijau

Biasanya hijau adalah jenis warna yang identik dengan alam yang mampu memberikan suasana santay. Jika dilihat dari sudut pandang psikologi hijau dapat membantu seseorang dalam menyeimbangkan emosi dan memberikan kemudahan dalam berkomunikasi.

Sedangkan didalam bidang desain, warna hijau dapat memberikan kesan yang segar dan alami (membumi) apabila dipadukan dengan warna coklat gelap (tanah).

Jika dikaitkan dengan kepribadian seseorang, hijau sangat cocok untuk tipe orang dengan kepribadian plegmatis, sehingga orang dengan kepribadian ini biasanya selalu menjadi penengah dalam sebuah perbedaan dan selalu menghindari konflik.

  • Hitam

Hitam merupakan warna yang dapat memberikan kesan suram, kegelapan, menakutkan akan tetapi juga dapat memberikan kesan yang elegan. Sehingga warna apapun yang dikombinasi dengan hitam akan selalu nampak menarik.

Warna hitam melambangkan suatu keanggunan, kemamkuran, dan juga kecanggihan. Selain itu warna hitam termasuk warna yang penuh dengan misteri.

Sehingga kerap kali anak usia remaja lebih menyukai warna ini. Hal ini karena jiwa mudah mereka masih penuh dengan misteri dalam perjalanan menemukan jati dirinya. Hal tersebut akan nampak ketika mereka memilih warna pada busana yang akan dipakainya.

Didalam dunia fashion, hitam banyak digunakan sebagai warna yang memberikan kesan kurus dan langgeng. Adapun filosofinya, hitam memiliki kandungan makna yang positif, diantaranya :

  • Mencerminkan keberanian
  • Menjadi pusat perhatian (bagi lawan jenis)
  • Ketenangan dan dominasi
  • Keteguhan, kekuatan dan juga keteguhan hati
  • Menyukai hal yang alami dibandingkan yang palsu.

Orang yang menyukai warna hitam, pada umumnya mereka adalah orang yang cuek dan tidak terlalu memikirkan apa yang dikatakan seseorang terhadap dirinya.

  • Putih

Putih memberikan kesan suci dan bersih, didalam dunia medis putih memberikan kesan steril. Salah satu kelebihan yang terdapat didalam warna ini adalah dapat membantu mengurangi rasa nyeri. Karena mampu memberi kesan bebas dan terbuka.

Akan tetapi putih juga memiliki kekurangan, yakni dapat memberikan rasa sakit kepada dan menyebabkan mata lelah apabila warna tersebut terlalu mendominasi.

  • Coklat

Coklat adalah warna yang mengandung unsur bumi dan identik dengan musim gugur. Warna coklat mampu memberikan kesan hangat, rasa nyaman dan aman.

Dilihat dari sisi psikologis, coklat dapat memberikan kesan kuat yang dapat diandalkan, coklat juga melambangkan pondasi dan kekuatan hidup.

Warna coklat mampu memberikan kesan modern dan canggih, biasanya warna coklat banyak digunakan pada rumah-rumah dengan tujuan untuk memberikan kesan yang menenangkan bagi pemiliknya.

  • Pink

Pink adalah warna yang dihasilkan dari perpaduan antara warna merah dengan putih, kedua campuran warna ini menghasilkan warna yang kita kenal dengan pink atau merah muda.

Warna ini merepresentasikan prinsip feminim dan merupakan salah satu warna yang paling banyak digemari oleh kaum wanita.

Warna pink dapat dikatan sebagai warna yang lemah, identik dengan wanita juga sebagai warna yang menarik dan cantik. Biaanya orang yang menyukai warna pink, adalah tipe orang yang romantis, manja dan suka membantu.

  • Peach

Warna peach adalah jenis warna yang diambil dari warna kulit buah persih. Warna peach dideskripsikan sebagai warna dari paduan antara warna orange dengan kuning pucat.

Biasanya jenis warna ini dapat kita jumpai pada produk kecantikan seperti lipstik, eye shadow ataupun blush on.

Jika kita perhatikan, sekilas warna peach hampir sama dengan warna merah muda atau pink namun agak kekuningan. Dalam kelompok warna, warna peach termasuk pada kategori warna pastel (warna cerah).

  • Ungu

Ungu merupakan jenis warna yang mewah dan memberikan kesan keagungan dan kebijaksanaan. Warna ungu tersambung dengan pikiran dan juga imaginasi seseorang.

Sejak dahulu warna ungu adalah warna yang terkait dengan nuansa kerajaan. Ungu mampu memberikan pemikiran pada benak kita terhadap sesuatu yang bersifat kesenangan dan kemewahan.

  • Tosca

Warna tosca atau toska adalah warna yang dihasilkan dari perpaduan antara warna biru yang sedikit kehijau-hijauan. Jika sobat belum tahu seperti apa itu warna tosca, sobat bisa melihat warna pada air laut.

Dalam bahasa Inggris warna ini disebut dengan Turquoise. Kata turquoise sendiri berasal dari bahasa Perancis “Turkish”.

Penggunaan kata turquoise pada warna ini dalam Bahasa Inggris pertama kali digunakan yakni pada tahun 1573.

  • Silver

Warna silver atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan warna perak, adalah jenis warna yang menyerupai warna logam perak yang dianggap bernilai oleh manusia.


Jenis-Jenis Warna dan Penjelasannya


  • Warna Primer

Warna primer merupakan warna pokok atau pertama yang pembentukannya tidak disertai dengan warna yang lain. Warna ini digunakan sebagai bahan campuran pokok sehingga menghasilkan warna warna lain. Adapun warna primer yaitu:

    • Merah, yang sebenarnya bernama Magenta yakni merah semu ungu.
    • Biru, yang sebenarnya bernama Cyan yakni biru semu hijau.
    • Kuning, yang sebenarnya bernama Yellow.
Baca Juga:  Ikatan Kovalen : Pengertian, Karakertistik, Jenis, Rumus Kimia dan Sifat Senyawanya

Dan warna warna primer diatas sering disingkat CMY (Cyan, Magenta, Yellow) dalam dunia percetakan.


  • Warna Skunder

Warna sekunder merupakan warna yang dihasilkan dari pencampuran dua warna primer. Misalanya warna merah di campur warna kuning maka akan menjadi warna Orenge (Skunder). Berikut ini adalah macam-macam warna sekunder diantaranya:

    • Orange atau Jingga hasil campuran merah dengan kuning.
    • Hijau yaitu warna hasil campuran kuning dengan biru.
    • Ungu/Violet yaitu warna hasil dari campuran biru dengan merah.

  • Warna Intermediate

Warna intermediate merupakan warna pada lingkaran warna yang letaknya diantara warna primer dan warna sekunder. Berikut ii adalah macam – macam warna intermediate diantaranya:

    • Merah Violet (Red Violet) yakni ialah warna yang letaknya diantara merah dan violet/ungu.
    • Merah Jingga (Red Orange) yakni ialah warna yang letaknya diantara merah dan jingga.
    • Kuning Jingga (Yellow Orange) yakni ialah warna yang letaknya diantara kuning dan jingga.
    • Kuning Hijau (Yellow Green) yakni ialah warna yang letaknya diantara kuning dengan hijau.
    • Biru Hijau (Blue Green) yakni ialah warna yang letaknya diantara biru dan hijau.
    • Biru Violet (Blue Violet) yakni ialah warna yang letaknya diantara biru dan violet atau ungu.

  • Warna Tersier

Warna tersier merupakan warna yang berasal dari pencampuran antara warna primer dengan warna sekunder. Berikut ini adalah macam macam warna tersier yaitu:

    • Coklat Merah merupakan warna yang dihasilkan dari campuran warna merah dengan warna hijau.
    • Coklat Kuning merupakan warna yang dihasilkan dari campuran warna kuning dengan warna ungu.
    • Coklat Biru merupakan warna yang dihasilkan dari campuran warna biru dengan warna jingga atau orange.

  • Warna Kuarter

Warna kuarter merupakan warna yang berasal dari campuran 2 warna tersier. Berikut ini adalah macam macam warna kuarter yaitu:

    • Coklat jingga merupakan warna yang berasal dari campuran merah tersier dengan warna kuning tersier.
    • Coklat ungu merupakan warna yang berasal dari campuran biru tersier dengan warna merah tersier.
    • Coklat hijau merupakan warna yang berasal dari campuran kuning tersier dengan warna biru tersier

Macam Macam Atribut Warna

Selain beberapa jenis warna yang disebutkan diatas, dibawah ini adalah beberapa istilah yang biasa digunakan pada warna, adapun macam-macam atribut warna adalah sebagai berikut :

  • Warna Netral

Warna netral adalah warna yang terdiri dari warna putih dan hitam. Biasanya jenis warna ini digunakan untuk menjadikan suatu warna menjadi lebih gelap atau terang.

  • Hue

Hue merupakan sebutan atau istilah berbagai macam warna dalam satu jenis warna. Contoh : warna merah darah, merah jambu, merah hati, merah jingga dan yang lainnya.

  • Value

Value atau gelap terang adalah tingkat gelap atau terangnya suatu warna. Warna yang memiliki tingkat terang paling tinggi adalah warna putih, sedangkan warna dengan tingkat gelapnya paling tinggi adalah hitam. Semakin terang suatu warna maka semaking tinggi valuenya.

  • Intensity

Disebut juga dengan intensitas warna atau juga kualitas suatu warna merupakan tingkat kecerahan dan kemuraman suatu warna.

Warna yang cerah adalah jenis warna yang cerah bersinar atau disebut dengan spot light, sedangkan warna yang muram adalah jenis warna yang kusam dan tidak bersinar.

  • Contrast

Contrast atau kontras adalah perbedaan antara dua warna yang bertolak belakang dan memiliki tingkat hue atau gelap terang yang sangat berbeda.

  • Complement

Complement atau komplementer adalah dua jenis warna yang saling berhadapan didalam sebuah lingkaran warna, misalnya merah dengan hijau, biru dengan jingga dan kuning dengan ungu.

  • Monocrome

Monocrome atau monokrom adalah warna yang mempunyai kesamaan hue (sejenis), misalnya merah yang terdiri dari merah muda, merah coklat, merah jambu dan yang lainnya.

  • Monotone

Monoton adalah warna yang senada atau memiliki nuansa yang sama, misalnya warna-warna gelap seperti coklat, hijau tua dan juga biru tua.

  • Analog

Warna analog adalah jenis warna yang berdekatan atau bertetangga, misalnya seperti warna biru yang berdekatan dengan merah atau merah keunguan.

Jenis Jenis Warna : Pengertian, Karakter dan Penjelasannya


Karakter Warna

Menurut Junaedi (2003) yang menjelaskan bahwasanya warna memiliki sifat yang digolongkan menjadi dua jenis yakni :

  • Warna Panas

Yang termasuk didalam kategori warna panas diantaranya adalah keluarga dari warna merah atau jingga yang mempunyai sifat dan juga pengaruh hangat, segar atau menyenangkan, merangsang dan bergairah.

  • Warna Dingin

Yang termasuk dalam kategori warna dingin adalah keluaga warna biru atau hijau yang mempunyai sifat dan pengaruh sunyi, tenang dan depresi.

Jenis warna ini apabila digunakan sebagai warna ruangan akan memberikan kesan jarak, terasa tenggelam dan mundur. Berbeda dengan warna hangat, yang kesannya terasa seolah maju dan memberikan kesan jarak yang lebih pendek.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Jenis Jenis Warna, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.