Sistem Informasi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Komponen, Ciri Ciri, Jurusan, Contoh

Sistem Informasi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Komponen, Ciri Ciri, Jurusan, Contoh –    Apakah yang di maksud dengan Sistem Informasi ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Sistem Informasi dan hal-hal yang melingkupinya. Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Sistem Informasi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Komponen, Ciri Ciri, Jurusan, Contoh


Secara umum, pengertian sistem informasi adalah sebuah sistem yang terintegrasi dan berhubungan satu sama lain pada perusahaan atau pada instansi resmi lainnya.Sistem ini nantinya akan membuat semua komponen yang ada di perusahaan ataupun di instansi tertentu menjadi terkoordinasi dengan baik dan teratur.

Sistem informasi merupakan sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan.Sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi, dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi.

Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

Sedangkan Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli diantaranya sebagai berikut :

  • Mc Leod

Pengertian sistem informasi menurut Mc Leod adalah suatu sistem yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi.

  • Erwan Arbie

Erwan Arbie berpendapat bahwa pengertian sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, bantuan, dan dukungan operasi.

Sistem ini bersifat manajerial dari suatu organisasi dan membantu memfasilitasi penyediaan laporan yang diperlukan.

  • O’Brien

O’Brien menyatakan bahwa pengertian sistem informasi merupakan kombinasi dari setiap unit yang dikelola orang-orang, hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), jaringan komputer, serta jaringan komunikasi data (komunikasi), dan database (basis data) yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi tentang bentuk organisasi.

  • Alter

sedangkan Alter memiliki pendapat tersendiri, pengertian sistem informasi ialah sebagai tipe khusus dari sistem kerja dimana manusia dan atau mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan atau jasa bagi pelanggan.

  • John F. Nash (1995:8)

Sistem informasi merupakan Sistem Informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mengatur jaringan komunikasi yang penting, proses transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat.

  • Kertahadi (2007)

Sistem informasi merupakan alat untuk menyajikan informasi sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi dalam perencanaan, memulai, pengorganisasian, operasional sebuah perusahaan yang melayani sinergi organisasi dalam proses mengendalikan pengambilan keputusan.

  • Rommey (1997:16)

Sistem informasi yang diselenggarakan cara untuk mengumpulkan, memasukkan, mengolah, dan menyimpan data dan terorganisir cara untuk menyimpan, mengelola, mengendalikan dan melaporkan informasi dengan cara yang suatu organisasi dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Baca Juga:  √ Pengertian Hak Cipta, Fungsi, Ciri, Sifat dan Dasar Hukum Lengkap

Tujuan Sistem Informasi

Tujuan dari sistem informasi adalah untuk menghasilkan informasi. Sistem informasi merupakan data yang diolah menjadi bentuk yang berguna bagi para penggunanya. Data yang diolah saja pun tidak cukup apabila dikatakan sebagai suatu informasi. Untuk dapat berguna, maka harus tersedia tiga pilar seperti berikut:

  • Relevance: Tepat kepada orangnya.
  • Timeliness: Tepat waktu
  • Accurate: Akurat atau tepat nilainya

Apabila tiga hal tersebut tidak terpenuhi, maka informasi tidak dapat dikatakan berguna, melainkan sampah (garbage).


Fungsi Sistem Informasi

Berikut beberapa fungsi dari sistem informasi:

  • Meningkatkan aksesiblitas data secara efektif dan efisien kepada pengguna, tanpa dengan perantara sistem informasi
  • Menjamin ketersediaan kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis
  • Memperbaiki produktivitas aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem
  • Menetapkan investasi yang hendak diarahkan pada sistem informasi
  • Mengantisipasi dan memahami akan konsekuensi ekonomi
  • Mengidentifikasi kebutuhan mengenai keterampilan pendukung sistem informasi
  • Mengembangkan proses perencanaan yang efektif

Komponen Sistem Informasi

Sistem informasi memiliki beberapa komponen yaitu sebagai berikut :

  • Komponen input: Data yang masuk ke dalam sistem informasi.
  • Komponen model: Kombinasi prosedur, logika, dan model matematika yang memproses data yang tersimpan pada basis data dengan cara yang sudah di tentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
  • Komponen output: Hasil informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
  • Komponen teknologi: Alat dalam sistem informasi, teknologi digunakan dalam menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan output, serta memantau pengendalian sistem.
  • Komponen basis data: Kumpulan data yang saling berhubungan yang tersimpan di dalam komputer dengan menggunakan software database.
  • Komponen kontrol: Komponen yang mengendalikan gangguan terhadap sistem informasi.

Ciri Ciri Sistem Informasi

Berikut ciri-ciri dari sistem informasi antara lain:

  • Baru: Informasi yang didapat adalah baru, dan segar bagi para penerima informasi
  • Tambahan: Informasi dapat diperbaharui atau memberi tambahan terhadap informasi yang sebelumnya telah hadir
  • Kolektif: Informasi yang dapat menjadi suatu koreksi dari informasi yang salah sebelumnya
  • Penegas: Informasi yang dapat mempertegas informasi yang sebelumnya telah ada

Jurusan Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi (SI) sangat ideal untuk Anda yang mempunyai minat dalam ilmu komputer, bisnis, dan teknologi informasi.Jurusan SI adalah tempat yang tepat bagi Anda jika Anda bersemangat menggunakan teknologi untuk keuntungan positif di seluruh masyarakat, baik ekonomi maupun humanistik.

Baca Juga:  √ Pengertian Akuntansi Biaya, Tugas dan Tujuannya (Terlengkap)

Kurikulum dalam jurusan sistem informasi dirancang untuk memberikan mahasiswa latar belakang seni liberal yang luas dan pendidikan profesional yang kuat.Anda akan mendapatkan dasar yang kuat dalam berbagai disiplin bisnis dan mendapatkan pemahaman tentang penggunaan teknologi informasi yang efektif dalam bisnis atau pengaturan organisasi lainnya.

Anda juga akan mempelajari jaringan komputer, manajemen proyek di lingkungan teknologi informasi, dan keamanan informasi.Disarankan Anda turut berpartisipasi dalam kunjungan lapangan, kegiatan pembelajaran pengalaman, dan mengembangkan keterampilan kepemimpinan Anda melalui organisasi siswa seperti Asosiasi Sistem Informasi KU (ISAK).

Pentingnya sistem informasi untuk semua jenis perusahaan serta kebutuhan akan para profesional yang berpendidikan dan kreatif di bidangnya terus meningkat di seluruh dunia.

Berikut adalah beberapa alasan dasar mengapa peluang karir bagi para lulusan jurusan sistem informasi semakin banyak dan beragam.

  • Faktanya, secara virtual, setiap organisasi bisnis di semua industri, entitas pemerintah, atau kelompok nirlaba, pada tingkat tertentu bergantung pada teknologi informasi. Dan sebagai akibatnya, permintaan agregat bagi para profesional sistem informasi makin meningkat.
  • Pekerjaan kursus khusus termasuk pemrograman pengantar, manajemen database, dan analisis dan desain system juga bergantung pada ahli sistem informasi.
  • Bahkan beberapa posisi yang lebih fokus pada teknis daripada analitis, dan beberapa organisasi perusahaan memilih untuk menempatkan karyawan entry level dalam posisi semacam ini untuk “learn the ropes.”

Sistem Informasi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Komponen, Ciri Ciri, Jurusan, Contoh


Contoh Sistem Informasi

Inilah sistem informasi dan contohnya:

Knowledge Work System

Sesuai dengan namanya, Knowledge Work System ini merupakan jenis sistem informasi yang memuat berbagai informasi terbaru mengenai ilmu pengetahuanIlmu pengetahuan yang dimuat selanjutnya dapat diakses oleh semua penggunanya dan digunakan untuk memecahkan berbagai macam masalah.

Office Automation System

Office Automation System adalah sistem yang bertugas untuk menggabungkan beberapa peralatan IT dalam suatu jaringan dan dipusatkan pada suatu server tertentu.Penggabungan peralatan IT dari anggota atau pekerja bertujuan untuk mempermudah serta memberikan efisiensi dalam hal komunikasi.

Transaction Processing System

Sistem informasi jenis ini biasanya digunakan pada organisasi atau instansi yang melakukan kegiatan atau operasional tertentu secara rutin.Contoh operasional rutin yang dimaksud adalah seperti melakukan transaksi keuangan, registrasi ulang secara berkala, dan lain sebagainya.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Sistem Informasi , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.