Ma Fi Qalbi Ghairullah : Pengertian dan Maknanya

Ma Fi Qalbi Ghairullah : Pengertian dan Maknanya – Apa arti kalimat arab Ma Fi Qalbi Ghairullah ?, Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan hal-hal yang juga melingkupinya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Ma Fi Qalbi Ghairullah : Pengertian dan Maknanya


Kalian tentu mungkin pernah mendengar kalimat Ma fi qalbi ghairullah bukan? Kalimat ini memang belum begitu populer jika ucapan-ucapan dalam bahasa Arab yang lainnya seperti contohnya ucapan La Tahzan Innallaha Ma’ana, Allahumma Yassir Wala Tu’assir dan lain lain.

Namun Jika anda perhatikan kalimat terakhir yang berbunyi “ghairullah”, kata ini mengandung makna yang yang berati sebuah pengharapan kepada Allah Swt.

Kalimat atau kata Ma fi qalbi ghairullah merupakan ucapan yang ber bahasa Arab yang memliki arti yakni:

 مَافِي قَلْبِي غَيْرُ الله

”Tiada didalam hatiku selain Allah”.

Kalimat ungkapan ini adalah bentuk pengakuan diri atas kemantapan hati untuk selalu mengingat Allah Swt.

Maka dengan seseorang mengucapkan kalimta ini akan membuat seseorang tersebut dapat membuang jauh di dalam hati selain Allah dan hatinya berharap hanya ada Allah.

Maka dengan membaca ataupun mengamalkan lafaz bacaan ini akan menjadikan senantiasa bersandar kepada Allah swt.Pernyataan ini adalah bentuk pengakuan seorang hamba tentang tekad seseorang untuk selalu mengingat dan berharap bahwa hanya Allah Subhanahu wa Taala yang ada di hatinya.

Dengan kesadaran bahwa “Allah cukup di dalam hatinya”, hati orang ini akan diperkuat dari semua hal yang dapat mengabaikannya dari ingatan Allah, yang harus ia ingat sepanjang waktu.

Baca Juga:  Sifat Allah : Sifat Wajib, Sifat Mustahil, Sifat Jaiz dan Penjelasannya

Pengertian Ma Fi Qalbi Ghairullah

Ucapan ini berasal ari bahasa Arab, dan ucapan ini terdiri dari 5 kata yang diantaranya sebagai berikut:

Kata: Ma (مَا)”, “
Kata: Fii (فِي)”, “
Kata: Qalbi (قَلْبِي)”
Kata: Ghairu (غَيْرُ)”
Lafadz: Allah (الله)”.

Yang apabila digabungkan maka menjadi sebuah kalimat yang baik, yaitu Ma Fi Qalbi Ghairullah yang artinya “tidak ada di dalam hatiku selain Allah, “tidak ada di dalam hatiku kecuali Allah atau cukuplah Allah di dalam hatiku”.

Dari arti ma fi qalbi ghairullah yang telah dijelaskan di atas, tentu saja membantu kita dalam mengambil makna yang dimaksud dari pernyataan tersebut.

Tentu sebenarnya ucapan ini adalah penegasan sekaligus pengecualian mengenai hal-hal di luar Allah atau selain Allah yang ada di dalam hati. Namun jangan salah dalam memaknai kata ‘hati’ dalam kalimat tersebut.

Maksudnya ‘hati’ disitu bisa dimaknai sebuah keyakinan yang tentu orang mengucapkan atau yang berkaitanlah yang bisa memahaminya sendiri, bukan berarti bertempat di hati, karena Allah tidaklah bertempat. Sebagaimana Sayyidina Ali RA pernah berkata :

كان الله ولا مكان وهوالان على ما كان بلا مكان

Artinya : Allah telah ada sebelum adanya tempat, dan sekarang Allah tetap seperti sedia kala, tanpa tempat.

Ma Fi Qalbi Ghairullah : Pengertian dan Maknanya

Makna Ma Fi Qalbi Ghairullah

Pernyataan atau ungkapan ma fi qalbi ghairullah ini mempunyai makna yakni sebagai penegasan iman kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Muslim yang mengaku dirinya beriman kepada Allah Swt merupakan muslim yang selalu mengutamakan Allah di dalam aktivitas kehidupannya.

Seorang muslim harus mesti tetap atau istiqomah dengan pernyataan tersebut, diawali dengan mengucapkan kalimat tersebut di dalam hati dan kemudian melaksanakan arti dan maknanya dengan perbuatan.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Ma Fi Qalbi Ghairullah ,semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya