Atletik Adalah : Pengertian, Sejarah, dan Cabang Olahraganya

Atletik Adalah : Pengertian, Sejarah, dan Cabang Olahraganya – Apa yang dimaksud dengan atletik? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Atletik dan hal-hal yang melingkupinya. Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Atletik Adalah : Pengertian, Sejarah, dan Cabang Olahraganya

Atletik adalah salah satu cabang olahraga yang terdiri atas berbagai gabungan jenis olahraga fisik, seperti olahraga lari, lempar, lompat, dan jalan. Pendapat lain mengatakan bahwa atletik merupakan jenis olahraga fisik yang menggunakan sebuah lintasan dan lapangan; seperti jalan, lari, lompat tinggi, dan lempar lembing. Dengan kata lain, atletik ini mengacu dalam segala jenis olahraga, latihan, atau permainan yang menggunakan fisik.

Secara etimologis, istilah “Atletik” ini berasal dari bahasa Yunani, yaitu itu dari kata Athlon yang artinya perlombaan atau kontes. Mengacu dari kata atletik, maka pengertian dari atletik yaitu suatu perlombaan cabang-cabang olahraga tertentu yang mencakup jalan, lari, lompat, dan lempar.

Menurut Ensiklopedia Indonesia bahwa pengertian dari atletik yaitu sesuai dengan apa yang telah dijelaskan di atas yang artinya pertandingan dan olahraga pada atletik, sedangkan dalam istilah dari terminologi atletik merupakan bentuk aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari yang mana diperlombahkan dalam bentuk jalan melempar, berlari dan melompat.

Pengertian Atletik Menurut Para Ahli

Supaya bisa lebih memahami mengenai apa itu atletik, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

  • Eddy Purnomo

Menurut pendapat dari Eddy Purnomo, definisi atletik yaitu suatu kegiatan atau aktivitas jasmani yang terdiri atas berbagai gerakan dasar yang harmonis dan dinamis, yakni jalan, lari, lompat, dan lempar.

  • Sukirno

Menurt pendapat dari Sukirno, definisi atletik yaitu induk dari segala cabang olahraga (mother of sport) dan termasuk dalam olahraga yang paling tua.

  • Mochammad Djumidar A. Widya

Menurut pendapat dari Mochammad Djumidar A. Widya, atletik merupakan salah satu unsur pendidikan jasmani dan kesehatan. Atletik adalah komponen dalam pendidikan yang secara keseluruhan mengutamakan aktivitas jasmani dan adanya pembinaan hidup sehat dan pengembangan jasmani, mental, sosial, serta emosional yang selaras, serasi, dan seimbang.

  • Eri Periatama

Menurut pendapat dari Eri Periatama, definisi atletik yaitu suatu olahraga yang sebagian besar kegiatannya dilakukan pada suatu lintasan dan lapangan (track and field sport).

  • Muhajir

Menurut pendapat dari Muhajir, definisi daru atletik yaitu salah satu jenis olahraga yang tumbuh dan berkembang bersamaan dengan kegiatan alami manusia, seperti berjalan, berlari, melompat, dan melempar.

Sejarah Singkat Atletik

Awal mula kegiatan olahraga atletik ini dari kegiatan Olimpiade yang ada di Yunani pada tahun 776 sebelum Masehi. Pada saat itu, perlombaan lari (stade) adalah satu-satunya olahraga yang diperlombakan.

Pada abad 19 olahraga atletik ini mempunyai organisasi formal yang mana pada masa itu latihan dan olahraga reguler sudah diajarkan di sekolah-sekolah yang ada di Eropa. Pada perkembangannya, pada tahun 1896 olahraga atletik ini sudah mulai diperlombakan dalam event Olimpiade yang diikuti oleh berbagai negara.

pada awal tahun 1930-an, Negara Indonesia mulai mengenal olahraga atletik, yang mana pada saat itu ketika pemerintah Hindia Belanda mulai mengajarkan pelajaran atletik di sekolah-sekolah. Organisasi atletik pertama di Indonesia pada saat itu bernama Nederlands Indische Athletiek Unie yang mana vertugas dalam mengadakan pertandingan olahraga atletik.

Kegiatan pendidikan olahraga atletik di Indonesia pada saat sempat vakum sebab dibekukannya pada masa penjajahan Jepang. Namun, pada tahun 1946 terbentuklah organisasi yang bernama Persatuan Olahraga Republik Indonesia dengan tujuan agar dapat menghidupkan kembali kegiatan olahraga atletik di Indonesia.

Cabang Olahraga Atletik

Yang mana telah disebutkan sebelumnya, bahwa olahraga atletik terdiri atas beberapa cabang olahraga. Adapun beberapa cabang olahraga atletik adalah sebagai berikut:

Olahraga Jalan Cepat

Jalan cepat adalah gerakan berjalan dengan yang mana langkahnya ke depan secara terus menerus tanpa henti pada area tanah. Pada saat melakukan gerakan jalan cepat, posisi salah satu kaki atlet harus selalu menyentuh tanah yang mana posisi tumpuan kaki harus lurus.

Atletik : Pengertian, Sejarah, dan Cabang Olahraganya

Cabang Atletik Berlari

Olahraga lari yaitu suatu gerakan maju kedepan dengan cepat yang mana dalam kondisi tertentu posisi kaki berada di udara serta tidak menyentuh tanah. Berlari membutuhkan kekuatan otot, kecepatan, dan koordinasi anggota tubuh dengan stamina yang kuat agar bisa mencapai garis finish.

Cabang Olahraga atletik ini dapat dibagi lagi, diantaranya:

  • Lari jarak pendek; adalah lari dengan jarak tempuh serta nomor lari jarak untuk pendek yaitu 100 meter, 200 meter, dan 400 meter. Pada umunya dalam lari jarak pendek menggunakan start jongkok, yang membedakannya hanya pada jarak tempuhnya saja.
  • Lari jarak jauh; adalah Lari jarak jauh yang biasanya disebut dengan marathon, yang mana jarak tempuh untuk lari jaraj jauh adalah 3 kilometer, 5 kilometer, 10 kilometer, dan di atas 10 kilometer. Pada lari jarak jauh ini menggunakan start berdiri yang mana tekniknya sama dengan nomor lari yang lain.
  • Lari estafet; adalah cabang olahraga lari yang dilakukan dengan membawa tongkat dengan ukuran tertentu yang mana tongkat tersebut diserahkan kepada pelari berikutnya pada daerah pergantian. yaitu nomor 4 x 100 meter, dan nomor 4 x 400 meter.
  • Lari gawang; adalah olahraga lari yang dilakukan dengan cepat dengan tujuan untuk menempuh jarak tertentu dengan melewati beberapa rintangan berupa gawang atau palang rendah.

Cabang Atletik Melempar

Dalam olahraga ada juga beberapa jenis olahraga melempar yang mana masing-masing menggunakan alat khusus yang dilemparkan sejauh mungkin ke arah depan. terdapat beberapa jenis dalam olahraga lempar diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Lempar lembing; merupakan cabang olahraga atletik yang mana dilakukan dengan cara melemparkan lembing sejauh mungkin dengan tujuan untuk mencapai jarak maksimum. Untuk pria lembing yang digunakan dengan ukuran panjang 2,6 m – 2,7 m dengan berat minimum 800 gram, sedangkan untuk wanita panjang lembing yangdigunakan yaitu 2,2 m – 2,3 m dengan berat minimum 600 gram.
  • Lempar cakram; merupakan cabang atletik yang dilakukan dengan cara melempar cakram sejauh mungkin. Cakram yang digunakan mempunyai diameter 220mm dengan berat 2 kg untuk pria, sedangkan 1 kg untuk wanita.
  • Tolak peluru; yaitu salah satu cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan cara mendorong suatu bola besi yang berbentuk bulat sejauh mungkin. Berat bola besi yang digunakan untuk pria yaitu 5 kg – 7,257 kg, sedangkan untu wanita yaitu 3 kg – 4 kg.
  • Lontar martil; merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan cara mengayunkan, memutar, dan melemparkan martil sejauh mungkin. Berat martil yang digunakan untuk pria yaitu 7,26 kg dengan panjang 121,3 cm, sedangkan untuk wanita 4 kg dengan panjang 119,4 cm untuk wanita.

Cabang Atletik Melompat

Dalam atletik olahraga melompat dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut merupakan cabang olahraga atletik melompat yang sering diperlombakan diantaranya:

  • Lompat jauh; merupakan gerakan melompat ke depan dengan mengangkat kaki ke atas pada bagian depan tubuh. Gerakan ini dilakukan dengan tujuan agar dapat membawa titik berat badan selama mungkin di udara agar dapat mencapai jarak sejauh mungkin.
  • Lompat tinggi; yaitu salah satu cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan cara melompat setinggi mungkin agar dapat melewati mistar dengan ketinggian tertentu. Olahraga ini memerlukan kekuatan otot perut serta otot kaki agar bisa mencapai gerakan lompatan yang tinggi.
  • Lompat galah; adalah salah satu cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan cara melompat untuk melewati mistar pada ketinggian tertentu dengan dengan bantuan sebuah galah panjang dan fleksibel.
  • Lompat Jangkit: Lompat jangkit juga termasuk dalam macam-macam atletik dari cabang olahraga lompat. Lompat jangkit juga disebut dengan lompat jingkat, lompat tiga atau lebih seringnya disebut dengan triple jump. Nama resmi untuk lompat jangkit sudah tertulis pada buku peraturan perlombaan yang dibuat oleh PB PASI.
  • Untuk nama resminyayitu Lompat Jangkit atau (Hop Step Jump). Olahraga terdiri atas tiga gerakan yaitu jingkat atau hop, langkah atau step, dan lompat atau jump.
  • Gerakan tersebut harus dilakukan dengan urutan yang benar. Berikut ini untuk urutannya yaitu adalah awalan, jingkat, melangkah dan yang terakhir melakukan gerakan melompat.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Atletik , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya

Daftar Isi