Rhizopoda : Pengertian, Ciri dan Klasifikasinya

Rhizopoda : Pengertian, Ciri dan Klasifikasinya – Kembali lagi dengan mata pelajaran yang harus diketahui bagi para siswa terutama dengan jurusan IPA. Sekarang kita akan kembali lagi dengan informasi mengenai rhizopoda. Pasti dikalangan sebagian orang khususnya yang bukan jurusan IPA pasti sangat jarang mendengar kata rhizopoda.

Rhizopoda : Pengertian, Ciri dan Klasifikasinya

Untuk dari itu agar dapat mengetahui informasi tentang rhizopoda mari sama-sama untuk menyimak artikel yang akan dijelaskan kali ini. Jadi jangan sampai tidak membaca artikel ini lebih lanjut ya, agar lebih jelas mari kita memulai untuk membahas rhizopoda.

Pengertian Rhizopoda

Rhizopoda merupakan protozoa yang dapat bergerak menggunakan kaki semu atau palsu (pseudopodia). Rhizopoda sendiri berasal dari kata yang berasal dari bahasa yunani yaitu kata rhizo yang memiliki arti akar dan juga kata pod yang mempunyai arti kaki. Rhizopoda sering disebut juga dengan Sarcodina, sedangkan pseudopodia didalam bahasa yunani mempunyai arti palsu dan juga pod yang berartikan kaki.

Pseudopodia sendiri adalah penjuluran sitoplasma yang terbentuk disaat bergerak supaya dapat mendekati sumber makanan, pseudopodia juga dapat muncul di permukaan sel di bagian mana saja. Sitoskeleton terdiri dari mikrotubulus dan juga mikrofilamen yang juga mempunyai peranan didalam pergerakan pseudopodia di saat bergerak.

Rhizopoda menjulurkan pseudopodia dan kemudian mengaitkan ujungnnya lalu sitoplasma akan mengalirkan lebih banyak ke pseudopodia, sedangkan bentuk dari pseudopodia sendiri atau juga kaki semu ialah tebal dan juga berbentuk membulat ataupun tipis meruncing.

Ciri Rhizopoda

Rhizopoda juga memiliki ciri, apa saja ciri dari rhezopoda? Untuk lebih jelasnya mari kita simak dari kelanjutan artikel ini.

  1. Bergerak dengan menggunakan kaki palsu atau kaki semu (pseudopodia)
  2. Memiliki ukuran tubuh sekitar 200 sampai 300 mikron
  3. Mempunyai sifat heterotrof
  4. Mempunyai bentuk yang dapat berubah atau tidak tetap
  5. Pada umumnya hidup di air tawar dan juga air laut
  6. Mempunyai etoplasma dan juga endoplasma
  7. Ada yang bercangkang dan juga tidak
  8. Rhizopoda menelan makanannya atau fagosit
  9. Mempunyai vakuola makanan serta vakuola kontraktil
  10. Reproduksi dengan cara aseksual atau dengan pembelahan diri
  11. Pernafasan dengan menggunakan cara difusi ke seluruh tubuh
  12. Hidup secara bebas atau parasit

Klasifikasi Rhizopoda

Rhizopoda juga memiliki klasifikasi didalam nya, apa saja klasifikasi yang ada pada rhizopoda, rhizopoda dibagi kedalam 5 ordo apa saja 5 bagian ordo tersebut? mari kita lanjutkan ke artikel dibawah ini.

1. Ordo Labosa

Dengan ciri sebagai berikut, mempunyai pseudopodia atau kaki semu yang pendek dan juga tumpul yang dapat dibedakan secara jelas antara ektoplasma dan juga endoplasma

2. Ordo Foraminifera

Dengan ciri sebagai berikut, Pseudopodia atau kaki semu yang panjang serta halus

3. Ordo Filosa

Dengan ciri sebagai berikut, mempunyai pseudopodia atau kaki semu yang halus serta mirip dengan benang dan bercabang

4. Ordo Radiolarian

Dengan ciri sebagai berikut, memiliki pseudopodia yang berupa benang halus dan tersusun radier dan juga bercabang serta membentuk jala atau anyaman

5. Ordo Helioza

Dengan ciri sebagai berikut, mempunyai pseudopodia atau kaki semu yang radien dan juga antarfilamen dan tidak pernah bersatu untuk membentuk jala ataupun anyaman.

Pengertian Rhizopoda, Ciri, Klasifikasi Rhizopoda Lengkap

Reproduksi Rhizopoda

Rhizopoda bereproduksi dengan cara aseksual, reproduksi secara aksesual yang melalui berbagai mekanisme dengan cara pembelahan sel yang juga mengarah pada pembelahan mitosis. Tetapi tahap dari mitosis tidak tampak secara jelas, misalkan disaat proses pembelahan sel yang terbentuk benang spindel.

Tapi membran inti tidak pernah menghilang disaat proses pembelahan, pembelahan sel diawali pada pembelahan inti yang kemudian membran plasma semakin melekuk pada arah dalam sehingga terbentuk dua sel anakan.

Peran Rhezipoda

  1. Entamoeba gingivalis
  2. Entamoeba histolytica
  3. Entamoeba coli
  4. Foraminefera
  5. Difflugia

Sekian penjelasan yang diberikan tentang Rhizopoda : Pengertian, Ciri dan Klasifikasinya, rhizopoda merupakan protozoa yang mampu bergerak menggunakan kaki semu dan juga terbagi menjadi 5 ordo. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembacanya 🙂

Daftar Isi