√ 25 Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

25 Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang arsitektur. Dimana yang akan kami berikan ini adalah pengertian arsitektur dengan pandangan ahli yang tentunya berbeda satu sama lainnya.

25 Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Agar kalian memahami dengan jelas, maka sebaiknya membaca pembahasan ini hingga selesai.

Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari arsitektur menurut ahlinya.

1. Brinckmann

Pengertian arsitektur menurut Brinckmann adalah kesatuan antara bentuk dan ruang; penciptaan ruang dan bentuk.

2. Boukundige Encyclopedia

Pengertian arsitektur menurut Bounkundige Encyclopedia adalah kegiatan mendirikan bangunan dari segi keindahan. Sementara itu, aktivitas mendirikan bangunan dari segi konstruksi disebut dengan ilmu bangunan.

3. Sir Henry Wotton

Pengertian arsitektur menurut Sir Henry Wotton adalah suatu arsitektur bangunan harus memiliki tiga kondisi berikut: komoditas, kokoh, dan menyenangkan.

4. W. Grofius

Pengertian arsitektur menurut W. Grofius adalah suatu ekspresi yang paling tinggi di dalam alam pikiran seseorang yang mengandung unsur semangat, kemanusiaan, kesetiaan, dan keyakinan.

5. James Steele

Pengertian arsitektur menurut James Steele adalah Arsitektur yang paling dibutuhkan adalah arsitektur yang berkelanjutan (sustainable architecture) dan tidak membahayakan generasi mendatang dalam memenuhi kebuuhan mereka sendiri.

6. Renzo Piano

Pengertian arsitektur menurut Renco Piano adalah gaya arsitektur dibuat untuk menjadi merek dagang, maka hal itu secara tidak langsung akan menjadi sangkar yang mengekang dan membunuh para arsitek serta kebebasan mereka untuk berkembang.

7. Vitruvius

Pengertian arsitektur menurut Vitruvius adalah bangunan yang baik harus memiliki tiga aspek yaitu keindahan/estetika (Venustas), kekuatan (Firmitas) dan kegunaan/fungsi (Utilitas)

8. JB. Mangunwijaha (1992)

Pengertian arsitektur menurut JB. Mangunwijaya adalah astuvidya (wastuwidya) yang berarti ilmu bangunan. Dalam pengertian wastu terhitung pula tata bumi, tata gedung, tata lalu lintas (dhara, harsya, yana)

9. Amos Rappoport (1981)

Pengertian arsitektur menurut Amos Rappoport adalah ruang tempat hidup manusia, yang lebih dari sekedar fisik, tapi juga menyangkut pranata-pranata budaya dasar. Pranata ini meliputi: tata alur kehidupan sosial dan budaya masyarakat, yang diwadahi dan sekaligus mempengaruhi arsitektur.

10. Francis DK Ching (1979)

Pengertian arsitektur menurut Francis DK Ching adalah arsitektur membentuk suatu tautan yang mempersatukan ruang, bentuk, teknik dan fungsi.

11. Benjamin Handler

Pengertian arsitektur menurut Benjamin Handler adalah seorang seniman struktur yang menggunakan struktur secara estetis berdasarkan prinsip-prinsip struktur itu sendiri.

12. Cornelis Van de Ven

Pengertian arsitektur menurut Cornelis Van de Ven adalah proses penciptaan ruang yang diciptakan dengan cara yang benar dan direncanakan sera dipikirkan. Pemabaharuan dalam arsitektur yang terus menerus terjadi adalah karena faktor konsep-konsep ruang yang juga terus berkembang.

13. Augeste Perret

Pengertian arsitektur menurut Augeste Perret adalah seni untuk mengorganisasikan ruang.

14. Djauhari Sumintardja

Pengertian arsitektur menurut Djauhari Sumintardja adalah karya manusia dan bermanfaat pula bagi manusia itu sendiri. Manfaat tersebut terdiri atas manfaat untuk badan dan manfaat untuk jiwa. Manfaat arsitektur untuk badan adalah memberi perlindungan diri bagi badan. Sementara manfaat arsitektur untuk jiwa adalah memberikan ketenangan, kesejukan, kenyamanan dan sebagainya.

15. Henry Maclaine Pont

Pengertian arsitektur menurut Henry Maclaine Pont adlah bagian dari pekerjaan manusia dalam membuat suatu guna bagi supaya keluar dan juga untuk menudukkan alam.

16. Y.B. Mangunwijaya (1988:348)

Pengertian arsitektur menurut Y.B. Mangunwijaya adalah vastavidya atau wastuwidya yang berarti ilmu bangunan. Wastawidya mencakup ilmu tata bumi, tata gedung, dan tata kemudian lintas (dhara, harsya, dan kanan). Mangunwijaya juga menafsirkan arsitektur sebagai penciptaan suasana, perkawinan guna dan citra. Arsitektur tidak dilihat dari kemewahan bahan, teknologi, dan harganya. Sebab dari bahan-bahan sederhana pun bisa mmeberikan cerminan refleksi keindahan yang puitis dari suatu arsitektur dan jauh lebih bersih dari godaan ataupun kepongahan.

17. Claudil

Pengertian arsitektur menurut Clauidil adalah hasil persepsi dan penghargaan manusia terhadap ruang dan bentuk.

18. Robert Gutman

Pengertian arsitektur menurut Robert Gutman adalah suatu lingkungan produksi yang tidak hanya menjembatani manusia dan lingkungan, tetapi juga sebagai wahana ekspresi kultural untuk mengatur kehidupan jasmaniah, psikologis.

19. Van Romondt

Pengertian arsitektur menurut Van Romondt adalah ruang lokasi hidup yang tempat manusia dengan bahagia. Ruang sendiri merujuk pada seluruh ruang yang terjadi karena diciptakan oleh manusia ataupun ruang yang terjadi dengan sendirinya atau alami, sepergi gua, pohon, dan lain sebagainya.

20. Banhart CL dan Jass Stein

Pengertian arsitektur menurut Banhart CL dan Jass Stein adalah seni dalam menegakkan bangunan, dimana di dalam seni tersebut terdapat segi perencanaan, konstruksi, dan solusi dekorasinya. Selain itu, sifat dan format bangunan, proses membangun, bangunan dan kelompok lainnya adalah segi-segi lain yang juga ada di dalam arsitektur.

21. Marcus Pollio Vitrovius

Pengertian arsitektur menurut Marcus Pollio Vitrovius adalah:

  • Arsitektur adalah sebuah kekuatan/kekohon (virmitas), keindahan/estetika (venustas, dan kegunaan/fungsi (utilitas)
  • Arsitektur adalah ilmu yang timbul dari ilmu-ilmu lainnya serta dilengkapi dengan proses belajar.

Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli

22. Wikipedia

Pengertian arsitektur menurut Wikipedia adalah seni yang dilakukan oleh setiap individual untuk berimajinasikan diri mereka dan ilmu dalam merancang bangunan.

23. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian arsitektur menurut KBBI adalah seni dan ilmu merancang serta membuat konstruksi bangunan, jembatan, dan sebagainya; metode dan gaya rancangan suatu konstruksi bangunan.

24. O’Gorman (1997)

Pengertian arsitektur menurut O’Gorman adalah lebih dari sekedar suatu pelindung. Arsitektur bisa jadi merupakan suatu wujud seni, namun memiliki perbedaan, yaitu arsitektur menggunakan seni sebagai sesuatu yang penting untuk digunakan sebagai interior.

25. Le Corbusier

Pengertian arsitektur menurut Le Corbusier adalah architecture is the mastery, correct and magnificient play of masses seen in light. Architecture with a capital A was an emotical and astehtic experience.

Demikianlah telah kami jabarkan tentang 25 Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga bisa menjadi wawasan dan menambah pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi