√ 37 Pengertian Investasi Menurut Para Ahli Terlengkap

37 Pengertian Investasi Menurut Para Ahli Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang investasi. Yang mana penjelasan ini tentang pengertian investasi menurut para ahli yang sudah dirangkum dari beberapa sumber terpercaya. Untuk lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

Inilah pengertian investasi menurut sang ahli dari berbagai risetnya.

1. Farid Harianto dan Siswanto Sudomo (1998:2)

Pengertian investasi menurut Farid Harianto dan Siswanto Sudomo adalah suatu kegiatan menempatkan dana pada suatu atau lebih daru sati aset (assets) selama periode tertentu dengan harapan dapat memperoleh penghasilan dan atau peningkatan investasi.

2. Sophar Lumbantoruan (1996:59)

Pengertian investasi menurut Sophar Lumbantoruan adalah penyertaan modal pada perusahaan lain.

3. PSAK No.13 (dalam Standar Akuntansi Keuangan per 1 Oktober 2004 dalam Fahmi dan Hadi (2011:6)

Pengertian investasi menurut PSAK adalah suatu aktiva yang digunakan perusahaan untuk pertumbuhan kekayaan (acceration of wealth) melalui distribusi hasil investasi (seperti bunga, royalti, dividen dan uang sewa), untuk apresiasi nilai investasi, atau untuk manfaat lain bagi perusahaan yang berinvestasi seperti manfaat yang diperoleh melalui hubungan perdagangan.

4. Martalena dan Malinda (2011:1)

Pengertian investasi menurut Martalena dan Malinda adalah bentuk penundaan konsumsi di masa sekarang untuk memperleh konsumsi di masa yang akan datang, dimana didalamnya terkandung unsur risiko ketidakpastian sehingga dibutuhkan kompensasi atas penundaan tersebut.

5. Tandelilin (2010:2)

Pengertian investasi menurut Tandelilin adalah komitmen atas sejumlah dana atau sumber daya lainnya yang dilakukan pada saat ini, dengan tujuan memperoleh keuntungan di masa datang.

6. Gitman dan Joehnk (2005:3)

Pengertian investasi menurut Gitman dan Joehnk adalah invesment is any vehicle into which funds can be played with expectation that it will generate positive income and/or preserve or increase its value. Dengan artinya investasi adalah suatu sarana dimana dana dapat ditempatkan dengan harapan hal tersebut akan menghasilkan pendapatan positif dan/atau menjaga atau meningkatkan nilainya.

7. Kamarauddin

Pengertian investasi menurut Kamarauddin adalah sebagai berikut:

  • Investasi yaitu suatu tindakan untuk membeli saham, obligasi atau surat penyertaan lainnya.
  • Investasi merupakan suatu tindakan untuk membeli barang-barang modal
  • Investasi adalah pemanfaatan dana yang tersedia untuk dipergunakan dalam produksi dengna pendapatan di masa yang akan datang.

8. Ensiklopedia Indonesia

Pengertian investasi menurut Ensiklopedia Indonesia adalah penanaman modal atau penanaman uang dalam proses produksi dengan membeli gedung-gedung, mesin-mesing, bahan-bahan cadangan, penyelenggaraan uang kas serta perkembangannya.

9. Salim HS dan Budi Sutrisno

Pengertian investasi menurut Salim HS dan Budi Sutrisno adalah penanaman modal yang dilakukan oleh investor, baik investor asing maupun investor domestik dalam berbagai bidang usaha yang terbuka untuk investasi, yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan.

10. Kamaruddin Ahmad

Pengertian investasi menurut Kamaruddin Ahmad adalah menempatkan uang atau dana dengan harapan untuk memperoleh tambahan atau keuntungan tertentu atas uang atau dana tersebut.

11. Nanga (2001:124)

Pengertian investasi menurut Nanga adalah tambahan bersih terhadap stok kapital yang ada atau bisa juga disebut akumulasi modal

12. Jogiyanto

Pengertian investasi menurut Jogiyanto adalah penundaan konsumsi sekarang untuk dimasukkan ke aktiva produktiv selama periode waktu tertentu.

13. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian investasi menurut KBBI adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

14. Wikipedia

Pengertian investasi menurut Wikipedia adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi.

15. Fitz Gerald

Pengertian investasi menurut Fitz Gerald adalah aktivitas yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber-sumber yang dipakai untuk mengadakan modal barang pada saat sekarang. Barang modal itu selanjutnya akan menghasilkan aliran produk baru di masa yang akan datang.

16. Haming dan Basalamah

Pengertian investasi menurut Haming dan Basalamah adalah pengeluaran saat sekarang untuk membeli aktiva reel seperti tanah, rumah, mobil dan lain-lain atau juga aktiva keuangan memiliki tujuan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar di masa yang mendatang, selanjutnya dikatakan investasi adalah aktivitas yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber-sumber atau dana yang digunakan untuk mengadakan barang modal pada saat sekarang dan dengan barang modal tersebut akan dihasilkan aliran produk baru di masa yang akan datang.

17. Mulyadi

Pengertian investasi menurut Mulyadi adalah pengaitan sumber-sumber dalam jangka panjang untuk mendapatkan hasil laba di masa yang akan datang.

18. Sadono Sukirno

Pengertian investasi menurut Sadono Sukirno adalah pengeluaran atau pembelanjaan penanaman-penanaman suatu modal atau perusahaan untuk membeli barang-barang modal dan juga perlengkapan-perlengkapan produksi untuk menambah keuntungan memperoduksi barang-barang dan juga jasa-jasa yang tersedia dalam perekonomian.

19. James C Van Horn

Pengertian investasi menurut James C Van Horn adalah kegiatan yang dilangsungkan dengan memanfaatkan kas sekarang dengan tujuan untuk mendapatkan hasil barang di masa yang akan datang.

20. Sunariyah

Pengertian investasi menurut Sunariyah adalah penanaman modal untuk satu ataupun lebih aktiva yang dimiliki dan juga biasanya berjangka waktu lama dengan harapan untuk mendapatkan keuntungan di masa-masa yang akan datang.

21. Sudono (2000)

Pengertian investasi menurut Sudono adalah pengeluaran-pengeluaran untuk membeli barang modal dan sebuah peralatan produksi yang bertujuan untuk mengganti dan menambah suatu barang-barang modal dalam suatu perekonomian yang akan digunakan untuk memproduksi barang dan jasa di masa depan.

22. Henry Simamora

Pengertian investasi menurut Henry Simamora adalah suatu aktiva yang digunakan oleh perusahaan untuk menambahkan atau pertumbuhan kekayaannya melalui distribusi hasil investasi misal pendapatan bunga, royalti, dividen, pendapatan sewa dan lain-lain, untuk apresiasi nilai, investasi atau juga untuk manfaat lain bagi perushaan yang berinvestasi melalui hubungan dagang.

23. M. Suparmoko

Pengertian investasi menurut M. Suparmoko adalah pengeluaran yang ditujukan untuk menambah atau mempertahankan persediaan kapital (capital stock).

24. Martono dan D.Agus Marjito (2002:138)

Pengertian investasi menurut Martono dan D.Agus Marjito adalah penanaman dana yang dilakukan oleh suatu perusahaan kedalam suatu asset (aktiva) dengan harapan memperoleh pendapatan dimasa yang akan datang.

25. Deliarnov (1995,h:123)

Pengertian investasi menurut Deliarnov adalah pengeluaran secara keseluruhan yang mencakup pengeluaran untuk membeli bahan baku atau material, mesin-mesin dan peralatan pabrik serta semua modal lain yang diperlukan dalam proses produksi, pengeluaran untuk keperluang bangungan kantor, bangunan tempat tinggal karyawan dan bangunan konstruksi lainnya, juga perubahan nilai stok atau barang cadangan sebagai akibat dari perubahan jumlah dan harga.

26. Husnan (1996:5)

Pengertian proyek investasi menurut Husnan adalah suatu rencana untuk menginvestasikan sumber-sumber daya, baik proyek raksasa ataupun proyek kecil untuk memperoleh manfaat pada masa yang akan datang.

27. Kasmir dan Jakfar (2012)

Pengertian investasi menurut Kasmir dan Jakfar adalah penanaman modal dalam suatu kegiatan yang memiliki jangka waktu relatif panjang dalam berbagai bidan usaha. Penanaman modal yang ditanaman dalam artian sempit berupa proyek tertentu baik yang bersifat fisik ataupun non fisik, seperti proyek pendirian pabrik, jalan, jembatan, pembangunan gedung dan proyek penelitian, dan pengembangan.

28. Boediono (2001)

Pengertian investasi menurut Boediono adalah pengeluaran oleh sektor produsen (swasta) untuk pembelian barang dan jasa untuk menambah stok yang digunakan atau untuk perluasan pabrik.

29. Sukirno (2002)

Pengertian investasi menurut Sukirno adalah komponen kedua yang menentukan tingkat pengeluaran agregat.

30. Jones, Utama, Frensidy, Ekaputra dan Budiman (2009:3)

Pengertian investasi menurut Jones, Utama, Frensidy, Ekaputra dan Budiman adalah An investment can be defined as the commitments of find to one or more assets that will be held over some future time periode. The field of investment, therefore involves the study of the investment process. Investment is concerned with the management of an investor’s wealth, which is the sun of current income and the present value of all future income.

31. Sutha (2000)

Pengertian investasi menurut Sutha adalah penempatan sejumlah dana dengan harapan dapat memelihara, menaikkan nilai, atau memberikan return yang positif.

32. Webster (1999)

Pengertian investasi menurut Webster adalah penanaman uang dengan harapan mendapat hasil dan nilai tambah.

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

33. Lypsey (1997)

Pengertian investasi menurut Lypsey adalah pengeluaran barang yang tidak dikonsumsi saat ini dimana berdasarkan periode waktunya, investasi terbagi menjadi tiga diantaranya adalah investasi jangka pendek, investasi jangkan menengah, dan investasi jangka panjang.

34. Sumanto (2006)

Pengertian investasi menurut Sumanto adalah komitmen sejumlah dana suatu periode untuk mendapatkan pendapatan yang diharapkan di masa yang akan dayang sebagai kompensasi unit yang diinvestasikan.

35. Mankiw (2000)

Pengertian investasi menurut Mankiw adalah barang-barang yang dibeli oleh individu ataupun perusahaan untuk menambah persediaan modal mereka.

36. Husnan dalam Anoraga dan Pakarti (2006)

Pengertian investasi menurut Husnan adalah penggunaan uang dengan maksud memperoleh penghasilan.

37. Relly dan Brown (2012)

Pengertian investasi menurut Relly dan Brown adalah investment is the current commitment of dollar for a period of time to derive future payment that will compensate investor for (1) the time the funds are committed, (2) the except rate of inflation, (3) the uncertainty of the future payment.

Demikianlah telah dijelaskan tentang 37 Pengertian Investasi Menurut Para Ahli Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.

Daftar Isi