√ Pengertian Pembuluh Balik (Vena), Fungsi, Ciri dan Jenisnya

Pengertian Pembuluh Balik (Vena), Fungsi, Ciri dan Jenisnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pebuluh balik atau disebut juga dengan Vena. Penjelasan yang meliputi pengertian pembuluh balik vena, fungsi pembuluh balik, ciri-ciri dan jenis pembuluh balik yang dibawakan dengan lengkap dan ringan.

Pengertian Pembuluh Balik (Vena), Fungsi, Ciri dan Jenisnya

Untuk lebih jelasnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Pembuluh Balik Atau Pembuluh Vena

Pembuluh balik atau pembuluh vena yaitu suatu pembuluh yang fungsinya membawa darah menuju jantung. Darah yang dibawa banyak mengandung karbondioksida. Pada umumnya berada dekat permukaan tubuh dan tampak kebiru-biruan. Pada dinding pembuluhnya tidak elastis dan tipis serta mempunyai ukuran lebih kecil daripada pembuluh nadi. Hal ini Dikarenakan darah yang dalam perjalanan kembali menuju jantung yang mempunyai tekanan yang sangat kecil bahkan tidak terasa.

Pembuluh vena memiliki katup sepanjang pembuluhnya, yang fungsinya supaya darah tetap mengalir satu arah. Dengan adanya katup tersebut, aliran darah akan mengalir menuju jantung. Jika terjadi luka pada pembuluh balik, karena tekanan darah tidak terasa atau rendah maka darah tidak memancar akan tetapi menjalar keluar.

Didalam tubuh, pembuluh balik berada menjadi satu pembululh balik yang besar atau disebut juga dengan vena cava. Pembuluh darah ini masuk ke jantung melewati serambi kanan. Jika telah terjadi pertukaran gas pada paru-paru, darah mengalir menuju jantung lagi melalui vena paru-paru. Pembuluk balik atau pembuluh vena akan membawa darah yang banyak oksigen, jadi darah didalam semua pembuluh banyak mengandung karbon dioksida terkeculai vena pulmonalis.Didalam manusia penyakit yang menyerang pembuluh balik adalah varises.

Fungsi Pembuluh Balik (Vena)

Fungsi dari pembuluh balik adalah menyalurkan atau membawa darah dari seluruh tubuh menuju jantung.

Ciri-Ciri Pembuluh Balik (Vena)

Ciri-ciri dari pembuluh balik (vena) adalah sebagai berikut:

  • Pembuluh vena mempunyai dinding yang tipis jika dibandingkan dengan pembuluh arteri.
  • Pembluh vena tidak elastis dan mempunyai diameter lebih besar daripada pembuluh nadi (arteri).
  • Pada umumnya berada tidak jauh dengan permukaan tubuh dan kelihatan warnanya kebiru-biruan
  • Mempunyai ukuran diameter hingga 1,5 cm
  • Banyak terkandung karbon dioksida didalamnya terkecuali pembuluh vena pulmonalis

Pengertian Pembuluh Balik (Vena), Fungsi, Ciri, Jenis

Jenis-Jenis Pembuluh Balik (Vena)

Pada umumnya, ada dua macam pembuluh balik atau vena. Yaitu:

Pembuluh Balik Besar Bagian Atas (vena cava superior)

Pembuluh vena besar bagian atas mempunyai fungsi sebagai penerima dan pengangkut darah dari bagian atas tubuh yakni kepala dan lengan.

Pembuluh Balik Besar Bagian Bawah (vena cava inferior)

Pembuluh vena besar bagian bawah mempunyai fungsi sebagai penerima dan pengangkut darah dari bagian tengah ke bagian bawah tubuh yakni badan dan kaki. Selain vena cava, pembuluh vena terbagi lagi menjadi empat jenis pembuluh balik atau vena, yaitu:

Pembuluh Vena Pulmonalis

Jenis pembuluh balik ini mempunyai fungsi sebagai wadah darah yang mengandung oksigen yang dihirup paru-paru untuk kemudian dibawa oleh pembuluh vena ini ke jantung. Pembuluh ini disebut juga dengan vena paru-paru, yang terbagi menjadi dua jenis pembuluh vena pulmonalis. Yaitu vena pulmonalis bagian kiri dan vena pulmonalis bagian kanan.

Pengertian Pembuluh Balik (Vena), Fungsi, Ciri, Jenis

Pembuluh Vena Cava

Pembuluh vena jenis ini mempunyai fungsi untuk membawa darah di tubuh manusia ke jantung bagian atrium kanan. Vena cava disebut juga dengan vena sistemik. Ada dua jenis pembuluh vena cava, yakni vena cava superior dan vena cava inferior.

Pembuluh Vena Superfisialis

Vena superfisialis adalah jenis dari pembuluh balik vena cava yang terletak pada dibawah kulit dan juga tidak berada dekat dengan pembuluh arteri. Pembuluh ini disebut juga Cutanea. Yang biasanya jika seseorang diambil darah untuk melakukan cek gula darah, kolestrol dan lain-lain maka yang ditusuk adalah vena cutanea.

Pembuluh Vena Dalam

Vena dalam atau disebut deep vein adalah pembuluh darah balik yang bersampingan dengan pembuluh arteri, sama-sama disimpan pada pembungkus. Tidak terlihat dengan mata telanjang apabila dilihat dari luar.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Pembuluh Balik (Vena), Fungsi, Ciri dan Jenisnya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.

Daftar Isi