√ 20 Pengertian Insentif Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

20 Pengertian Insentif Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian intensif. Yang mana berdasarkan pendapat para ahli terlengkap dan agar lebih memahaminya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

20 Pengertian Insentif Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Insentif merupakan bonus diluar gaji, dengan kata lain tambhan penghasilan yang berupa uang, barang dan lain sebagainya yang diberikan agar bekerja menjadi semangat.

Pengertian Insentif Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi insentif menurut ahlinya.

1. Cascio (1995: 21)

Pengertian insentif menurut Cascio adalah an incentive are variable reward, granded to individuals on groups, that recognize differences in achieving result. They are designed to stimulate or motivate greater employee effort on productivity. Artinya insentif adalah variabel penghargaan yang diberikan kepada individu dalam suatu kelompok yang diketahu berdasarkan perbedaan dalam mencapai hasil kerja. Ini di rancang untuk memberikan rangsangan atau memotivasi karyawan berusaha meningkatkan produktivitas kerjanya.

2. Harsono (2004: 21)

Pengertian insentif menurut adalah setiap sistem kompensasi dimana jumlah yang diberikan tergantung pada hasil yang dicapai, yang berarti menawarkan sesuatu yang berarti menawarkan sesuatu insentif kepada pekerja untuk mencapai hasil yang baik.

3. Gorda (2004: 141)

Pengertian insentif menurut Gorda adalah suatu sarana memotivasi berupa materi, yang diberikan sebagai suatu perangsang ataupun pendorong dengan sengaja kepada para pekerja agar dalam diri mereka timbul semangat yang besar untuk meningkatkan produktivitas kerjanya dalam organisasi.

4. Manullang (2003: 147)

Pengertian insentif menurut Manullang adalah sarana motivasi/ sarana yang menimbulkan dorongan.

5. Simamora (2004: 514)

Pengertian insentif menurut Simamora adalah suatu program yang mengaitkan bayaran dengan produktivitas kerja.

6. Ranupandojo Dan Suad Husnan (2002: 161)

Pengertian insentif menurut Ranupandojo Dan Suad Husnan adalah suatu bentuk motivasi yang dinyatakan dalam bentuk uang, jadi pengertian insentif adalah sebuah program yang diberikan oleh perusahaan untuk memotivasi karyawan agar karyawan tersebut jauh lebih giat lagi dalam bekerja dan dapat meningkatkan prestasi kerjanya di dalam perusahaan.

7. Handoko (2002: 176)

Pengertian insentif menurut Handoko adalah perangsang yang ditawarkan kepada para karyawan untuk melaksanakan kerja sesuai atau lebih tinggi dari standar-standar yang telah ditetapkan.

8. Samsudin (2006: 194)

Pengertian insentif menurut Samsudin adalah pemberian upah atau gaji yang berbeda bukan didasarkan pada evaluasi jabatan, namun karena adanya perbedaan prestasi kerja.

9. Pangabean (2002: 77)

Pengertian insentif menurut Pangabean adalah imbalan langsung yang dibayarkan kepada karyawan karena prestasi melebihi standar yang ditentukan. Dengan mengasumsikan bahwa uang dapat mendorong karyawan bekerja lebih giat lagi, maka mereka yang produktif lebih menyukai gajinya dibayarkan berdasarkan hasil kerja.

10. Mangkunegara (2002: 89)

Pengertian insentif menurut Mangkunegara adalah suatu bentuk motivasi yang dinyatakan dalam bentuk uang atas dasar kinerja yang tinggi dan juga merupakan jasa pengakuan dari pihak organisasi terhadap kinerja karyawan dan kontribusi terhadap organisasi/perusahaan.

11. Adams Dan Hicks

Pengertian insentif menurut Adams dan Hicks adalah semua bentuk imblan dan hukuman (Punishments) yang diterima oleh pemberi layanan (Providers) sebagai konsekuensi dari organisasi tempat mereka bekerja, institusi yang mereka operasionalkan dan intervensi-intervensi yang mereka lakukan.

12. Hasibuan (2001: 117)

Pengertian insentif menurut Hasibuan adalah tambahan balas jasa yang diberikan kepada karyawan tertentu yang prestasinya di atas prestasi standar. Insentif ini merupakan alat yang digunakan sebagai pendukung prinsip adil dalam pemberian kompensasi.

13. Heidjrachman

Pengertian insentif menurut Heidjrachman insentif bertujuan untuk memberikan upah/gaji yang berbeda karena prestasi kerja yang berbeda.

14. Andrew F. Sikula

Pengertian insentif menurut Andrew F. Sikula adalah sesuatu yang mendorong atau memiliki kecenderungan untuk merangsang sebuah kegiata, insentif merupakan motif dan imbalan yang dibentuk untuk memperbaiki produksi.

15. Moekiyat (1999)

Pengertian insentif menurut Moekiyat insentif tertuju pada semangat sebagai suatu ukurang dari suatu aktivitas sehingga insentif dimaksudkan untuk menambah semangat atau perangsang dalam aktivitas. Semangat juga merupakan suatu unsur dalam memberikan insentif, sehingga berdampak pada upah yang tinggi atau jaminan sosial yang mewah.

16. Hariandja (2002)

Pengertian insentif menurut Hariandja adalah salah satu jenis penghargaan yang dikaitkan dengan prestasi kerja.

17. Jensen dan Meckling Dalam Hariandja (2002: 264)

Pengertian insentif menurut Jensen dan Meckling adalah insentif digunakan untuk mendorong karyawan dalam memperbaiki kualitas dan kuantitas hasil kerjanya.

18. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian insentif menurut KBBI adalah tambahan penghasilan (uag, barang, dsb) yang diberikan untuk meningkatkan gairah kerja; uang perangsang

19. Sofyandi (2008: 159)

Pengertian insentif menurut Sofyandi adalah salah satu bentuk dari kompensasi langsung. Insentif adalah imbalan langsung yang dibayarkan kepada karyawan karena kinerjanya melebihi standar yang ditentukan.

20. Sirait (2006: 200)

Pengertian insentif menurut Sirait adalah sesuatu yang mendorong atau mempunyai kecenderungan merangsang suatu kegiatan. Insentif adalah motif-motif dan imbalan-imbalan yang dibentuk untuk memperbaiki produksi.

Demikianlah diatas telah dijelaskan tentang 20 Pengertian Insentif Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung.

Daftar Isi