√ Pengertian Kapasitor, Fungsi dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Kapasitor, Fungsi dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap) – Kali ini seputarpengetahuan akan membahas tentang Kapasitor. Pembahasan yang meliputih pengertian, fungsinya dan jenis-jenis kapasitor lengkap. Untuk lebih jelasnya ikutilah ulasan dibawah ini.

Pengertian Kapasitor, Fungsi dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian kapasitor terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Kapasitor

Kapasitor atau bisa juga disebut dengan kondensator merupakan alat yang dapat menyimpan energi didalam medan listrik dalam waktu tertentu dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan arus listrik. Alat ini pertama kali ditemukan oleh ilmuwan bernama Michael Faraday sehingga satuan kapasitor ini disebut dengan Farad (F). Karena satuan Farad ini sangat besar maka digunakanlah:

PikoFarad (pF) = 1 x 10-2 F
NanoFarad (nF) = 1 x 10-9 F
MicroFarad (μF) = 1 x 10-6 F

1 Farad = 1.000.000µF (mikro Farad)
1µF = 1.000nF (nano Farad)
1µF = 1.000.000pF (piko Farad)
1nF = 1.000pF (piko Farad)

Fungsi Kasitor / Kondensator

Kapasitor memiliki beberapa fungsi diantaranya:

  • Sebagai isolator yang bisa memperlambat arus DC atau direct current
  • Sebagai penyaring atau filter dalam rangkaian power supply
  • Sebagai pembangkit frekuensi dalam rangkaian osilator
  • Sebagai penyimpan arus atau tegangan listrik
  • Sebagai frekuensi dalam rangkaian antena
  • Sebagai penghemat daya listrik pada lampu neon
  • Sebagai penghilang bouncing (loncatan api) jika dipasang sebagai pada saklar
  • Sebagai kopling antara rangkaian yang satu dengan yang lain
  • Sebagai penggeser Fasa
  • Sebagai konduktor

Jenis-Jenis Kapasitor

Kapasitor dibagi menjadi tiga berdasarkan kegunaannya:

  1. Kapasitor tetap (nilai kapasitasnya tidak dapat diubah atau tetap)
  2. Kapasitor elektrolit ( Elektrolit Condenser =Elco)
  3. Kapasitor variabel (nilai kapasitasnya dapat diubah)

Selain diatas ada juga jenis kapasitor yang lain yaitu kapasitor keramik, kapasitor elektrolit, kapasitor kertas, kapasitor mika, kapasitor polyester, kapasitor tantalum, valco dan trimmer.

  • Kapasitor Keramik

    Kapasitor keramik adlaah kapasitor yang isolatornya dibuat dari keramik dan mempunyai bentuk bulat tipis atau persegei berwarna merah, hijau, coklat dan lain-lain. Kapasitor jenis ini tidak mempunyai arah atau polaritas, dapat dipasang bolak-balik dalam rangkaian elektronika. Memiliki nilai kapasitor sekitar 1pF sampai dengan 0,01 μF.

  • Kapasitor Polyester

    Kapasitor polyester adalah kapasitor yang isolatornya dibuat dari bahan polyester yang memiliki bentuk persegi berwarna merah, coklat, hijau dan lainya. Kapasitor polyester juga dapat dipasang terbalik di dalam rangkaian elektronika karena tidak mempunyai polaritas arah.

  • Kapasitor Mika

    Kapasitor mika yaitu kapasitor yang terbuat dari bahan mika. Jenis kapasitor ini dapat dipasnag terbalik didalam rangkaian elektronika karena tidak memiliki polaritas arah. Nilai kapasitasnya sekitar 50 pF sampai dengan 0,02 μF.

  • Kapasitor Elektrolit

    Kapasitor elektrolit atau bisa disebut dengan Elco yaitu kapasitor yang terbuat dari bahan elektrolit (semacam minyak kimia dengan beberapa zat pada lainnya), memiliki bentuk seperti tabung atau silinder. Kapasitor elektrolik adalah kapasitor dengan nilai kapasitas tinggi yaitu antara 02 μF sampai dengan 20.000 μF bahkan bisa melebihi. Pemasangan kapasitor ini tidak boleh terbalik, karena bisa meledak dan memiliki polaritas arah. Penggunaan kapasitor elektrolit banyak pada semua rangkaian elektronik seperti pada amplifier, power supply dan sebagainya.

  • Kapasitor Tantalum

    Kapasitor tantalum adalah kapasitor yang terbuat dari bahan logam tantalum, dapat bekerja pada suhu tinggi dan mempunyai nilai kapasitansi tinggi. Berbentuk lebih kecil dan mungil. Kapasitor jeni ini mempunyai polaritas arah dan bahan isolator yang berasal dari elektrolit. Harga dari kapasitor ini juga terbilang mahal, biasanya digunakan pada Handphone dan laptop.

  • Valco

    Valco atau kepanjangan dari variable condensator adalah kapasitor yang dibuat dari logam yang berukuran besar. Biasanya digunakan pada rangkaian radio untuk memilih gelombang frekuensi. Memiliki nilai kapasitansi sekitar 100 pF sampai dengan 500 pF.

  • Trimmer

    Trimmer adalah jenis kapasitor variable yang mempunyai bentuk lebih kecil sehingga membutuhkan alat untuk bisa memutar poros pengaturannya. Trimmer berfungsi untuk menempatkan pemilihan gelombang frekuensi didalam rangkaian elektronika. Mempunyai nilai kapasitansi maksimal sampai 100 pF.

Pengertian Kapasitor, Fungsi, Jenis-Jenis Lengkap

Pada dasarnya kapasitor dibagi menjadi 2 yaitu:

  1. Kapasitor Polar

    Kapasitor polar adalah kapasitor yang kedua kutubnya memiliki polaritas positif dan negatif. Biasanya kapasitor polar bahannya terbuat dari elektrolit dan mempunyai nilai kapasitansi yang besar dibandingkan dengan kapasitor yang menggunakan bahan kertas atau mika atau keramik.

  2. Kapasitor Non Polar

    Kapasitor Non Polar adalah kapasitor yang pada kutubnya tidak memiliki polaritas artinya pada kedua kutubnya dapat digunakan secara terbalik. Mempunyai nilai kapasitansi kecil dan bahannya terbuat dari keramik, mika, kertas dan lain-lain.

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Kapasitor, Fungsi dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap), semoga bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kalian tentang kapasitor. Terimakasih telah berkunjung

Daftar Isi