√ Pengertian Analisis Data, Prosedur Dan Jenis Analisis Data

Pengertian Analisis Data, Prosedur Dan Jenis Analisis Data – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai analisis data. Tentu bagi sebagian orang masih sangat awam dengan istilah analisis data. Dan apa sebenarnya analisis data itu sendiri?

Untuk itulah kita akan mulai membahasnya agar bisa memberikan sebuah informasi bagi para pembaca yang sedang membutuhkannya. Supaya pembahasannya lebih jelas mari kita mulai saja pembahasannya yang akan dijelaskan berikut ini.

Pengertian Analisis Data, Prosedur Dan Jenis Analisis Data

Mari kita bahas pengertian analisis data terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Analisis Data

Analisis data ialah upaya ataupun sebuah cara  untuk mengolah data menjadi sebuah informasi, sehingga membuat karakteristik data tersebut dapat dipahami dan juga bermanfaat untuk sebuah solusi permasalahan. Dan yang paling utama ialah masalah yang berkaitan dengan sebuah penelitian, selain itu ada juga pengertian yang lainnya dari analisis data yakni sebuah kegiatan yang dilakukan agar mengubah data hasil dari penelitian menjadi sebuah informasi yang nantinya dapat di gunakan di dalam mengambil kesimpulan.

Prosedur Analisis Data

Selain dari penjelasan yang telah diberikan, kali ini kita akan membahas kembali mengenai sebuah prosedur ataupun langkah-langkah dari analisis data yang akan diberikan penjelasannya berikut ini.

  1. Tahap pengumpulan data.
  2. Tahap editing, dimana di dalam tahap ini merupakan sebuah pemeriksaan kejelasan ataupun kelengkapan tentang pengisian instrumen dari pengumpulan data.
  3. Tahap koding, yakni melakukan proses identifikasi dan juga proses klasifikasi dari setiap pertanyaan yang juga terdapat pada instrumen pengumpulan data yang berdasarkan variabel yang tengah diteliti.
  4. Tahap tabulasi, yakni melakukan sebuah kegiatan mencatat maupun entri data kedalam tabel-tabel induk di dalam penelitian.
  5. Tahap pengujian, dan pada tahap ini data akan diuji kualitasnya yakni menguji validitas atau juga reliabilitas instrumen dari sebuah pengumpulan data.
  6. Tahap mendeskripsikan data, yakni menyajikan di dalam bentuk tabel frekuensi atau juga diagram dan di dalam berbagai macam ukuran tendensi sentral ataupun ukuran dispersi. Dengan sebuah tujuan agar memahami karakteristik data sampel dari sebuah penelitian tersebut.
  7. Tahap pengujian hipotesis, yakni merupakan tahapan pengujian terhadap sebuah proposisi apakah ditolak ataupun dapat diterima dan juga mempunyai makna ataupun tidak, atas dasar hipotesis yang nantinya keputusan tersebut akan dibuat.
Baca Juga:  √ Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Komponen & Contohnya

Jenis-Jenis Analisis Data

Setelah dua penjelasan yang telah diberikan, masih ada penjelasan yang lainnya yaitu jenis analisis data yang terdiri dari dua teknik analisis data di dalam sebuah penelitian yang akan diberikan penjelasannya berikut ini.

1. Teknik analisis data secara deskriptif

Merupakan sebuah teknik analisis yang akan dipakai untuk menganalisis sebuah data dengan mendeskripsikan ataupun menggambarkan data-data yang telah dikumpulkan seadanya tanpa adanya sebuah maksud membuat generalisasi dari sebuah hasil penelitian.

Pengertian Analisis Data, Prosedur Dan Jenis Analisis Data

2. Teknik analisis data secara inferensial

Merupakan sebuah statistik yang dipakai untuk melakukan sebuah analisis data dengan cara membuat sebuah kesimpulan yang juga berlaku secara umum. Dan ciri dari analisis data inferensial yakni digunakan sebuah rumus statistik tertentu, jadi hasil perhitungan yang telah dilakukan dan itulah yang nantinya akan menjadi sebuah dasar dari pembuatan generalisasi yang juga berasal dari sumber bagi populasi. Dan memiliki fungsi untuk menggeneralisasikan dari hasil sebuah penelitian sampel untuk populasi, dan dengan fungsi tersebut maka statistik inferensial yang sangat berguna untuk sebuah penelitian sampel.

Sekian untuk penjelasan yang dapat diberikan artikel kali ini mengenai Pengertian Analisis Data, Prosedur Dan Jenis Analisis Data, semoga penjelasan yang diberikan bisa menambahkan sebuah informasi pada kehidupan para pembacanya, semoga bermanfaat 🙂