Pengertian Ekosistem Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Ekosistem Menurut Para Ahli Lengkap – Ekosistem bisa didefinisikan sebagai interaksi timbal balik antar makhluk hidup terhadap lingkungannya. Selain itu juga ekosistem mempunyai tingkat organisasi kehidupan yang tinggi karena meliputi organisme-organisme hidup dan lingkungan sekitarnya, dimana kedua komponen tersebut saling mempengaruhi dan berinteraksi satu sama lain.

Ada dua komponen yang menyusun ekosistem, yaitu Komponen Biotik & Komponen Abiotik. Komponen Biotik ialah komponen yang terdiri atas organisme-organisme hidup atau makhluk hidup, sedangkan komponen Abiotik ialah komponen yang semuanya terdiri dari benda mati atau tak bernyawa. Seluruh Komponen Biotik yang berada dalam suatu ekosistem cenderung membentuk komunitas. Maka dengan demikian, ekosistem pun dapat kita artikan sebagai kesatuan antara komunitas dengan lingkungan abiotiknya.

Komponen yang menyusun Ekosistem

Komponen yang menyusun ekosistem ada dua, yakni komponen biotik dan komponen abiotik, berikut akan dijelaskan dengan lengkap dibawah ini.

Komponen Biotik

Komponen Biotik melingkupi seluruh organisme ataupun mahkluk hidup dengan segala ukuran, mulai dari yang berukuran sangat kecil (mikroskopis) maupun yang berukuran sangat besar (makroskopis). Ada empat jenis Komponen Biotik yang dibedakan dari caranya memperoleh makanan atau bertahan hidup, yaitu:

Produsen

Yang disebut juga sebagai penghasil. Produsen merupakan ” organisme yang mampu menghasilkan zat makanan sendiri ” yang disebut ( autotrof ) melalui fotosintesis. Beberapa kelompok yang termasuk pada kelompok ini ialah jenis tumbuhan hijau atau tumbuhan yang memiliki zat klorofil. Kemudian produsen ini dimanfaatkan oleh organisme-organisme yang tidak mampu menghasilkan makanan sendiri atau disebut ( heterotrof )  yang mengambil peran sebagai konsumen.

Baca Juga:  √ Mengenal Anatomi dan Fisiologi Kormophyta Berspora (Lengkap)

Konsumen

Yang disebut juga sebagai pemakai, Konsumen ” merupakan organisme yang tidak dapat menghasilkan zat makanan sendiri tetapi ia selalu mengkonsumsi zat makanan yang diproduksi oleh organisme atau mahkluk lain “. Ada beberapa organisme yang tergolong sebagai pemakai atau Konsumen itu sendiri:

  • Konsumen Tingkat I (pertama) adalah organisme yang secara langsung mengambil zat makanan dari tumbuhan hijau yang disebut juga herbivora atau hewan pemakan tumbuhan. Adapun contoh hewan yang tegolong Konsumen Tingkat I ini adalah: Ulat, Tikus Sawah & Belalang.
  • Konsumen Tingkat II (kedua) adalah organisme yang mendapatkan makanan dengan cara memangsa herbivora yang disebut Karnivora atau hewan pemakan daging. Contoh hewan yang tergolong Konsumen Tingkat II adalah: Katak & Ayam.
  • Konsumen Tingkat III (ketiga) adalah organisme dimana ia berada di posisi teratas dalam rantai makanan. Hewan ini disebut juga sebagai Predator karena ia tidak mempunyai pemangsa. Contoh hewan yang tergolong Konsumen Tingkat III ini adalah: Harimau, Buaya dan Elang.

Dekomposer atau disebut pengurai

Dekomposer adalah ” jasad renik yang berperan untuk menguraikan bahan-bahan organik yang berasal dari organisme yang telah mati ataupun hasil pembuangan sisa pencernaan “. Dengan adanya pengurai tersebut, organisme-organisme yang telah mati dan membusuk akan terurai dan meresap ke dalam tanah yang akan menjadi unsur hara dan kemudian diserap oleh tumbuhan (produsen). Selain itu aktivitas pengurai juga akan menghasilkan gas karbondioksida yang akan dipakai dalam proses fotosintesis.

Loading...

Detritivor

Detritivor atau penghancur merupakan sekelompok mahkluk hidup yang menghancurkan bahan-bahan organik dari sisa-sisa tubuh mahkluk hidup yang sudah mati menjadi hancuran-hancuran. Contoh kelompok ini antara lain: rayap, semut, kelabang.

Komponen Abiotik

Komponen Abiotik merupakan ” komponen tak bernyawa yang tak lain adalah pendukung kelangsungan hidup bagi Komponen Biotik dalam suatu ekosistem “. Komponen Abiotik sangat berpengaruh pada jenis makhluk hidup yang menghuni pada lingkungan tersebut. Beberapa jenis Komponen Abiotik antara lain adalah:

Baca Juga:  Pengertian Ekologi Serta Organisme Dan Komunitasnya Lengkap

Sinar Matahari

Sinar Matahari sangat besar pengaruhnya terhadap ekosistem karena merupakan sumber energi bagi semua mahkluk hidup, Sinar Matahari juga merupakan unsur inti yang sangat dibutuhkan oleh tumbuhan ( produsen ) untuk berfotosintesis.

Air

Air sama besar pengaruhnya terhadap ekosistem karena air merupakan sumber yang sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup organisme. Tidak ada organisme yang tidak membutuhkan air.

Tanah

Tanah merupakan tempat hidup bagi organisme yang berada didaratan. Jenis tanah pun berbeda-beda sesuai organisme yang berada didalamnya. Tanah pun menyediakan beberapa unsur penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan organisme terutama bagi tumbuhan.

Pengertian Ekosistem Menurut Para Ahli Lengkap

Angin

Angin berperan dalam menentukan kelembapan pada lingkungan suatu ekosistem dan juga berperan dalam penyebaran biji-biji tumbuhan agar dapat tetap hidup.

Suhu

Suhu ternyata berpengaruh pada organisme-organisme tertentu terhadap ekosistem karena ada beberapa jenis organisme yang hanya dapat hidup pada kisaran suhu tertentu.

Nah, itulah sedikit ulasan tentang Pengertian Ekosistem Menurut Para Ahli Lengkap, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Rate this post