√ Fisika Dasar: 7 Pengertian Fisika Menurut Para Ahli (Lengkap)

Fisika Dasar: 7 Pengertian Fisika Menurut Para Ahli (Lengkap) – Fisika merupakan salah satu mata pelajaran dalam jurusan IPA yang sangat membosankan, sulit dimengerti, dan biasanya guru yang mengajarnyapun kurang menyenangkan dalam menyampaikan materi. Sehingga para peserta didik merasa bosan dan tidak menyukai pelajaran ini.

Namun, pada dasarnya setiap mata pelajaran sesulit apapun jika disajikan dengan metode dan strategi pembelajaran yang tepat dan benar, bisa menjadikan pelajaran itu mudah dipahami dan diterima peserta didik. Sebelum lebih jauh membahas tentang ilmu fisika lainnya, kita terlebih dahulu mengetahui pengertian dari fisika itu sendiri. Kali ini, kita akan membahas tentang pengertian fisika menurut para ahli.

Fisika Dasar: 7 Pengertian Fisika Menurut Para Ahli (Lengkap)

Mari kita bahas fisika terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Fisika

Berikut ini adalah pengertian fisika dengan detail.

Pengertian Fisika Menurut Bahasa Dan Istilah

Kata fisika berasal dari bahasa Yunani “physic” yang artinya alam. Jadi ilmu fisika adalah suatu ilmu pengetahuan yang didalamnya mempelajari tentang sifat dan fenomena alam atau gejala alam serta seluruh interaksi yang ada didalamnya. Di dalam mempelajari fenomena atau gejala alam, fisika menggunakan proses yang terdiri dari pengamatan, pengukuran, analisis, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan yang diperoleh harus berdasarkan sikap yang ilmiah, yaitu objektif, menghargai fakta-fakta, jujur, sabar, tidak mudah menyerah, ulet dan teliti dalam mengambil suatu kesimpulan.

Baca Juga:  Katrol : Pengertian dan Jenis Katrol

Fisika Dasar: 7 Pengertian Fisika Menurut Para Ahli

Pengertian Fisika Menurut  Menurut Para Ahli

Beberapa ahli dibidang ilmu fisika mengemukakan pendapatnya tentang pengertian fisika. Adapun pengertiannya antara lain:

1. Bambang Ruwanto

Fisika merupakan bagian dari ilmu dasar atau sains dan merupakan salah satu ilmu yang fundamental.

2. Efrizon Umar

Fisika ialah salah satu ilmu yang didasarkan pada besaran-besaran ilmu fisika.

3. Young, Hough D

Menurutnya fisika ialah salah satu ilmu yang sangat dasar dari berbagai ilmu pengetahuan.

4. KBBI

Fisika ialah ilmu tentang zat dan energi seperti panas, bunyi, cahaya dls.

5. Mikrajudin

Menyatakan bahwa fisika adalah cabang paling utama dalam sains karena berbagai prinsipnya menjadi dasar bagi saetiap cabang sains lainnya.

6. Osa Pauliza

Fisika merupakan sesuatu yang bisa diukur dan mempunyai nilai yang dinyatakan dalam bentuk satuan.

7. Ensiklopedia

Fisika merupakan ilmu yang didalmnya mempelajari benda beserta gerakannya juga manfaatnya bagi manusia.

Selain pendapat para ahli diatas, ada beberapa pengertian lain dari fisika yaitu:

  • Fisika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang tujuannya mempelajari gejala-gejala alam untuk mendapatkan produk fisika yang sifatnya khas dan bisa menjelaskan dari gejala alam itu sendiri.
  • Fisika adalah ilmu pengetahuan dasar yang berhubungan dengan setiap prilaku dan struktur benda mati khususnya.
  • Menurut sejarahnya, fisika adalah ilmu tertua karena diawali dengan pengamatan dari gerakan benda-benda langit, periodenya, usianya, bagaimana lintasannya, dls.
  • Fisika merupakan salah satu dari ilmu pengetahuan alam yang paling dasar dan banyak digunakan sebagai dasar untuk ilmu-ilmu lain yang berkaitan.
  • Fisika merupakan suatu ilmu yang didalamnya mempelajari seluruh gejala alam.
  • Fisika adalah suatu ilmu yang membahas tentang energi, kejadian alam baik bersifat makroskopis juga bersifat mikroskopis yang berhubungan dengan perubahan energi atau zat.
Baca Juga:  √ Pengertian Matahari, Susunan, Lapisan, Spektrum & Manfaatnya

Demikian pembahasan mengenai Fisika Dasar: 7 Pengertian Fisika Menurut Para Ahli (Lengkap), Semoga bisa membantu anda dalam mencari sebuah referensi dan bermanfaat bagi para pembaca, sekian terimakasih.