√ Pengertian Yoga, Tujuan, Manfaat dan Jenisnya (Bahas Lengkap)

Pengertian Yoga, Tujuan, Manfaat dan Jenisnya (Bahas Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Yoga. Yang meliputi pengertian, tujuan, manfaat dan jenis-jenis yoga dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Yoga, Tujuan, Manfaat dan Jenisnya (Bahas Lengkap)

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan Seputar Pengetahuan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Yoga

Secara bahasa (Etimologi) kata yoga berasal dari Bahasa Sansekerta kuno yakni “Yuj” yang artinya union atau penyatuan diri. Yoga mempunyai tiga makna berbeda yaitu Penyerapan (Samadhi (yujyate), Menghubungkan (Yunakti) dan pengendalian (Yojyanti).

Definisi yoga yaitu suatu ilmu yang menerangkan keterkaitan antara fisik, mental dan spiritual manusia untuk mencapai sistem kesehatan menyeluruh (Holistik) yang terbentuk dari kebudayaan India Kuno.

Yoga awalnya diperkenalkan oleh seorang tokoh legenda India yang hidup pada tahun 200 – 500 SM yang bernama Patanjali dalam Buku Yoga Sutras.

Yoga adalah penyatuan dari jiwa spiritual dengan jiwa universal atau pembatasan pikiran yang selalu bergerak atau suatu sistem yang sistematis dalam menjalankan latihan rohani untuk meraih ketenangan batin dan menjalankan latihan fisik untuk meraih kesehatan jasmani dan rohani, menjadikan dinamakan dengan Jiwan Mukti.

Tujuan Yoga

Tujuan yoga yaitu meluaskan kesadaran manusia sampai sebegitu jauh sehingga dapat disamakan dengan kesadaran alam semesta. Hal itu harus diraih dengan realisasi prinsip spiritual dalam tubuh kita, ada prinsip fisik dan mental dan sebenarnya adalah kepribadian diri kita sendiri yang abadi dan benar.

Manfaat Yoga

Sindhu (2014: 34), manfaat yoga apabila dijalani dengan rutin dan teratur, adalah:

  • Dapat sebagai peningkat fungsi kerja endokrin (hormonal) pada tubuh
  • Dapat sebagai peningkat sirkulasi darah ke semua sel tubuh dan otak
  • Dapat sebagai pembentuk postur tubuh yang lebih tegap, dan juga otot yagn lebih lentur dan kuat.
  • Dapat sebagai peningkat kapasitas paru-paru ketika bernafas
  • Dapat membuang racun dari dalam tubuh (detoksifikasi)
  • Bisa sebagai peremajaan sel tubuh dan penghambat penuaan
  • Dapat mengurangi ketegangan tubuh, pikiran, dan mental serta membuatnya lebih kuat ketika menghadapi stress
  • Sebagai pemberi kesempatan untuk merasakan relaksasi yang mendalam
  • Sebagai peningkat kesadaran pada lingkungan
  • Sebagai peningkat rasa percaya diri dan kemampuan untuk berpikir positif.

Jenis-Jenis Yoga

Giri (2006) menyatakan, menurut sastra agama Hindu, yoga dikategorikan menjadi beberapa macam atau jenis, antara lain sebagai berikut:

Hatha Yoga
Hatha Yoga merupakan jenis yoga dengan sistem pelatihan memakai berbagai teknik membentuk sikap tubuh (asana) diikuti dengan teknik pernapasan (pranayama) untuk mencapai keseimbangan antara dua kekuatan yang berbeda di dalam tubuh, seperti tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah, tubuh bagian kiri dan tubuh bagian kanan, tarikan napas dan hembusan napas, energi positif dan energi negatif dan lain sebagainya.

Bhakti Yoga
Bhakti yoga merupakan jenis yoga yang berfokus pada diri untuk mengarah hati. Apabila seseorang yogis berhasil menerapkannya, maka ia akna dapat melihat kelebihan orang lain dan cara untuk menghadapi sesuatu. Keberhasilan yoga ini juga menjadikan yogis menjadi lebih belas kasih dan menerima segala yang ada di sekelilingnya, karena dalam yoga ini diajarkan untuk mencintai alam dan beriman kepada Tuhan.

Raja Yoga
Raja Yoga merupakan jenis yoga yang menekankan pada teknik meditasi dan kontemplasi. Yoga ini akhirnya akan mengarah kepada cara menguasai diri sekaligus menghargai diri sendiri dan sekitarnya. Raja yoga adalah dasar yoga sutra.

Jnana Yoga
Jnana Yoga merupakan jenis yoga yang melakukan penerapan metode untuk mencapai kebijaksanaan dan pengetahuan. Teknik yoga ini cenderung untuk mencampurkan antara kepandaian dan kebijaksanaan, menjadikan nantinya memperoleh hidup yang dapat menerima semua filosofi dan agama.

Karma Yoga
Karma yoga merupakan jenis yoga yang percaya pada reinkarnasi. Yoga ini akan menjadikan supaya tidak egois, karena yakin bahwa tingkah laku saat ini akan berpengaruh pada kehidupan yang akan datang.

Tantra Yoga
Tantra yoga merupakan jenis yoga yang sedikit berbeda dari yoga lain, bahkan ada yang beranggapan yoga ini mirip dengan ilmu sihir. Cara toga ini terdiri atas kebenaran (kebenaran) dan hal yang mistik (mantra). Tujuan teknik yoga ini adalah supaya dapat memberi penghargaan pelajaran dan pengalaman hidup.

Sedangkan menurut Somvir (2006), jenis yoga antara lain yaitu:

Ananda Yoga
Ananda yoga yaitu jenis yoga yang berfokus terhadap postur tubuh yang dirancang untuk memindahkan energi ke otak, dan mempersiapkan tubuh untuk meditasi. Ananda yoga terfokus pada keselerasan tubuh yang tepat dan pernapasan yang dikendalikan.

Iyengar Yoga
Iyengar yoga merupakan jenis yoga yang lebih mementingkan penyusunan gerakan yang sempurna lewat, teknik alignment atau kesejajaran pada presisi yang tinggi untuk mencapai manfaat yang maksimal bagi kesehatan.

Kundalini Yoga
Kundalini yoga merupakan jenis yoga yang mencampurkan gerakan yang repetisi, latihan pernapasan, nyanyian puji-pujian, dan juga meditasi untuk membangau energi spiritual yang konon berbaring di dasar tubuh manusia (atau lantai panggul manusia)

Bikram Yoga
Bikram yoga merupakan latihan yoga yang dilaksanakan di dalam ruangan yang dipanaskan antara 36-42 derajat celcius untuk menstimulasi tubuh agar toksin dapat keluar lewat keringat dan membantu meregangkan tubuh lebih jauh. Setiap latihan terdiri dari dua tekni pranayama dan 24 jenis asana.

Ashtanga Yoga
Ashtanga yoga merupakan nama yang diberikan pada sistem yoga yang diajarkan oleh Sri K. Pattabhi Jois. Gaya yoga ini menuntut kekuatan fisik karena melibatkan sinkronasi bernapas dengan seri progresif. Ashtanga yoga dapat membantuk memperbaiki sirkulasi, fleksibilitas, stamina, cahaya kebatinan yang kuat dan pikiran yang tenang.

Jivamukti Yoga
Jivamukti yoga berkembang sektair tahun 1986 oleh Sharon Gannon dan David Life. Metode yoga Jivamukti menerangkan aspek spiritual dan etika praktek yoga. Jivamukti adalah bentuk asana yang kuat dengan penekanan di studi agama, nyanyian sansekerta, vegetarian, non-kekerasan, meditasi, pengabdian kepada Tuhan.

Sivananda Yoga
Sivananda yoga ini cocok untuk yang menghendaki latihan yoga yang meliputi gerakan fisik dan bakti yoga atau yoga yang mementingkan kebaktian. Setiap latihan meliputi latihan pranayama, asana, dan relaksasi.

Kripalu Yoga
Kripalu yoga merupakan jenis yoga yang mempunyai tujuan untuk peningkatan kesadaran. Memberi penekanan kesadaran napas, pergerakan dan kelurusan, kripalu adalah tanda jasa kebijaksanaan yang berhubungan dengan badan tersebut.

Pengertian Yoga, Tujuan, Manfaat, Jenis-Jenis

Meditation Yoga
Meditasi yoga yaitu jenis yoga yang dijalankan dengan relaksasi yang melibatkan pengosongan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, ataupun mencemaskan dalam kehidupan sehari-hari.

Prenatal Yoga
Prenatal yoga yaitu jenis yoga khusus untuk kehamilan dengan teknik dan intensitas yang sudah disesuaikan dengan keperluan fisik dan psikiks ibu hami dan janin yang dikandungnya.

Viniyoga
Viniyoga merupakan yoga yang dipakai sebagai praktek terapi untuk orang yang menderita cedera atau pasca operasi. Viniyoga mempunyai gerakan yang lembut, penyembuhan disesuaikan dengan jenis tubuh setiap orang dan keperluan ketika mereka tumbuh dan berubah.

Acro Yoga
Acro yoga merupakan jenis yoga yang mana masing-masing gerakan yang dilakukan mengandung unsur akrobatik.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Yoga, Tujuan, Manfaat dan Jenisnya (Bahas Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi