√ Pengertian Kolonialisme, Macam dan Dampaknya (Bahas Lengkap)

Pengertian Kolonialisme, Macam dan Dampaknya (Bahas Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Kolonialisme. Yang meliputi pengertian, macam-macam dan dampak kolonialisme dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Kolonialisme, Macam dan Dampaknya (Bahas Lengkap)

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Kolonialisme

Kolonialisme merupakan sebutan lain dari Penjajahan, yaitu suatu sistem yang mana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain tetapi masih tetap berhubungan dengan negara asal.

Istilah ini juga mengarah pada suatu himpunan keyanikan yang dipakai untuk melegitimasikan atau melakukan promosi sistem utamanya kepercayaan bahwa moral dari pengkolongi lebih hebat daripada yang dikolonikan Negara kolonialisme yang pertama adalah Spanyol dan Inggris.

Kolonialisme didefinisikan juga dengan suatu upaya perluasan, pengembangan, penguasaan suatu wilayah dengan kekuasaaan satu negara di luar lokasi atau wilatah negara tersebut. Untuk penguasaan daerah seringkali dijalankan dengan cara pemaksaan untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya bagi motherland atau negara induk.

Tujuan Kolonialisme

Pada dasarnya kolonialisme mempunyai tujuan untuk mendapatkan dominasi ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, perdagangan di daerah tersebut. Wilayah koloni adalah wilayah yang mempunyai bahan mentah yang banyak untuk memenuhi kebutuhan negara yang menjalankan kolonialisme.

Dan juga kolonialisme memiliki tujuan untuk menguras habis sumber daya alam atau kekayaan alam dari negara yang dijadikannya sebagai tempat koloni untuk dibawa ke negera induk.

Macam-macam Kolonialisme

Kolonialisme mempunyai macam atau jenis-jenis, antara lain sebagai berikut:

Koloni Eksploitasi
Adalah penguasaan suatu daerah atau wilayah untuk diambil semua tenaga penduduknya secara kerja paksa atau kerja rodi dan dikuras kekayaan alamnya untuk keperluan negera yang melakukan koloni (Negara penguasa)

Koloni Penduduk
Merupakan penguasaan wilayah atau daerah baru yang caranya mengusir atau menghilangkan penduduk pribumi yang digantikan oleh pendatan yang membuat kedudukan penduduk pribumi menjadi diabaikan.

Koloni Deportasi
Adalah wilayah koloni yang dipakai sebagai tempat membuat para narapidana yang tidak dapat diatasi oleh pemerintah. Banyak dari narapidana adalah narapidana yang memperoleh hukuman seumur hidup, yang mana mereke disuruh bekerja tanpa dibayar dibanding pemerintah harus memberikan makan mereka seumur hidup.

Koloni Domisili
Adalah penduduk suatu negara yang menempati wilayah koloni (asimilasi dan pendudukan)

Koloni Libensraum
Adalah adanya ledakan penduduk pada suatu negara induk, menjadikan beberapa orang mencari ruang hidup pada wilayah baru.

Koloni Defensi
Adalah wilayah koloni yang dalam bentuk pulau-pulau untuk kebutuhan pertahanan.

Koloni Netral
Adalah pendudukan suatu wilayah untuk tempat tinggal tanpa ada keberhasilan lain.

Pengertian Kolonialisme, Macam-Macam, Dampak

Dampak Kolonialisme

Kolonialisme mempunyai dampak atau akibat yang berupa dampak negatif dan positif, di Indonesia dampak koloni adalah sebagai berikut:

Dampak Positif Kolonialisme

  • Memperoleh kata serapan baru dari negara yang menjajah
  • Adanya beberapa bangunan yang merupakan bentuk dari peninggalan dari negara yang pernah menjajah seperti dalam bentuk sarana dan prasarana misalnya pabrik gula, jalan raya, benteng dan lain sebagainya.
  • Terdapat reformasi pada bidang pendidikan lokal yang dikarenakan terdapat interaksi antara sarjana Belanda yang tidak mempunyai keperluan dengan penjajahan.
  • Meninggalkan peraturan perundang-undangan
  • Timbul pemikiran baru tentang cara menanam tumbuhan yang lebih modern.

Dampak Negatif Kolonialisme

Sedangkan dampak negatif dari kolonialisme adalah:

  • Menimbulkan penderitaan psikis dan sengsara fisik
  • Terdapat pengambilan hak penduduk secara paksa
  • Hilangnya harta benda dan jiwa karena adanya paksaan untuk bekerja dan menyerahkan harta
  • Perampasan kekayaan sumber daya alam utamanya yang sumber daya alam yang berbentuk rempah-rempah
  • Timbul kemerosotan dalam bidang sosial ekonomi, politik dan bidan lain.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Kolonialisme, Macam dan Dampaknya (Bahas Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi